Peraturan Youtube Terbaru Dinilai Menyusahkan Para Content Creator? Benar Kah?

Peraturan Youtube Terbaru Dinilai Menyusahkan Para Content Creator? Benar Kah?

Mendapatkan uang dari youtube adalah impian bagi semua para content creator yang bergerak di bidang video atau menjadi seorang youtuber. Banyak orang yang ingin terjun ke dalam dunia Youtube hanya untuk sekedar mendapatkan penghasilan saja tanpa memperhatikan kualitas konten yang mereka buat.

Para reuploder saat ini sudah mulai banyak sekali di Youtube, channel channel yang menjebak alias click bait rata-rata bisa mudah masuk kedalam youtube trending. Hal ini lah yang membuat para content creator yang benar-benar ingin berkreasi akhirnya patah semangat karena video yang mereka buat kalah dengan video seorang reuploder.
Cara menjadi youtuber yang terkenal dan banyak uang

Sebagai pengguna youtube saya juga merasakan hal yang serupa yaitu ketika ingin mencari video yang benar-benar bermanfaat dan menghibur tetapi yang muncul hanyalah video clickbait saja. Belum lagi youtube trending juga sebagian isinya hanya ya menurut saya video-video yang memang tidak penting.

Satu hal yang saya heran adalah mengapa video yang di upload kembali oleh orang tidak bertanggung jawab tersebut bisa masuk kedalam youtube trending dan menghasilkan views yang lebih banyak dibandingkan video yang asli? 

Saya sering sekali menemukan konten video yang memang sudah di upload oleh pemilik utama dari video tersebut views nya sangat miris sekali. Tetapi selang beberapa waktu muncul lah video reupload yang ternyata views nya lebih besar dibanding video aslinya, duh saya tahu banget deh bagaimana perasaan sang pemilik video kalau tahu mengenai hal tersebut.

Dengar-dengar di grup Youtuber Indonesia sudah banyak yang membahas mengenai kebijakan youtube terbaru. Dimana peraturan youtube 2018 tersebut "dinilai" menyusahkan para content creator yang sedang memulai karir nya di bidang Youtube.

Mendaftar adsense untuk youtube saat ini tidak semudah membalikan telapak tangan, melainkan harus memenuhi beberapa persyaratan yang memang harus dipenuhi supaya channel kita bisa di monetasi alias bisa mendapatkan penghasilan dari youtube.

Kebijakan youtube terbaru ini sudah ramai sekali di bicarakan oleh para Youtuber yang memang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang youtuber yang sukses. Ada yang menganggap bahwa kebijakan ini dengan negatif dan ada juga yang menanggapi nya dengan positif.

Peraturan baru youtube ini memang cukup mengejutkan ya guys, dimana saat ini sistem untuk monetasi channel youtube sudah berubah. Dimana yang syarat awal monetasi channel youtube adalah jumlah views harus sampai hingga 10.000/100.000 gitu saya agak lupa.

Nah persyaratan tersebut ternyata pada tahun 2018 ini sudah berubah dan tidak memakai sistem tersebut kembali. Sekarang youtube sudah mulai bersikap tegas terhadap para reuploader yang memang hanya menyusahkan dan merugikan yang lain nya saja.

Kalian sendiri sudah tahu belum sih mengenai kebijakan youtube terbaru 2018? nah kalau misalkan belum tahu maka akan sedikit saya jelaskan apa peraturan youtube terbaru itu. Simak selengkapnya dibawah ini ya guys!

Prosedur Monetasi Channel Youtube Terbaru di 2018

Beberapa hari yang lalu semua youtuber sudah mendapatkan pemberitahuan melalui email bahwa terjadi perubahan persyaratan untuk monetasi channel youtube. Dimana yang awalnya syarat monetasi yaitu jumlah penayangan harus sampai 1.000 kalau tidak salah ya guys.

Nah di 2018 ini kebijakan youtube kembali berubah dimana yang awalnya jumlah penayangan keseluruhan channel harus mencapai beberapa ribu views. Kebijakan terbaru youtube kali ini adalah youtube channel yang ingin di monetasi harus bisa mendapatkan 4000 jam tonton dan dalam jangka waktu 12 bulan harus bisa mendapatkan 1000 subscriber.

Jadi peraturan monetasi youtube terbaru ini akan mulai di laksanakan pada tanggal 20 Februari 2018 yang akan datang. Dimana bagi kalian semua yang ingin monetasi channel youtube nya maka harus bisa memenuhi persyaratan yang tadi sudah saya ucapkan.

Simple nya seperti ini, untuk bisa me-monetasi channel youtube kalian maka anda harus bisa mendapatkan 4.000 jam tonton dan 1.000 subscriber dalam jangka waktu 12 bulan. Berarti kemungkinan dalam hal ini pihak Youtube ingin bahwa sebuah konten video itu benar-benar berkualitas dan disukai oleh banyak orang.

Untuk mendapatkan 4.000 tontonan maka kalian harus bisa membuat sebuah video atau konten yang berkualitas. Tujuan nya untuk apa? kalau misalkan video yang kalian buat itu berkualitas atau disukai banyak orang maka jumlah views dari video tersebut juga akan bertambah.

Anggap saja setiap orang menonton channel kalian selama 10 menit dari total durasi video 20 menit, nah disitu kalian harus bisa membuat penonton betah berada di dalam youtube channel kalian. Kepuasan penonton inilah yang nantinya akan masuk ke jumlah penayangan channel kalian.

Apabila sudah mencapai 4.000 jam tontonan maka salah satu syarat monetasi channel youtube sudah terpenuhi. Tetapi ada satu lagi syarat yang harus kalian lakukan, yaitu mendapatkan 1.000 subscriber dalam waktu 12 bulan atau 1 tahun.
Cara mendapatkan banyak uang dari youtube

Mungkin bagi sebagian orang hal ini adalah sesuatu yang berat dan sangat tidak mungkin, tetapi pandangan saya sih sebenarnya bisa saja mendapatkan 1.000 subscriber dalam jangkau waktu sekitar 12 bulan yang artinya selama 1 tahun kedepan.

Supaya subscribe channel youtube bertambah maka hanya ada satu hal yang harus kalian perhatikan. Lagi, lagi dan lagi pihak Youtube disini menuntut untuk para content creator bisa membuat sebuah video yang unik, inspiratif, dan pastinya bermanfaat bagi banyak orang.

Membuat sebuah video yang unik di youtube memang tidak semudah yang semua orang bayangkan, banyak sekali proses yang harus kita lalui mulai dari mencari ide video, pemilihan tema hingga memikirkan supaya bagaimana video tersebut menarik perhatian banyak orang.

Sistem monetasi channel youtube terbaru ini banyak yang mengatakan bahwa menyusahkan para content creator yang sedang berusaha untuk mengembangkan bakat dan minat nya dalam hal indsutri video. Beberapa persen youtuber yang terjun ke dunia youtube ialah yang mengharapkan untuk bisa menambah penghasilan dari Youtube.

Namun dengan adanya kebijakan baru youtube tersebut sedikit membuat down para pelaku content creator. Bahkan ada yang sampai memutuskan untuk berhenti ngeyoutube karena channel mereka tidak bisa di monetasi.

Nah sebenarnya benar atau tidak sih kalau kebijakan youtube terbaru tersebut dinilai menyulitkan para content creator untuk berkembang dalam dunia youtube?

Kali ini saya akan membahas mengenai peraturan monetasi channel youtube terbaru, disini saya berusaha netral dan tidak memihak kepada siapapun. Mau tahu lebih lengkap mengenai kebijakan terbaru yang menyulitkan content creator? yuk simak selengkapnya dibawah ini ya guys!

Kebijakan dan Peraturan Youtube Terbaru di Mata Content Creator

Uang adalah segala nya dan segala nya pasti membutuhkan yang namanya uang, sama hal nya dengan tujuan para content creator yang ingin mendapatkan uang dari hasil kerja keras menggeluti dunia youtube yang semakin hari dinilai semakin kejam.

Memang peraturan terbaru youtube ini ya bisa dibilang cukup ketat juga dimana tidak semua youtuber bisa memonetasi channel youtube nya. Hal tersebut berkaitan dengan adanya kebijakan monetasi youtube channel terbaru.

Banyak para pembuat konten merasa usaha dan kerja keras nya selama ini terbuang sia-sia, dimana mereka berusaha menciptakan sebuah konten yang berkualitas demi mendapatkan penghasilan tetapi ternyata pihak youtube memberikan peraturan yang menurut saya sangat tegas sekali.

Karena peraturan tersebut maka ada juga para pembuat konten yang memutuskan untuk meinggalkan youtube dan memilih mata pencaharian yang lain nya. Sebenarnya memang peraturan ini sih menurut saya sangat bagus sekali bagi dunia youtube saat ini.

Melihat sudah banyak sekali channel youtube yang isinya hanya click bait saja, lalu sudah mulai banyak youtuber yang tidak memperhatikan kualitas konten yang mereka buat. Tujuan youtube membuat kebijakan tersebut bukan semata-mata mereka kejam atau ingin membunuh impian para pelaku content creator.

Tetapi tujuan nya adalah agar dunia youtube bisa kembali menyajikan konten yang bermanfaat serta bisa memunculkan para youtuber yang benar-benar serius menggeluti dunia youtube. Dan melalui peraturan ini juga menurut saya bisa kalian jadikan pacuan atau cambukan agar kita bisa lebih semangat lagi dalam membuat konten video youtube yang berkualitas.

Peraturan tersebut dibuat bukan asal-asalan loh dan saya yakin sekali pihak youtube sudah mempetimbangkan matang-matang mengenai kebijakan tersebut. Dan saya juga yakin bahwa dari pihak youtube sendiri mungkin sudah mulai jenuh karena youtube isinya hanya konten yang menjebak saja.

Para content creator banyak yang mengira bahwa nasib nya kandas atau tumbang sampai disini saja, padahal sebenarnya dengan adanya kebijakan baru ini bisa semakin membuat diri kalian termotivasi untuk bisa tahu bagaimana membuat sebuah konten video yang bisa ditonton banyak orang.

Istilahnya mungkin adalah agar kalian semua bisa keluar dari zona nyaman, dimana yang biasanya membuat sebuah video ya sekedar jadi saja tanpa memperhatikan isi dari video tersebut. Maka dengan adanya kebijakan ini kalian bisa lebih memperhatikan isi dari konten video yang kalian buat itu.

Dengan adanya peraturan yang mewajibkan harus bisa mendapatkan 1.000 subscriber dalam waktu 12 bulan itu seharusnya bisa kalian gunakan untuk mencari bahan konten yang sedang banyak dicari oleh orang-orang loh guys, bukan nya malah melakukan kegiatan subs for subs yang saya rasa tidak ada guna nya.

Saya sering menemukan sebuah ajakan untuk saling subscribe channel youtube masing-masing dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah subscriber dengan waktu cepat. Dan tak heran juga banyak yang melakukan sebuah kecurangan, dimana misalkan A sudah subscribe channel B dan ketika subsriber si A bertambah maka si A bisa langsung membatalkan subscribe yang tadi dan itu sangat sering sekali saya temui.

Sebenarnya ya bukan apa apa loh guys tapi ya apa guna nya kalian melakukan hal tersebut yang ada hanya akan membuang waktu kalian saja. Misalkan kalian seharian melakukan subs for subs dan bukan nya lebih baik waktu seharian tersebut kalian gunakan untuk membuat sebuah video?

Satu hal yang menurut saya sedikit lucu adalah banyak yang mengeluh kalau subscriber nya bukan nya bertambah tetapi kebalikan nya yaitu menurun. Kenapa bisa begitu? karena setelah melakukan sub for subs dan subscriber bertambah maka nanti orang yang melakukan hal tersebut kepada anda akan langsung membatalkan subscribe ke channel kalian.

Menambah subscriber youtube channel itu banyak sekali loh guys dan pastinya bukan dengan cara subs for subs seperti yang kalian lakukan. Apalagi kebijakan terbaru youtube saat ini lebih mengutamakan kenyamanan penonton dibandingkan banyak nya subsciber.

Kenyamanan penonton berarti membuat durasi tontonan channel youtube kalian juga bisa bertambah dan apabila si penonton tersebut tertarik dengan video yang kalian buat maka mereka bisa menonton hingga 5 video bahkan lebih. Dan ketika mereka sudah mulai betah berada di channel youtube kalian maka otomatis mereka akan subscribe untuk mendapatkan konten yang berkualitas lagi.

Apabila durasi tontonan di channel youtube kalian semakin bertambah hingga mencapai 4.000 jam lalu bisa mendapatkan 1.000 subscriber dalam waktu 12 bulan maka otomatis channel kalian bisa langsung di monetasi dan kalian bisa mendapatkan penghasilan.

Tetapi tidak langsung tayang ya iklan pada video kalian, namun pastinya akan di review terlebih dahulu oleh pihak youtube dan adsense untuk memastikan apakah channel kalian benar-benar sesuai dengan pedoman youtube atau tidak.

Jadi sebenarnya dengan adanya kebijakan youtube terbaru ini harusnya bisa kalian jadikan sebuah acuan untuk bagaimana caranya bisa memenuhi pedoman monetasi channel youtube yang kalian miliki. Disini lah anda dipertaruhkan dengan sebuah kenyataan, antara bertahan dengan membuat konten yang berkualitas atau menyerah sebelum berperang.

Menyerah sebelum berperang adalah sebuah hal yang buruk sekali menurut saya, dalam artian adalah kalian sudah menyerah dan pasrah dengan keadaan. Kalau misalkan kalian serius ingin menjadi seorang content creator yang terkenal maka kalian harus bisa menciptakan sesuatu yang beda dari yang lain.

Yang saya lihat beberapa hari ini di grup Youtuber Indonesia rata-rata mereka sudah memutuskan untuk menyerah dan pasrah dengan kebijakan youtube yang terbaru. Mungkin mereka juga stres menerima kenyataan yang cukup pahit ketika mendengar pemberitahuan dari pihak Youtube.

Itulah sebabnya banyak yang mengatakan seperti ini "Ketika ingin menjadi seorang content creator maka jangan fokus kepada uang terlebih dahulu, ketika kalian terlalu fokus tentang uang maka kalian lupa dengan kualitas. Dan ketika kualitas tidak kalian dapat dan uang idak kalian terima, maka kalian akan stres dan lebih memilih untuk berhenti."

Saya pribadi sangat setuju sekali mengenai ucapan tersebut, ketika kalian ingin terjun kedalam dunia internet marketing maka jangan melulu berfikir tentang uang. Yang harus kalian pikirkan adalah bagaimana caranya kita bisa membuat sesuatu yang bisa mendapatkan uang.

Memang benar tujuan nya sama sama tentang uang tetapi yang membedakan adalah bagaimana proses nya. Ketika kalian sudah memulai proses nya dengan baik dan konsisten maka saya juga yakin uang akan berada di belakang kalian.

Yang namanya rezeki sudah ada yang mengatur kok tinggal kita nya saja mau berusaha untuk menjemput rezeki nya atau tidak.

Jadi yang saya harapkan dengan adanya kebijakan youtube yang terbaru ini ya kalian tidak usah harus sampai tutup channel dan sebagainya lah ya guys. Yang harus kalian lakukan dan kalian butuhkan adalah semangat untuk menciptakan konten yang berkualitas.

Jangan mudah menyerah demi menuju sebuah kesuksesan, masalah penghasilan di nomor duakan saja terlebih dahulu dan kalian harus me-nomor satukan sebuah usaha dan kerja keras. Karena saya yakin sekali kalau sebuah usaha dan kerja keras tidak mungkin menghianati hasil.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini mengenai Kebijakan dan Peraturan Monetasi Youtube Channel Terbaru semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya, semangat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan