Inilah 6 Trik Cermat Mengatur Keuangan untuk Remaja Agar tidak Boros

Inilah 6 Trik Cermat Mengatur Keuangan untuk Remaja Agar tidak Boros

Mengelola keuangan agar sukses di masa muda memang wajib dilakukan dan dijalankan oleh para remaja saat ini. Melihat saat ini sudah banyak sekali remaja yang rata-rata bukan nya mengelola keuangan tetapi yang ada hanya membuang atau menghambur-hamburkan uang saja.

Tetapi dibandingkan kalian harus menghambur-hamburkan uang mengapa kalian tidak investasi di usia muda agar bisa menjadi orang sukes. Coba deh bayangkan misalnya kalian setiap hari membeli sebuah barang yang harganya ratusan hingga jutaan rupiah.
Investasi di masa muda yang mendatangkan rezeki

Memang kalau habis membeli sesuatu yang sudah kalian inginkan itu ya memang akan merasa senang dan bahagia, tetapi tidak ada salah nya juga kalau misalkan kalian mengelola uang untuk investasi modal usaha.

Atau kalau misalkan kalian ingin memulai usaha tetapi tidak memiliki banyak modal toh saat ini juga sudah banyak sekali usaha-usaha yang bisa dilakukan tanpa harus banyak modal . Apalagi saat ini perkembangan media sosial juga sudah semakin hebat sekali.

Nah sebenarnya apa sih fungsi dan keuntungan mengatur keuangan di masa muda? fungsi dan keuntungan nya jelas sangat banyak sekali. Dan kalian akan merasakan keuntungan nya di masa depan atau dalam jangka waktu beberapa lama.

Sedikit akan saya jelaskan mengenai keuntungan dan keutamaan mengatur keuangan di masa remaja, yuk simak dibawah ini.

Apa sih keuntungan apabila kita mengelola keuangan?

Sukses di usia muda adalah sebuah impian dan harapan banyak orang, tetapi dengan mengelola keuangan terlebih dahulu saya rasa akan cukup membuat anda mudah kedepan nya apabila memang benar-benar ingin memulai bisnis yang menguntungkan.

Keuntungan mengelola keuangan itu sangat banyak sekali ya guys dan buat kalian yang mungkin sedang ada wishlist yang belum tercapai maka kalian harus paham betul mengenai cara mengatur keuangan yang baik untuk remaja.

Atau misalkan ada yang ingin beli sesuatu barang tetapi tidak ingin merepotkan orang tua, maka kalian harus bisa mengatur keuangan ketika remaja. Nah banyak sekali hasil mengelola keuangan saat masih remaja dan akan saya beberkan dibawah ini :
  • Menjadi pribadi yang mandiri
  • Bisa terbiasa dengan kehidupan yang sederhana
  • Menahan diri untuk membeli sesuatu tanpa harus merepotkan orangtua
  • Mengerti akan arti dari usaha dan kerja keras
  • Paham bagaimana cara cari uang agar kebutuhan tercukupi.
Nah diatas adalah beberapa arti mengatur keuangan bagi pelajar dan remaja yang bisa kalian dapatkan. Dan setelah kalian sudah tahu mengenai manfaat mengelola keuangan sekarang hal yang harus kalian lakukan adalah tips mengatur keuangan uang jajan atau uang saku.

Kalau misalkan kalian sudah tahu apa saja manfaat mengelola keuangan tanpa tahu bagaimana cara nya mengelola uang yang baik ya sama saja. Jadi kali ini saya akan membagikan beberapa tips mengelola keuangan untuk anak remaja.

Mengingat anak remaja itu sangat banyak sekali kebutuhan nya, seperti belanja pakaian dll. Oleh karena itu kalian bisa simak artikel kali ini mengenai cara mengatur keuangan pribadi anak pelajar. Yuk simak selengkapnya dibawah ini ya gengs.

Bagaimana Mengatur Keuangan Remaja agar Tidak Boros?

Anggaran belanja sederhana mungkin sudah mulai harus kalian praktekan sedikit demi sedikit, mengingat kebutuhan saat ini sudah banyak yang naik harganya. Oleh karena itu kita harus bisa pintar-pintar dalam mengatur keuangan yang kita kelola sendiri.

Adapun langkah langkah mengelola keuangan remaja yang baik itu ya cukup banyak sekali sih ya memang, tetapi disini saya akan membagikan teknik mudah untuk membuat uang agar tidak banyak pengeluaran. Kalau begitu langsung saja yuk simak dibawah ini.

1) Selalu menahan diri 

Tips mengatur keuangan yang pertama adalah kalian harus bisa menahan diri kalian sendiri, karena apa? kebanyakan remaja-remaja saat ini kan kalau misalkan lihat barang yang menurutnya bagus langsung saja beli tanpa memikirkan sisa uang jajan.

Terutama biasanya wanita nih yang susah sekali untuk menahan diri agar tidak berbelanja, sekalinya melihat pakaian wanita yang lagi ngetrend maka langsung saja dibeli. Padahal seharusnya mereka bisa menahan diri demi mendapatkan keuangan yang stabil.

Sebelum memulai untuk mengelola keuangan remaja yang baik maka kalian harus bisa meniatkan diri kalian terlebih dahulu. Usahakan jangan gampang tergoda dengan trend pakaian atau yang lain nya, dan itu hanya membuat kalian boros dan keuangan kalian akan perlahan-lahan habis.

Kadang ada saja yang bertanya tentang mengapa uang saya cepat habis? padahal tanpa ia sadari mereka menghabiskan uang-uang mereka dengan cara berbelanja apapun yang mereka inginkan. Dan kenyataan nya keuangan kalian akan perlahan habis.

Jadi sebelum kalian benar-benar ingin menghemat pengeluaran keuangan agar tidak boros ya kalian harus bisa berniat untuk siap menahan diri dari godaan barang-barang terbaru dan berniat untuk konsisten untuk menjadi seorang pemuda yang sukses.

2) Kurangi aktifitasi berpergian ke mall dll

Penyebab keuangan selalu berkurang juga bisa disebabkan karena kalian terlalu sering pergi ke mall bersama teman-teman kalian atau dengan pasangan kalian. Ini juga bisa menghambat kalian untuk lancar dalam mengelola keuangan.

Memang sulit dipungkiri kalau misalkan remaja-remaja jarang untuk datang ke mall, karena bisa dilihat sendiri sebagian pengunjung mall ya anak anak remaja. Walaupun tujuan nya hanya untuk nonton film bioskop terbaru tetapi tetap saja itu bisa menganggu proses penghematan pengeluaran.

Kalian bisa mengurangi aktifitas berkunjung ke mall nya apalagi saat ini pasti sedang banyak sekali diskon besar besaran akhir tahun dan sangat sulit sekali mungkin untuk menahan diri agar tidak berkunjung kesana.

Sebenarnya cukup mudah kok untuk menahan diri dari godaa diskon mall dan saya yakin bisa kalian lakukan sendiri, kalau belum tahu saya akan membagikan tips gokil menahan diri dari godaan diskon mall besar-besaran.
  1. Kurangi mengunjungi mall saat liburan, karena pasti akan banyak diskon.
  2. Kalau memang ingin ngejar diskon, datang 1 bulan sekali.
  3. Banyak-banyak tutup mata kalau melihat papan diskon. Hahaha
Nah mungkin cara diatas bisa kalian lakukan untuk menahan diri saat ada diskon besar-besaran dan kalian harus tetap konsisten untuk mengatur keuangan agar tidak terlalu banyak pengeluaran.

3) Berikan target untuk mengelola keuangan kalian

Mengatur keuangan di masa remaja agar tidak terlihat sulit dijalani adalah kalian harus bisa menargetkan barang impian yang memang kalian ingin miliki sekali. Misalkan nih kalian ingin sekali memiliki sneakers adidas terbaru.

Nah kalian harus cari cara untuk bisa mendapatkan barang yang kalian inginkan tersebut, caranya bagaimana? caranya adalah kalian harus bisa menabung dan menyisihkan uang jajan atau uang saku kalian. Hal ini bisa membuat kalian menjadi lebih semangat lagi dalam mengelola keuangan dengan baik.
Tips menabung yang benar dan bisa tercapai

Saya pribadi terbilang sering menargetkan sesuatu yang memang saya inginkan, dan cara mewujudkan nya yaitu dengan menabung serta menyisihkan uang saku saya sendiri. Dan untuk cara menabung agar cepat terkumpul itu sangat mudah sekali kok.

Asalkan kalian memang benar-benar memiliki niatan untuk menabung dan kalian harus konsisten dalam menjalani nya. Pentingnya sebuah konsistensi  akan mengajarkan kita untuk menjadi seseorang yang disiplin dan yakin dengan apa yang ia katakan.

Jadi saat ini kalian bisa memulai untuk mengatur keuangan di masa remaja dimulai dengan menargetkan sesuatu yang kalian inginkan terlebih dahulu, kalau sudah tahu apa yang kalian inginkan sekarang saatnya kalian cari tahu cara mewujudkan sesuatu yang kita inginkan.

4) Jangan terlalu berharap dari uang SAKU!

Satu hal yang cukup penting sekali dalam mengatur keuangan pada anak remaja adalah kalian jangan terlalu berharap pada uang saku dan uang jajan kalian. Kalau misalkan kalian selalu mengharapkan uang saku maka yang kalian dapat ya hanya segitu-segitu saja.

Mulai buka mata dan cari apa saja peluang bisnis untuk memulai sebuah usaha dan habis itu kalian bisa coba-coba untuk memulai penghasilan dari hal yang lain nya. Saat ini sudah zaman nya teknologi yang sangat modern sekali dan itu bisa kalian manfaatkan untuk menambah penghasilan di usia remaja.

Sesuaikan dengan bakat dan minat yang kalian miliki karena saya yakin remaja saat ini sudah banyak sekali bakat yang ada pada diri mereka tetapi tidak dikembangkan. Padahal kita harus bisa mengembangkan bakat dan minat untuk kelangsungan hidup kita agar bisa menjadi pengusaha sukses di usia muda.

Mulai saat ini jangan terlalu berharap dengan uang saku kalian! Kalian harus bisa keluar secara perlahan dari zona nyaman kalian. Coba kembangkan bakat yang kalian miliki, misalnya kalian memiliki bakat dalam hal editing maka kalian bisa menjadi jasa editing foto atau video.

Kalau misalkan kalian sudah memiliki penghasilan lain (berbeda dari tambahan uang saku) kan nantinya kalian juga yang merasakan betapa nikmatnya penghasilan dari hasil jerih payah kalian dalam mengelola dan menambah keuangan di masa masa remaja.

5) Ubah cara berfikir anda mengenai nominal uang

Ketika kalian sudah mencoba untuk mengelola keuangan yang jenius maka pikiran kalian juga akan berubah mengenai nominal uang yang kalian miliki. Mengapa begitu? karena nantinya kalian akan beranggapan bahwa "berapapun nominal nya, uang ini harus gue simpen dan gue tabung."

Ini mungkin anda rasakan karena saya juga saat itu merasakan hal yang serupa, berapapun nominal uang yang kalian dapatkan itu akan sangat berharga sekali di mata kalian. Nominal Rp.5000,- saja sudah sangat berharga sekali karena kita sedang dalam fase menghemat pengeluaran dan memperbanyak pemasukan.

Kalau misalkan kalian masih belum bisa berfikir seperti itu bisa jadi kalian belum terlalu fokus untuk bisa me-manajemen keuangan yang baik. Karena ya memang berapa pun nominal nya akan sangat terasa berharga sekali.

Jadi mulai sekarang untuk mengelola keuangan di masa remaja kalian bisa mulai dengan menghargai berapa pun nominal uang yang kalian miliki.

Dan juga jangan lupa bsersyukur mengenai nominal yang kalian dapatkan.

6) Catat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan

Cara mengatur keuangan yang paling cerdas adalah kalian selalu menulis dan mencatat pemasukan serta pengeluaran setiap bulan nya. Tujuan nya adalah agar di bulan berikutnya kalian bisa mengurangi pengeluaran yang sekiranya tidak begitu penting.

Nah untuk itu kalian juga harus tahu cara hitung pemasukan dan pengeluaran yang benar karena kalau misalkan kalian salah sedikit saja angka nya maka akan buyar semuanya. Mungkin yang sekolah nya jurusan akutansi lebih paham lah ya mengenai hal hal seperti ini.

Simple nya saja seperti ini setiap harinya kalian menuliskan pemasukan yang ada pada hari ini, misalkan kalian mendapatkan income sebesar Rp.100.000,- maka bisa langsung kalian catat saja di buku yang memang sudah dikhususkan untuk menghitung pemasukan serta pengeluaran nya.

Dengan seperti ini saya rasa kalian akan lebih mudah untuk mengatur keuangan tanpa ribet karena kalian bisa lakukan nya dengan mudah. Dan yang kalian tulis juga jangan hanya pemasukan nya saja tetapi pengeluaran pada hari tersebut juga kalian tulis.

Nah nanti kalau sudah mendekati akhir bulan baru deh tuh kalian bisa kalkulasikan atau kalian hitung toal keseluruhan pemasukan dikurangi dengan jumlah pengeluaran. Dan mengelola keuangan tanpa ribet ini bisa kalian lakukan sendiri deeh.

7) Tidak ada salahnya buka rekening bank

Kalau misalkan setiap bulan nya kalian sudah mendapatkan pemasukan yang cukup lumayan maka tidak ada salahnya untuk membuka rekening bank alias membuat rekening bank. Karena saya sangat yakin kalau ditaruh di bank uang tersebut akan aman alias tidak berkurang banyak.

Cara bikin rekening bank saat ini juga menurut saya sudah cukup mudah kok asalkan kalian minta persetujuan nya terlebih dahulu kepada orang tua kalian. Hal ini juga bisa membantu kalian untuk mengeola uang agar tidak boros.

Dan setelah selesai membuat rekening bank nantinya kartu ATM nya jangan kalian yang pegang, kalau misalkan kalian yang pegang pasti akan di ambil terus dan lama kelamaan pasti bakalan habis tak tersisa deh hahaha.

Jadi lebih baik kartu ATM itu yang pegang orangtua saja, dan karena saat ini sudah ada rekening bank maka setiap bulan nya kalian bisa menyimpan uang yang kalian dapatkan ke ATM terdekat kalian untuk setor uang.

Nah dengan seperti itu aktifitas mengatur keuangan akan terasa menjadi lebih mudah dan kalian bisa menjalani nya dengan senang hati.

Jadi bagaimana sudah paham dan mengerti kan tentang cara mengatuR keuangan di masa remaja? kalau misalkan ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan bisa langsung tulis di kolom komentar saja ya guys.

Dan yang terpenting adalah kalau kalian memang benar-benar ingin memulai kelola keuangan untuk investasi maka lakukan lah sebaik mungkin. Pelajari hal-hal yang berbau investasi di usia muda dan langsung praktekan.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini mengenai Cara Cermat Mengatur Keuangan untuk Remaja Agar tidak Boros semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini kalau kalian suka yaa, Terimakasih.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan