Ciri-Ciri Mata Anda Sudah Harus Pakai Kacamata dan Suka Duka Memakai Kacamata

Ciri-Ciri Mata Anda Sudah Harus Pakai Kacamata dan Suka Duka Memakai Kacamata

Seperti Apa Tanda Tanda Kalau Mata Kita Minus?

Ferdiblog - Mungkin banyak yang bertanya mengenai penyebab mata minus dan bagaimana ciri ciri ketika mata sudah minus. Memang kalau mata minus itu sangat tidak enak sekali ya guys dan banyak sekali dampak yang kalian rasakan.

Saya pernah merasakan gejala mata minus dan dampak yang diberikan saat mata minus, dan cukup lama sekali saya merasakan minus tanpa memakai kacamata. Kurang lebih sekitar beberapa tahun penglihatan saya sudah mulai sedikit buram dan pandangan pun tidak jelas.

Bayangkan selama beberapa tahun dengan penglihatan yang buram serta tidak jelas saya tidak memakai kacamata. Jadi bisa dibayangkan seperti apa rasanya melihat sesuatu dengan pandangan yang kurang jelas bahkan sangat buram.
Apa saja gejala mata minus dan bagaimana cara mengatasi mata yang minus?

Kenapa saya tidak memakai kacamata? karena saat itu saya berfikir bahwa minus yang terdapat di mata saya itu tidak besar angka nya sehingga saya tetap menahan diri untuk memakai kacamata agar penglihatan bisa lebih jelas lagi.

Sebenarnya apa sih penyebab mata menjadi minus? banyak sekali hal hal yang menyebabkan mata menjadi minus, dan saya akan sedikit memberikan beberapa pengalaman yang saya rasakan dan apa yang menyebabkan mata menjadi minus.

Penyebab Mata Menjadi Minus Pada Remaja dan Orang Dewasa

Sedikit berbagi pengetahuan yang saya tahu bahwa penyebab mata jadi minus itu karena terlalu sering berada di depan monitor atau terlalu sering terkena paparan radiasi gadget. Ternyata radiasi gadget juga menurut saya menjadi salah satu yang menyebabkan mata menjadi minus.

Memang pernyataan tersebut menurut saya sangat benar sekali beberapa persen orang yang mengalami minus pada mata itu karena terlalu sering menatap layar gadget. Karena memang Bahaya Radiasi Gadget Bagi Kesehatan Kita dan salah satunya ya karena hal tersebut.

Saya dulu juga seperti itu karena terlalu sering menatap layar gadget hingga akhirnya ya mata saya menjadi minus. Hal ini juga perlu di waspadai oleh para orangtua yang mungkin anak nya sudah kecanduan bermain game online dan terlalu lama menatap layar gadget.

Untuk mengatasi anak yang kecanduan bermain game online mungin bisa simak artikel : Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Bermain Gadget

Karena aktifitas yang terlalu sering di depan layar monitor gadget hingga akhirnya membuat mata kita menjadi minus. Selain itu penyebab mata rabun jauh juga bisa disebabkan karena kurang nya pencahayaan.

Misalnya begini ada sebagian orang yang kutu buku atau sangat suka sekali membaca buku, karena hobby nya membaca buku tersebut akhirnya ia bisa jadi lupa waktu. Membaca buku memang sangat baik sekali tapi kita juga harus memperhatikan kondisi sekitar kita.

Lihat Juga Artikel : Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal

Kadang ada saja yang sudah larut malam masih asyik membaca novel, membaca buku sejarah dll dengan kondisi gelap atau pencahayaan yang kurang. Hal ini juga bisa menyebabkan mata kalian menjadi minus dan penglihatan menjadi buram.

Jadi sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan mata menjadi minus dan yang saya alami sendiri ya 2 hal diatas tersebut. Bisa karena terlalu lama di depan monitor dan bisa juga karena terlalu sering membaca buku dengan pencahayaan yang kurang.

Kalau mau tau lebih lengkap mengenai apa saja penyebab mata minus mungkin bisa simak artikel : Berbagai Penyebab Mata Jadi  Rabun Jauh

Jadi sebisa mungkin untuk menjaga mata agar terhindar dari minus, karena kalau sudah minus akan sangat repot sekali. Nah sekarang kalian sudah tahu nih penyebab kenapa mata bisa minus lalu kalian tau ga sih ciri ciri mata yang sudah minus?

Kalau misalkan kalian belum tahu ciri ciri yang dirasakan saat mata minus maka saya akan berikan beberapa ciri ciri nya. Penasaran apa saja? yuk kita intip ciri ciri nya dibawah ini gengs.

Bagaimana Ciri Ciri yang Dirasakan Saat Mata Kita Menjadi Minus?

Ciri  ciri mata minus pada remaja tidak akan diketahui oleh orang lain dan yang pasti yang akan merasakan nya ya orang yang memang matanya minus. Sebenarnya banyak sekali ciri-ciri mata minus yang bisa kalian perhatikan nih.

Pertama adalah pandangan yang buram atau tidak jelas, nah mungkin banyak yang bertanya apa sih yang dirasakan oleh orang minus? kalau misalkan kalian penasaran apa yang dirasakan orang minus maka jawaban nya adalah BURAM.

Kenapa buram? karena ya memang untuk melihat jarak jauh itu buram alias tidak jelas, misalkan nih ya kita liat sebuah papan iklan di gedung tinggi. Nah kalau manusia normal pasti bisa melihat tulisan dari papan iklan tersebut.

Tetapi kalau manusia yang mata nya minus itu pasti tidak akan terlihat jelas karena memang buram jadi penglihatan nya sedikit kabur atau tidak jelas. Jadi buat kalian yang penasaran tentang bagaimana menjadi manusia yang mata nya minus? jawaban nya diatas tadi.

Bayangkan deh dulu saya sudah minus tetapi tidak memakai kacamata alias menahan diri untuk tidak memakai kacamata, mengapa? karena memang kalau sudah memakai kacamata itu ya ketika mencari pekerjaan katanya sulit dan sebagainya.
Gejala awal mata terkena penyakit rabun jauh

Alasan tersebut lah yang membuat saya menahan diri untuk memakai kacamata. Tetapi sebenarnya ada ga sih dampak apabila mata minus tetapi tidak pakai kacamata? saya sih belum begitu paham ya apa dampak yang akan terjadi apabila mata minus tidak memakai kacamata.

Tetapi kalau misalkan kalian memang penasaran dan ingin tahu mungkin bisa simak artikel : Dampak Apabila Mata Kita Minus Tetapi Tidak pakai Kacamata tetapi alangkah lebih baik daripada minus kalian bertambah mendingan kalian pakai kacamata saja gengs.

Ciri ciri mata rabun jauh yang selanjutnya adalah tidak bisa memandang barang ataupun apapun itu dengan jarak yang jauh. Yaap ini saya rasakan sendiri dan memang betul sekali ketika mata kita minus kita tidak dapat melihat benda atau objek apapun itu yang jarak nya jauh.

Sebenarnya kan pengertian dari mata minus itu kan adalah kita tidak bisa melihat suatu objek dengan jarak yang jauh atau biasa disebut dengan rabun jauh atau kalau bahasa dokternya adalah miopi. 

Jadi miopi itu adalah sebuah keadaan dimana kita tidak bisa memandang suatu objek dengan jarak yang cukup jauh, seperti misalnya kita menonton bioskop dan bioskop itu kan jarak nya cukup jauh sekali ya guys. Nah bagi yang mengalami miopi atau rabun jauh itu akan sangat kesulitan sekali untuk melihat objek yang jaraknya sangat jauh.

Atau mungkin yang masih duduk di bangku sekolah juga pasti akan merasakan keadaan dimana kita melihat tulisan di papan tulis itu tidak jelas atau buram. Nah itu bisa jadi adalah salah satu gejala mata akan mengalami rabun jauh.

Jadi jangan heran kalau misalkan kalian menemukan seseorang yang kalau ingin melihat objek jauh harus nyamperin objek tersebut dan melihatnya secara dekat. Karena ya besar kemungkinan orang tersebut terkena gejala rabun jauh.

Selanjutnya megenai ciri ciri apabila mata minus adalah mata terlihat lelah atau cape, ada beberapa orang yang sangat terlihat sekali mata nya sangat lelah atau membutuhkan istirahat. Dan ciri ciri mata minus juga bisa di rasakan ketika mata kita menjadi lebih mudah cape dan lelah.

Kondisi ini bisa dirasakan karena mungkin kita sudah terlalu lama menatap layar gadget seperti yang sudah saya sampaikan diatas dll. Jadi apabila mata kita sudah lelah maka jangan pernah kita paksa untuk melek lagi.

Hal ini bisa berdampak besar sekali bagi kesehatan tubuh terutama mata kita, alangkah lebih baik apabila mata sudah cape atau lelah itu ya kita istirahatkan sejenak. Bagaimana mengistirahatkan sejenak mata agar tidak cape? mudah sekali kok cara istirahatkan mata ketika sudah cape dan lelah.

Kalau saya sendiri ketika kondisi mata sudah lelah dan cape biasanya sih saya akan berhenti sejenak dari kegiatan seperti menulis dan sebagainya, habis itu saya akan memejamkan mata saya sekitar 3/5 menit saja. Tujuan nya apa? tujuan nya ya untuk mengistirahatkan mata kita sejenak saja supaya terhindar dari mata cape yang nantinya berujung minus atau minus semakin bertambah.
Cara menghindari mata terkena penyakit miopi

Jadi alangkah lebih baik kalau memang mata sudah lelah atau cape ya di istirahatkan terlebih dahulu karena itu juga bisa menjadi pemicu mata menjadi minus dan rabun jauh. Sebelum terlambat alangkah lebih baik kalian menghindari hal-hal tersebut ya gengs.

Ciri ciri yang dirasakan saat mata minus yang selanjutnya adalah sering menyipitkan mata agar pandangan ke suatu objek menjadi fokus dan jelas. Hal ini yang saya rasakan sendiri ketika mengalami mata minus guys.

Jadi kan seperti yang tadi saya katakan bahwa kita ga bisa melihat suatu objek dengan jelas oleh karena itu terkadang saya sering menyipitkan mata saya sendiri. Sebenarnya tujuan nya hanya satu yaitu agar objek yang saya lihat bisa jadi lebih jelas.

Entah hanya saya yang merasakan atau memang kebanyakan orang juga seperti itu, tetapi yang pasti ciri ciri mata menjadi minus sesuai pengalaman saya yaitu tadi ia akan sering menyipitkan mata nya demi bisa melihat suatu objek dengan jelas.

"Menyipitkan itu apaan sih?" hm saya agak sedikit susah ya untuk mengolah kata nya wkwwk, jadi intinya menyipitkan mata itu adalah kondisi mata kita merem tetapi sedikit melek. Jadi layaknya orng yang sedang merem tetapi agak sedikit melihat.

Nah jadi kira-kira seperti itulah ciri ciri yang dirasakan apabila mata kita menjadi minus. Agar mata kita tetap sehat dan tidak minus alangkah lebih baik kalau misalkan kita mengkonsumsi makanan atau sayur-sayuran yang bisa mencegah mata minus.

Banyak sekali kok makanan yang bisa mencegah mata minus kalian tau ga sih apa saja? kalau misalkan kalian memang ingin mata tetap sehat dan terhindar dari minus mungkin kalian bisa konsumsi makanan berikut ini Makanan Sehat Untuk Mencegah Mata Terkena Minus atau Rabu Jauh

Setelah kita sudah mempelajari beberapa ciri ciri mata menjadi minus maka selanjutnya saya akan mengajak kalian untuk tau apa saja suka duka memakai kacamata. Penasaran seperti apa pembahsan nya? yuk ikuti saja dibawah ini.

Suka dan Duka Ketika Seseorang Memakai Kacamata

 1) Suka

Sebenarnya kan pakai kacamata itu menurut saya lebih banyak suka nya sih karena ya pasti akan terasa sekali perbedaan nya dibanding kita tidak memakai kacamata. Nah kalau saya pribadi kesan suka nya adalah kita bisa melihat pandangan menjadi lebih jelas lagi.

Bagi beberapa orang mungkin dan pastinya akan merasakan hal yang satu ini, dimana ketika sudah memakai kacamata pastinya kita bisa melihat sesuatu atau sebuah objek dengan jelas dan tanpa burem sama sekali.

Sangat berbeda sekali sebelum kita memakai kacamata, dimana misalkan sebelum memakai kacamata kita kurang bisa melihat suatu objek dengan jelas sedangkan saat sudah memakai kacamata kita sudah bisa melihat dengan jelas.

Jadi kesan suka nya adalah kita bisa melihat sesuatu dengan jelas lagi tanpa burem karena kita dibantu oleh lensa kacamata yang membuat kita bisa melihat dengan lebih jelas lagi kawan-kawan.

 2) Duka

Kesan duka nya juga ada dan bisa dirasakan ketika kita memakai kacamata, dimana kita sedikit sulit untuk bergerak gengs. Misalnya nih ya kita mau lari dan otomatis kalau lari kan kita tidak mungkin pake kacamata ketika sedang lari kan gengs.

Nah akhirnya kita harus melepas kacamata kita terlebih dahulu lalu menyimpan nya dengan baik dan habis itu ya kita bisa lari sesuka hati kita. Memang cukup sepele tetapi sangat terasa sekali ketika kalian sudah mulai memakai kacamat untuk kegiatan sehari-hari.

Habis itu kalau misalkan ingin tidur dan sudah ngantuk sekali dan sudah ingin tidur nyenyak tetapi kalian masih ada salah satu yang mengganjal yaitu kacamata. Saya sering banget nih ngalamin ketiduran tetapi kacamata masih saya pakai.

Kalau misalkan hal tersebut terjadi pasti akan sangat berbahaya sekali, mengapa? kalau misalkan kita ketiduran dengan posisi masih memakai kacamata maka besar kemungkinan kacamata tersebut akan pecah dan patah.

Jadi ya usahakan kalau memang mau tidur ya lepas saja kacamata nya daripada nanti terjadi satu hal yang tidak diinginkan kan bisa repot juga urusan nya wkwk.

Baiklah jadi tadi diatas saya sudah membagikan informasi mengenai penyebab mata menjadi minus lalu ciri-ciri mata sudah layak pakai kacamata dan suka duka memakai kacamata. Bagaimana apakah sudah jelas atau masih ada yang kurang jelas? kalau kurang jelas bisa tulis di komentar ya guys!

Kalau begitu langsung saja kita masuk kedalam kesimpulan artikel ini yuk guys, mari ikuti kesimpulan nya dibawah ini!

Kesimpulan artikel ini adalah...

Baiklah jadi kesimpulan artikel ini adalah : Sebelum mata kita terkena rabun jauh alangkah lebih baik untuk mencegah mata agar tidak minus. Karena ini sangat penting sekali bagi kalian yang tidak ingin memiliki mata minus.

Ada banyak sekali cara menghindari mata minus yang bisa kalian lakukan, atau kalau mau tau lebih lengkap nya bisa cek artikel Cara yang Benar Untuk Menjaga Kesehatan Mata silahkan kalian praktekan dan kalian lakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Sebenarnya cara simple untuk mencegah mata dari minus itu ya pertama bisa kalian lakukan dengan memakan sayuran seperti wortel dan yang lain nya. Lalu habis itu kalian bisa mengurangi waktu kalian ketika bermain gadget atau laptop.

Kalau misalkan memang mau bermain gadget ya paling tidak diberikan waktu sekitar 2-3 jam juga menurut saya sudah sangat cukup sekali kok guys. Ini semua demi mencegah mata dari penyakit rabun jauh.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini mengenai Gejala dan Ciri Ciri Mata anda Sudah Harus Pakai Kacamata! semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini yaa, Terimakasih.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan