Berbagi Pengalaman Ngeblog Di 1 Tahun Ferdiblog Dibangun Beserta Suka Dukanya #Part-1
Berbagi Pengalaman Ngeblog Di 1 Tahun Ferdiblog Dibangun Beserta Suka Dukanya #Part-1

Berbagi Pengalaman Ngeblog Di 1 Tahun Ferdiblog Dibangun Beserta Suka Dukanya #Part-1

Menjadi seorang blogger itu memang tidak semudah apa yang bayak orang pikirkan, terkadang banyak sekali orang yang menganggap bahwa menjadi seorang blogger adalah hal yang sangat mudah.

Kebanyakan sih mereka hanya berfikir " oh, blogger kan kerjaan nya cuman nulis artikel doang " kira-kira seperti itulah pikiran banyak orang mengenai seorang blogger.

Memang betul kalau tugas utama seorang blogger ya menulis artikel dengan baik, membuat postingan yang mengundang banyak pembaca di blog dan semua itu tidak mudah serta membutuhkan sebuah proses yang tidak sembarangan.

Kalau misalkan sekedar menulis dan membuat artikel di blog sih mungkin semua orang juga bisa ya gengs, tetapi sebenarnya masih banyak sekali tahapan-tahapan yang dilalui oleh para blogger di seluruh dunia.

Pengalaman menjadi blogger


Nah kali ini saya selaku admin Ferdiblog akan sedikit membagikan pengalaman selama membangun blog agar menjadi lebih baik, pengalaman mengenai cara menulis artikel agar disukai banyak orang dan sebagainya.

Sebenarnya artikel ini bukan sebagai ajang pamer atau segala macam nya ya gaes, artikel ini murni ditujukan untuk merayakan Aniversarry Ferdiblog yang alhamdulillah sudah memasuki umur 1tahun.

Okelah tanpa basa-basi lagi langsung saja kita masuk kedalam pembahasan selanjutnya mengenai Aniversarry Ferdiblog ke-1thn penasaran seperti apa? yuk langsung saja simak dibawah ini.

Berawal Dari Iseng-Iseng Menulis Sebuah Artikel 

Awal mula nya Ferdiblog dibangun itu tanggal 18 September 2016, dulu sebenernya sama sekali gatau apa itu blog, terus gatau mengenai manfaat membangun blog dan sebagainya.

Dulu emang sama sekali ga punya pikiran untuk membangun blog lebih dalam lagi, dan dulu juga kalau nulis artikel ya spontan aja tanpa tau mengenai SEO lalu ga paham mengenai penulisan artikel yang benar dan masih banyak yang lain nya.

Artikel yang paling pertama saya tulis itu adalah sebuah review action camera yang saat ini juga artikel nya masih ada kok gaes.

Nah kalau penasaran mengenai artikel pertama itu, bisa langsung kalian baca di : Review Action Camera Kogan 4K

Artikel tersebut saya tulis sendiri dan memang itu artikel pertama yang saya buat saat itu, walaupun memang sudah saya edit kembali artikel tersebut agar menjadi lebih menarik pembaca artikel juga gaes.

Jujur pertama ngeblog itu saya ga tau menganai bagaimana penulisan artikel yang benar, lalu kalimat apa saja yang pantas ditulis di artikel. Dan postingan pertama tersebut ya saya buat sesuai pengetahuan saya menulis seperti menulis di buku saja.

Hingga akhirnya saya selesai membuat sebuah artikel tersebut dan saya merasa kalau menulis artikel itu memang asik seperti yang banyak orang katakan diluar sana.

Sampai akhirnya saya sudah mulai berniat dalam diri saya untuk rutin menulis artikel dan menulis apa saja yang saya tahu dan saya pahami.

Hingga akhirnya artikel ke-2, ke-3 dan seterusnya pun sudah ter-posting di Ferdiblog ini, namun saya agak sedikit lupa artikel yang ke-2 itu mengenai apa saya juga lupa gaes wkwk.

Dan akhirnya saya memutuskan untuk mencari sebuah grup Blogger Indonesia di sebuah jejaring social media yaitu facebook. Dan saya menemukan grup itu lalu ya gausah basa-basi langsung saja kirim permintaan bergabung kedalam grup tersebut.

Disitu saya sudah mendapatkan sebuah tradisi atau rutinitas yang dilakukan oleh kebanyakan blogger, tak lain dan tak bukan rutinitas tersebut adalah Blogwalking.

Kalian semua pasti tahulah pengertian Blogwalking, jadi Blogwalking itu sendiri adalah saling mengunjungi blog masing-masing.

Misalkan saya mengunjungi blog si A dan si A juga mengunjungi blog saya, dan itu hampir setiap hari saya lakukan di grup Blogger Indonesia itu.

Karena itu adalah grup Fb maka otomatistrafik yang datang itu hampir 95% datang dari facebook, saya dulu sama sekali ga paham mengenai trafik blog lalu sumber lalu lintas trafik darimana saja itu saya sama sekali tidak paham.

Yang saya ingat adalah saya senang sekali ketika melihat jumlah pembaca artikel pertama saya itu tadi sudah sampai ratusan orang dan tanpa saya sadari sumber lalu lintas nya hampir 95% berasal dari facebook.

Tetapi ketika saya menemukan sebuah postingan di grup tadi dan mengatakan bahwa kegiatan Blogwalking dan sumber lalu lintas mayoritas berasal dari fb bisa berpengaruh pada blog kita.

Nah disitu saya percaya ga percaya ya gaes sampai akhirnya saya mencari di google mengenai dampak melakukan blogwalking terus menerus.

Setelah saya mengetahui dampaknya akhirnya sayapun mencoba untuk sedikit mengurangi kegiatan blogwalking tersebut, dan saya juga ingin tahu seberapa banyak sih orang yang membaca artikel saya tanpa blogwalking.

Dan hasilnya pun mengejutkan sekali gaes wkwk, perbandingan nya adalah 10:1 yang artinya pengunjung dengan melakukan blogwalking itu sangat banyak sekali.

Tetapi saat saya tidak melakukan blogwalking itu hasilnya sama sekali tidak ada yang membaca atau mengunjungi blog ini. Yaa memang cukup membuat saya heran sekaligus kaget juga ya wkwk.

Hingga akhirnya pengalaman tersebut pun saya jadikan sebuah artikel dan kalian bisa membacanya di : Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Kegiatan Blogwalking

Oke mungkin pengalaman menulis artikel yang berawal dari iseng-iseng sampai sini saja dan kita lanjut ke pengalaman yang selanjutnya ya gaes.


Sedikit Demi Sedikit Memahami dan Belajar Mengenai Dunia SEO dan Tata Cara Penulisan Artikel yang Benar


Lanjutan, jadi setelah saya sadar bahwa artikel saya banyak yang membaca karena hasil dari blogwalking maka saya sudah mulai terbuka pikiran untuk mencari tahu bagaimana cara agar artikel kita banyak yang membaca.

Dan akhirnya saya menemukan sebuah blog yang isinya menurut saya sangat lengkap, sangat berbobot dan bisa dipahami dengan mudah sekali.

Blog yang saya temukan saat itu adalah Mas Sugeng danisi artikel nya menurut saya sangat berbobot sekali dan pastinya sangat bermanfaat bagi newbie seperti saya ini.

Disitu saya menemukan artikel mengenai Tutorial Blogger Lengkap Dari A-Z akhirnya saya baca, saya pahami dan pastinya tanpa basa basi langsung saja saya praktekan ke blog saya sendiri.

Saat itu yang pertama saya pelajari adalah mengenai cara penulisan artikel di blogger yang baik dan benar, saya baca lalu saya praktekan langsung.

Setelah itu akhirnya saya mulai paham nih gaes mengenai tata cara menulis artikel yang baik, akhirnya saya mulai sedikit bermain di segi template.

Disitu saya sama sekali tidak ada pengalaman untuk bermain di javascript dan sebagai macamnya, semua saya pelajari murni dari google.

Oke akhirnya saya mulai memberanikan diri untuk mencari template yang bagus untuk blog dan pastinya nyaman bagi para pembaca, setelah menemukan nya ya langsung saja saya pasang di Ferdiblog ini.

Sampai akhirnya saya selesai mengubah template dan disitu perasaan saya sangat bangga sekali, karena basic nya memang saya tidak paham sama sekali mengenai javascript saat itu gaes wkwk.

Setelah saya rasa tampilan blog menjadi lebih keren lagi, maka saya mulai mencari ilmu lagi mengenai blogging ini. Dan saya dapat ilmu baru yaitu SEO.

Mungkin SEO ini adalah hal penting yang harus para blogger pahami ya gaes, saat itu saya menemukan sebuah blog yang sangat rinci sekali dalam membahas SEO terbaru, dan blog tersebut adalah PanduanIM .

Tidak cukup satu hari untuk mempelajari lebih dalam mengenai SEO tersebut, karena ya memang runtutan nya sangat panjang sekali.

Hal pertama yang saya pelajari saat itu adalah mengenai cara meriset keyword yang baik dan benar, sampai akhirnya saya coba riset keyword terlebih dahulu sebelum menulis artikel dan itu hampir setiap saat saya lakukan.

Setelah saya mulai paham mengenai tutorial riset keyword akhirnya pun saya mempelajari hal yang lain nya, saat itu kalau tidak salah dan seingat saya hal yang saya pelajari selanjutnya adalah mengenai bagaimana caranya agar bisa mendapatkan banyak viewers.

Akhirnya saya cari dan lagi-lagi saya menemukan sebuah blog yang sangat jelas dan rinci sekali dalam membahas hal tersebut.

Blog yang saya temui saat itu adalah Omblogging yang sangat jelas dan lengkap sekali dalam berbagi ilmu mengenai cara memperbanyak viewers di blog.

Yang saya temukan saat itu adalah men-submit artikel yang sudah kita tulis ke dalam mesin pencari seperti google, bing, yandex dan sebagai macamnya.

Nah saya juga sudah membuatkan artikel nya sebagai berikut Cara Submit Artikel Ke Mesin Pencari Google kalian juga bisa ikutin cara saya untuk submit artikel ke mesin pencari juga kok gaes.

Jadi dari blog itu tersebut akhirnya saya pun mulai paham mengenai tekhnik SEO yang digunakan para mastah di dalam dunia blogging ini.

Semua tahapan saya lalui dengan penuh suka cita, hampir setiap saat saya mempelajari ilmu seo yang paling terbaru demi tercapainya impian saya menjadi blogger yang profesional.

Dan memang benar yang banyak orang katakan kalau ilmu SEO itu tidak bisa cukup satu hari saja dalam mempelajari dan memahami nya, tetapi membutuhkan waktu yang sangat panjang dan sulit.

Itulah mungkin sebabnya banyak sekali para mastah bloging yang membuka kursus SEO dengan tarif yang cukup tinggi, karena proses nya sangat panjang sekali.

Oke, saya rasa pengalaman mengenai belajar dunia SEO untuk membuat blog menjadi ramai yang membaca cukup sampai sini ya gaes, dan bisa kalian 

Kesimpulan Artikel Ini

 

Baiklah gaes, untuk sementara saya rasa cukup sampai disini terlebih dahulu pengalaman ngeblog yang dapat saya bagikan kali ini.

Tetapi tenang saja, nanti akan ada part atau lanjutan dari cerita diatas ya gaes, karena kalau dibuat dalam satu halaman saja pasti kalian akan menjadi jenuh.

Jadi lebih baik dibuatkan dalam beberapa part saja ya gaes, dan nanti akan langsung saya follow up lagi mengenai lanjutan dari part 1 ini gengs.

Terimakasih telah membaca pengalaman ngeblog di Aniversarry Ferdiblog Ke-1 ini, semoga dapat memberi motivasi bagi kalian dan jangan lupa bagikan artikel ini ya gaes.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 comments

mulai dari 0 benar-benar 0 sampai benar-benar paham tentang SEO, pengalaman yang sangat menarik dan detail, saya beri 100 buat pengalamannya

Balas

sampai saat ini,masih bingung mengenai seo, saya belajar sedikit demi sedikit dan paling penting saya mencoba agar postingan yang saya buat dapat di pahami oleh para pembaca ,kita saling doakan yah terima kasih

Balas

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan