8 Tips Saat Masuk Di Hari Pertama Sekolah Yang Harus Kalian Ketahui

8 Tips Saat Masuk Di Hari Pertama Sekolah Yang Harus Kalian Ketahui

Tanggal 17 Juli 2017 adalah hari pertama masuk sekolah setelah libur lebaran yang bisa dibilang cukup lama sekali ya gaes. Dan hari ini semua siswa maupun siswi di berbagai daerah di Indonesia sudah mulai masuk sekolah dan menjalani aktifitas belajar mengajar lagi.

Hampir di berbagai daerah memang hari ini baru masuk sekolah, tetapi ada juga beberapa sekolah yang sudah masuk mulai tanggal 10 Juli kemarin gaes. Kalau misalkan kita baru pertama masuk sekolah tuh rasanya berat banget ya gaes kwkwk.

Karena sudah terbiasa santai santai dirumah lalu bangun nya siang dan saat tibanya masuk sekolah semua rutinitas tersebut kita lalui kembali. Tetapi tetap saja kita harus memiliki rasa semanat di hari pertama sekolah terutama bagi yang masuk ke jenjang seperti SMP, SMA maupun SMK.

Sebelum masuk ke hari pertama sekolah pasti kalian akan merasakan bagaimana rasanya mendaftar ke sekolahan yang kalian inginkan dan itu pasti akan dirasakan oleh siswa maupun siswi dimanapun kalian berada.

Karena ya memang tradisi pendaftaran murid baru serta penerimaan murid baru itu ya sebuah hal yang wajar dalam sistem pendidikan. Tetapi canggihnya adalah saat ini pendaftaran murid baru bisa dilakukan dengan cara online tanpa harus datang ke sekolah sekolah gaes.

tips mudah berkenalan dengan murid baru di sekolah


Sistem penerimaan murid baru secara online ini kalau tidak salah disebut dengan yang namanya PPDB ONLINE. Dimana di tahun 2017 ini kita bisa mendaftarkan diri kita ke sekolah favorit dengan cara online dan pastinya sangat praktis sekali ya gengs.

Pertama masuk sekolah memang suatu hal yang cukup menyenangkan ya gaes, karena setelah sekian lama kalian libur dan tidak berjumpa dengan teman atau sahabat kalian. Dan dengan adanya hari pertama masuk sekolah ini kalian bisa bertemu kembali dengan teman serta sahabat kalian semua.

Memang banyak sekali suka duka dalam hari pertama masuk sekolah ya gaes, ada yang mungkin kesiangan, ada yang lupa bawa ini lah itu lah. Dan terutama buat yang sdang menjalani MOS atau yang biasa dikenal dengan Masa Orientasi Sekolah.

Masa Orientasi Sekolah ini sudah tidak asing lagi ya gaes, karena biasanya yang baru baru masuk SMP, SMA, dan SMK maupun Kuliah pasti akan merasakan yang namanya MOS tersebut.

Walaupun memang terkadang MOS atau Masa Orientasi Sekolah tersebut diiringi dengan aksi junior dan senior yang sempat menjadi bahan pemberitaan di media televisi. Sebenarnya kegiatan ini banyak sekali loh manfaatnya.

Manfaat mengikuti MOS sekolah baru itu kalau jujur ya banyak sekali, seperti contohnya mendapatkan teman baru, bisa kenalan dengan teman baru dan pastinya tujuan utama masa orientasi sekolah itu adalah untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada murid baru.

Kegiatan Masa Orientasi Sekolah ini umumnya berlangsung selama 3 hari ya gaes, tetapi di setiap sekolah sih biasanya berbeda beda. Dan uniknya dari kegiatan tersebut adalah kita atau murid baru akan diberikan tugas untuk membawa perlengkapan untuk masa orientasi sekolah.

Nah ini nih yang menarik, dalam kegiatan tersebut biasanya kakak kakak pendamping akan memberikan tugas kalian untuk membawa segala macam perlengkapan untuk mengikuti kegiatan orientasi sekolah ini.

Dan biasanya perlengkapan nya itu sedikit aneh dan sedikit sulit ya gaes wkwkw. Tetapi tenang saja kalian tidak perlu risau karena saya sudah menyiapkan kalian artikel mengenai : Perlengkapan Untuk Mengikuti Kegiatan Masa Orientasi Sekolah Baru

Untuk yang mungkin saat ini mengikuti kegiatan tersebut saya rasa sudah tidak perlu bingung ya gaes, karena ya diluar sana sudah banyak sekali yang membahas mengenai Alat yang harus dipersiapkan untuk masa orientasi sekolah.

Biasanya di hari pertama masuk sekolah juga banyak sekali kejadian unik yang mungkin dialami oleh sebagian siswa, seperti lupa memakai dasi atau lupa membawa peralatan sekolah yang lain nya. Dan jujur mimin juga pernah seperti itu hahaha.

Nah karena hari ini adalah hari pertama masuk sekolah maka kali ini saya akan sedikit memberikan kalian info yang dapat kalian lakukan saat masih awal awal masuk sekolah.

Karena kali ini saya akan membahas mengenai Tips di hari pertama masuk sekolah. Nah kalian mau tahu apa saja sih tips yang akan saya bagikan kali ini? kalau begitu yuk langsung saja kita simak lebih dalam artikel ini gaes. Cekidots!

Aktifitas Di Hari Pertama Masuk Sekolah Yang Bisa Kamu Lakukan

 

Mungkin disini masih banyak yang bingung dan bertanya tanya mengenai apa sih yang harus dilakukan saat hari pertama sekolah? nah berkat pertanyaan tersebut akhirnya saya akan memberikan kalian tips nya nih gaes. Dan langsung saja kita simak tips nya dibawah ini :

1.) Pasang Alarm

 

Nah yang satu ini sangat sangat penting sekali nih gaes, karena mungkin terbiasa dengan suasana liburan dan bangun siang. Lalu ketika sudah tibanya masuk hari pertama sekolah kemungkinan terbesar adalah kita bisa telat berangkat sekolah.

Yang biasanya kalian bangun siang lalu berkat adanya hari pertama sekolah kalian diwajibkan bangun lebih pagi dan itu tidak mudah ya wkwk. Jadi pada saat masuk hari pertama sekolah kita memang wajib untuk memasang alarm di kamar tidur kita.

Mungkin disini banyak yang di hari pertama sekolah suka telat dan bingung mnengatasinya, maka sudah saya siapkan artikel nya sebagai berikut : Cara Agar Tidak Telat Berangkat Sekolah   

2. Siapkan Peralatan Sekolah

 

Kadang ada saja siswa maupun siswi yang malas mempersiapkan peralatan sekolah mereka untuk esok hari, padahal dengan mempersiapkan peralatan sekolah lebih awal bisa membuat kita lebih santai saat sedang ingin berangkat sekolah.

Mimin sendiri juga sebenarnya salah satu tipe orang yang ya bisa dibilang malas dalam mempersiapkan peralatan sekolah di hari pertama masuk. Tetapi kalian jangan sampai ikut-ikutan mimin ya gaes kalian harus bisa menyiapkan peralatan sekolah kalian lebih awal.

Hal ini memiliki tujuan agar ketika di pagi harinya kalian tidak kewalahan atau kerepotan lagi dalam mempersiapkan peralatan sekolah kalian. Kamu bisa menyiapkan peralatan sekolah saat malam hari sehingga saat pagi hari kamu bisa lansung berangkat saja.

Kecuali kalau misalkan kalian bisa mengatur waktu kalian ya boleh saja, tetapi memang mimin sarankan untuk mempersiapkan peralatan nya di hari hari sebelum masuk sekolah. 

3. Sarapan

 

Banyak sekali yang melupakan kegiatan sarapan mereka saat di hari pertama sekolah dan penyebab yang paling sering dialami adalah karena tergesa gesa atau jam masuk sekolah sudah mepet sehingga sampai ada yang melupakan sarapan di pagi hari.

Padahal kalau misalkan kalian ketahui banyak sekali manfaat sarapan pagi sebelum berangkat sekolah yang pastinya berguna sekali bagi tubuh kalian. Dan untuk menjalani kegiatan belajar mengajar pastinya sarapan ini sangat diperlukan.

Hal ini dilakukan agar pada saat tiba jam belajar mengajar kita tidak merasa pusing dan sebagainya, kadang kalau misalkan kita lupa sarapan saja suka pusing atau mual dan sebagainya yang mengakibatkan kurang nya konsen belajar.

Jadi usahakan sebelum berangkat sekolah kalian bisa sarapan atau paling tidak minum segelas siusus saja juga tidak apa apa kok. Tetapi yang disarankan ya memang sarapan nasi untuk menumbuhkan stamina bagi tubuh saat berada di sekolah nanti.

4. Kerjakan Tugas

 

Persetan dengan libur panjang pasti sebelum liburan tiba biasanya para guru akan memberikan sebuah tugas yang akan dikumpulkan setelah masa liburan habis. Nah kalian juga pasti ada saja kan yang mendapatkan tugas dari guru kalian.

Dan itu rasanya pasti kesel banget ya karena kan sudah jadwal nya libur tetapi masih dipusingi dengan yang namanya tugas. Nah ketika kalian mendapatkan sebuah tugas alangkah lebih baik kalau misalkan langsung kalian kerjakan saja.

Kadang ada yang mentang-mentang libur panjang lalu malas buat ngerjain tugas sehingga ia mengerjakan tugas nya saat hari pertama sekolah. Dan itu pasti semua pernah mengalami kejadian tersebut ya gaes wkwkwk.

Kalau misalkan memang kalian belum mengerjakan tugas sekolah alangkah lebih baik kalian kerjakan jangan saat sudah dekat dekat masuk sekolah. Kalian bisa mengerjakan nya malam hari agar ketika besok bangun pagi tidak akan repot dengan yang namanya tugas di hari pertama masuk sekolah.

5. Jangan Tidur Malam-Malam.

 

Banyak juga kasus siswa maupun siswi terlambat datang ke sekolah karena ia tidur sangat malam sekali, biasanya ia masih terbawa suasana liburan atau besar kemungkinan ia mengalami susah tidur atau yang biasa disebut dengan insomnia.

Hal ini memang wajar sih kalau misalkan alasan nya karena terbawa suasana libur ya harus diubah kembali pola dan jam tidur anak tersebut. Kalau misalkan memang karena susah tidur ya berarti masalahnya ada dalam diri si anak tersebut.

Sebenarnya banyak sekali penyebab anak mengalami sulit tidur dan saya juga sudah menyiapkan sebuah artikel sebagai berikut : Tips Ampuh Mengatasi Anak Yang Terkena Gangguan Susah Tidur silahkan kalian simak artikel tersebut gaes.

Jadi kalau misalkan memang besok hari pertama masuk sekolah ya usahakan jam tidur nya bisa lebih dipercepat sehingga nanti tidak ada insiden terlambat lagi deh gaes.

6.  Mandi Terlebih Dahulu

 

Naaah ini nih yang cukup penting di hari pertama sekolah itu kalian jangan lupa mandi ya gaes, kadang kan ada saja tuh yang saking buru burunya sampai lupa mandi sebelum berangkat sekolah dan alhasil ketika sampai sekolah jadi kayak orang masih bangun tidur deh hahaha.

Kadang ada saja yang mungkin saat malam harinya bergadang sampai larut malam dan akhirnya ketika pagi hari ia tergesa gesa dan endingnya adalah tidak mandi sebelum berangkat sekolah. Hiii jorok sekali ya gaes kalau misalkan lupa mandi.

Buat adek adek yang mungkin mau berangkat sekolah jangan lupa mandi ya biar disekolah nanti kelihatan seger dan lebih terlihat semangat saat pertama kali masuk sekolah.

Jadi kalian jangan lupa mandi dan terutama sikat gigi kalian sebelum berangkat sekolah ya kawan kawan semuanya. 

7. Minta Diantarkan Ayah/Bunda Kesekolah Kalau Tidak Sibuk

 

Nah yang satu ini harus diperhatikan nih buat para orangtua yang mungkin tidak memiliki kesibukan tidak ada salahnya kok kalau misalkan kalian mengantarkan anak kalian kesekolah pada saat hari pertama masuk. Terutama mungkin yang baru masuk SD saya rasa perlu deh untuk diantarkan.

Tetapi ya ini sih menurut saya saja ya, kalau misalkan anak nya masih seumuran SD ataupun TK saya rasa perlu untuk diantar ya gaes, karena kan masih kecil juga lalu belum begitu ngerti tentang lingkugan sekitar dan masih memrlukan bimbingan.

Yaa sekedar mengantarkan sampai masuk kelas dan tidak menunggu sampai jam pulang sekolah juga tidak apa apa kok, nah nanti kalau misalkan sudah tiba jam pulang sekolah baru deh jemput anak kita agar tidak kemana mana.

Menjemput anak kecil sepulang sekolah itu perlu loh karena maraknya penculikan anak saat pulang sekolah oleh orang yang tidak dikenal, maka dari itu alangkah lebih baik ya jemput saja untuk menghindari segala macam resiko nantinya.

8. Berangkat Lebih Awal

 

Tips di hari pertama masuk sekolah yang terakhir adalah usahakan kalian berangkat lebih awal demi menghindari kemacetan di jalan raya. Karena bentrok dengan jam berangkat sekolah, lalu jam berangkat kerja itu sangat memungkinkan kalian terjebak kemacetan.

Berangkat lebih awal juga membuat kalian lebih santai dan tidak tergesa gesa ya gaes, ketika kalian berangkat lebih awal pastinya jalanan masih agak sepi sehingga potensi kemacetan juga sedikit dan pastinya cepat sampai sekolah.

Kalian jangan berangkat di jam jam yang mepet dengan bel masuk, karena pasti jalanan ramai dan takutnya nanti kalian telat sampai sekolah.

Jadi usahakan untuk berangkat lebih awal saja ya gaes demi menghindari kemacetan dan bisa sampai di sekolah lebih cepat.

Nah jadi diatas tadi adalah sedikit tips di hari pertama sekolah yang bisa kalian lakukan serta kalian praktekan sendiri. Menurut kalian bagaimana? oiya kalau ada yang mau ditambahi atau ada yang ingin ditanyakan jangan ragu ragu untuk bertanya di kolom komentar ya gaes.

Dan baiklah kalau begitu langsung saja kita masuk kedalam inti artikel ini ya gaes. Kuyyy!

Inti artikel ini adalah..

 

Baiklah jadi di hari pertama sekolah itu intinya adalah kalian tidak boleh malas-malasan dan harus emangat pastinya ya gaes. Dan yang paling penting itu ya sebenarnya jangan lupa sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah kalian.

Oiya dan kalian harus bisa menampilkan yang terbaik agar kalian bisa mejadi idaman di sekolah kalian, dan menjadi idaman di sekolah itu tidak susah kok saya sudah siapka artikel nya sebagai berikut : Tips Menjadi Idaman Di Sekolah

Biasanya juga saat masuk pertama sekolah akan diberikan pilihan ekskul yang nantinya akan kalian lakukan selama belajar di sekolah tersebut, dan saya juga sudah menyiapkan artikel nya sebagai berikut : Tips Cermat Menentukan Ekskul Di Sekolah 

Dan baiklah saya rasa cukup sekian artikel kali ini mengenai  8 Tips Saat Masuk Di Hari Pertama Sekolah Yang Harus Kalian Ketahui semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini kalau kalian suka.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan