10 Tips Sehabis Ujian Nasional yang Bisa Kalian Lakukan Dengan Asik

10 Tips Sehabis Ujian Nasional yang Bisa Kalian Lakukan Dengan Asik

menunggu pengumuman hasil ujian nasional

Aktivitas Setelah Ujian Nasional yang Seru


FerdiansBlog - Beberapa waktu ini sedang dihebohkan dengan yang namanya ujian nasional yang akan dilakukan oleh para siswa maupun siswi yang sudah siap untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi.

Ujian nasional bagi beberapa siswa mungkin dijadikan sebuah ketakutan bahkan tidak edikit siswa maupun siswi yang tidak siap dengan adanya kegiatan ujian sekolah ini. Manfaat mengikuti ujian nasional ini sebenarnya banyak sekali ya gaes.

Di kegiatan tersebut siswa dan siswi akan dinilai atau akan ditinjau langsung apakah pelajar tersebut siap apabila diberikan soal-soal yang mungkin sebelum nya sudah diberikan oleh bapak maupun ibu guru di sekolah yang kalian tempati.

Namun sayang nya memang masih ada sebagian yang menganggap bahwa ujian nasional ini adalah sebuah cambukan bagi mereka , pasalnya karena mereka biasanya tidak siap mengikuti ujian nasional dan faktor nya banyak sekali mulai dari tidak pernah belajar atau yang lain nya.

Di semua sekolah juga pasti ada yang namanya aktivitas ujian nasional karena memang kegiatan ini bisa dibilang sangat wajib sekali dilakukan oleh siswa maupun siswi yang duduk di bangku sekolah. Dan juga semua nya bakalan merasakan yang namanya UN itu sendiri.

Jadi jangan berfikir " ah gue ga bakalan ikut ujian nasional " kadang ada gitu loh yang berfikir mungkin dia masih kelas sekian sehingga akhirnya dia menganggap bahwa tidak akan ikut UN. Padahal semua siswa diwajibkan mengikuti kegiatan ujian nasional karena dari situ lah mereka dinilai kelayakan nya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Misalkan kalian tidak ikut UN dan kalau kalian tidak mengikuti jadwal ujian nasional tersebut atau mungkin kalian sengaja bolos di waktu UN ya kalian sendiri yang bakalan merasakan akibat nya. Ketika kalian mengikuti UN pastinya guru juga akan memberikan sebuah ijazah.

Dimana kalau tidak salah misalkan kalian tidak mengikuti kegiatan tersebut ya mungkin kalian tidak akan mendapatkan yang namanya ijazah. Dan harus kalian ketahui bahwa kegunaan dan manfaat ijazah sekolah itu sangat diperlukan sekali.

Misalkan kalian ingin melamar pekerjaan kan terkadang ada perusahaan yang menyuruh kita untuk membawa ijazah SMA misalnya ya. Nah misalkan kalian tidak ikut UN lalu ijazah kalian ditahan oleh guru kalian nanti ketika ingin menacari pekerjaan kan repot jadinya.

Lalu kadang juga ada yang takut melaksanakan UN hanya karena soal-soal ujian nasional nya susah atau tidak dimengerti sehingga memutuskan untuk bolos pada saat UN dan biasanya memang banyak sih yang seperti ini.

Kenapa harus takut ikut ujian? toh misalkan kalian seaktu dikelas dan guru sedang menjelaskan pelajaran lalu kalian memperhatikan nya dengan baik terus kalian mengerti kan tidak perlu takut lagi ketika sudah tiba waktunya ujian nasional.

Kebanyakan yang takut ikut ujian nasional itu mungkina karena ia jarang memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan mata pelajaran sekolah sehingga tidak paham. Harusnya kalian sudah siap secara materi untuk menghadapi ujian nasional.

Dan biasanya soal yang ditakuti saat ujian itu adalah soal pelajaran matematika , nah pasti saya tahu nih kalian sudah was-was kan dengan seoal tersebut? saya sendiri jujur memang agak sedikit kurang suka juga sih dengan pelajaran matematika itu wklwk.

Tetapi kalau misalkan kalian tahu cara menyelasikan soal ujian matematika sih seharusnya tidak perlu takut dan harusnya kalian percaya diri dong sewaktu mengerjakan nya. Ohya sama misalkan kalian sudah les atau yang lain nya pasti bisa kok.

Baca Juga

Nah bagi anak-anak SMA maupun SMK mungkin sudah ada yang sudah selesai ujain nasional dan sekarang tinggal menunggu Pengumuman hasil kelulusan SMA yang membuat sebagian pelajar menjadi dag-dig-dug serr mungkin ya karena takut terjadi hal-hal yang tidak diingkan.

Dan tidak sedikit juga para siswa maupun siswi yang sudah merayakan kelulusan sekolah ada yang merayakan dengan corat oret seragam sekolah lalu ada yang konvoi kendaraan dan masih banyak juga yang lain nya yang pastinya ada yang melakukan positif dan ada juga yang negative.

Walaupun terkadang ada juga pelajar yang masih bingung mau nagapain sehabis ujian nasional karena setelah kegiatan tersebut kan anak-anak bisa dibilang sudah bebas dan mungkin akan mendapatkan yang namanya libur sekolah panjang yang pastinya sangat disukai oleh para pelajar.

mengisi kertas ujian nasional

Nah mungkin dianatara kalian semua ada yang masih bingung mengenai kegiatan asik setelah ujian nasional atau tidak mau melakukan apa-apa. Nah kebetulan banget nih kali ini saya akan sedikit memberikan info menarik nih kawan.

Info menarik yang akan saya bagikan kali ini adalah tentang tips sehabis ujian nasional yang asik , penasaran seperti apa tips dan info yang akan saya bagikan kepada kalian? Yuk langsung saja kita simak penjelasan nya dibawah ini.

Solusi Sehabis Ujian Nasional yang Asik dan Menarik

1.) Tidur

Nah hal asik habis ujian nasional pertama yang akan saya bagikan adalah Tidur. Yap ini adalah salah satu hal yang menurut saya sangat asik dan bisa dibilang mungkin ini sebuah keinginan para siswa yang sudah penat atau sudah lelah menghadapi ujian nasional.

Terutma para cowok yang mungkin hobby tidur nah ini memang salah satu kesempatan mereka untuk menikmati masa-masa liburan yang jarang ia rasakan selama berbulan-bulan dikarenakan sibuk dengan jadwal belajar yang padat untuk melwan soal ujian nasional.

Sebagian pelajar lebih memilih untuk tidur dirumah daripada harus pergi ke mall atau traveling bareng teman-teman nya. Alasan nya bukan karena tidak mau menghabiskan waktu bersama teman tetapi karena mungkin dia ingin memiliki waktu tidur yang lama.

Karena kan sudah berbulan-bulan ia pusing karena bakalan melawan soal ujian nasional dan ketika sudah selesai maka yang diharapkan adalah ia bisa dengan bebas untuk tidur dan bisa bebas juga untuk bangun tidur sesuka mereka.

2.) Dirumah saja

Hal yang selanjutnya ini juga bisa menjadi pilihan kegiatan habis ujian yaitu diam dirumah saja. Biasanya cowok maupun cewek ada yang memang liburan memilih dirumah saja tanpa harus pergi ke mall atau yang sekiranya membuang uang banyak.

Tipe seperti ini memang banyak sekali ,bahkan saya sendiri juga termasuk orang yang misalkan liburan lebih banyak menghabiskan waktu dirumah saja daripada harus keluyuran tidak jelas bersama teman yang lain nya. Hal ini bukan berarti tidak solid atau yang lain nya.

Tetapi alasan lebih sering dirumah itu biasanya karena ia mungkin tipe orang yang sedikit pendiam sehingga mau keluar rumah pun merasa bahwa sepi sekali. Banyak kok tipikal orang seperti itu dan biasanya mungkin di kehidupan nyatanya ia mungkin sedikit memiliki teman sejati yang baik.

Diam dirumah itu bukan berarti dia anak mamih atau yang lain nya , semua kehidupan setiap orang kan berbeda - beda ada yang mungkin jalan kehidupan nya lebih banyak dirumah karena sedang ada pekerjaan atau diluar rumah hanya karena ingin senang-senang.

3.) Main game

Bermain game di hari libur memang sangat asik sekali dan kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang biasanya dlakukan oleh sebagian pelajar dimasa libur panjang nya. Memainkan game memang terkadang menghabiskan banyak sekali waktu.

Dan ketika tiba masanya waktu libur panjang maka bisa kalian manfaatkan untuk sekedar bermain game kesukaan kalian. Banyak banget game favorit terbaru  yang bisa kalian langsung mainkan sembari menikmati masa liburan yang sangat asik sekali.

Mungkin sebelum-sebelum nya waktu lagi ujian nasional kalian dilarang bermain game oleh orangtua kalian nah sehabis masa ujian itu kalian bisa membalasa rasa kangen kalian kepada game yang mungkin sudah lama tidak kalian mainkan tersebut.

Tidak harus mengeluarkan modal banyak karena hanya bermodalkan seperti komputer , handphone maupun laptop yang saya rasa sudah dimiliki oleh kalian.

4.) Pulang kampung / Mudik

Cara ini terbilang cukup sering dilakukan sehabis ujian nasional ya gaes karena mungkin ini solusi yang paling tepat ketika kalian bingung ingin liburan kemana dan tidak memiliki referensi tempat wisata maka kalian bisa mudik atau pulang ke kampung halaman kalian.

Sebagian orang ada yang memanfaatkan masa libur panjang dengan cara mudik untuk sekedar melepas kangen atau sekedar menghabiskan waktu di kampung halaman kan tidak salah juga gaes. Mendingan kalian ajak saja orangtua kalian untu berlibur di kampung halaman.

Dan juga mungkin kalian bosan tinggal di perkotaan sehingga mudik ke kampung halaman itu menjadi win win solution daripada harus pergi ke puncak misalnya yang notabene nya setiap hari libur pasti kawasan seperti itu akan padat dan pastinya akan sangat ramai sekali.

Toh juga kan ujian nasional nya sudah selesai dan kalian tinggal menunggu pengumuman kelulusan ujian nasional 2017 lalu kalian bisa kangen-kangen'an dengan kakek maupun nenek kalian itu merupakan hal yang cukup asik kok.

5.) Pergi ke pantai

Traveling ke pantai juga menjadi salah satu aktifitas sehabis ujian yang cukup asik loh gaes , ketika kalian sudah menghadapi soal-soal yang membuat kalian menjadi pusing atau membuat kalian menjadi stres dan pastinya kalian membutuhkan yang namanya refreshing.

Indonesia itu kaya akan pesona indah nya , dan hampir disetiap daerah memiliki destinasi tempat wisata indah yang bisa kalian kunjungi. Salah satu nya adalah pantai , yap pantai adalah salah satu pilihan yang saya rasa sangat tepat sekali.

Ketika kalian memutuskan untuk traveling ke pantai pastinya kalian sudah memiliki tujuan ketika sudah sampai disana , dan kalian pasti tahu kalau pantai itu sangat indah menurut saya dan bisa sedikit meringankan beban otak yang sudah penat dengan soal-soal ujian.

Disana kalian bisa mendapatkan pemandangan indah di pantai yang jarang kalian temui di perkotaan dan kalau kesana rasanya menjadi tenang dan pikiran pun bisa kembali fresh lagi.

6.) Naik gunung

Selain memutuskan untuk pergi ke pantai , mendaki gunung habis ujian juga salah satu aktifitas yang sangat asik sekali loh. Ketika kalian mendaki gunung kalian bakalan merasa bangga sekali bisa melihat keindahan alam yang ada di negara kita sendiri ini.


Tidak sedikit kok anak muda yang sekarang menjadi suka sekali traveling ke puncak gunung karena ya memang sangat asik sekali apalagi kalau kalian kesana bersama teman-tema kalian dan hal yang paling nikmati itu ketika kalian sudah berada di puncak gunung.

Walaupun terkadang hal seperti ini dianggap sedikit tidak seru bagi sebagian anak tetapi kalau yang jiwa nya sudah menyatu dengan alam saya rasa pasti bakalan ketagihan deh naik ke puncak gunung. Dan juga pastinya bisa dijadikan sebagai objek foto yang sangat amat bagus.

7.) Menekuni hobby

Bagi anak-anak yang mungkin memiliki sebuah hobby yang sangat ia sukai maka waktu sehabis ujian nasional itu akan ia manfaatkan untuk menekuni lebih dalam lagi hobby mereka. Karena saya yakin sewaktu masa ujian hoby mereka akan sedikit terhambat karena ia fokus untuk mengerjakan soal.


Nah akhirnya daripada mungkin liburan atau yang lain nya mendingan kalian menekuni hobby dengan baik karena dengan seperti itu pastinya kalian akan lebih mendalami hobby dan suatu saat pasti hobby kalian akan sangat berguna sekali.

Misalkan kalian hobby menari , ya kalian tekuni hobby tersebut agar menjadi penari profesional dan pastinya bisa membanggakan kedua orang tua kalian gan.

8.) Memilih sekolah favorit

Bagi yang masih SD ataupun SMP pasti setelah ujian nasional akan sedikit bingung memilih sekolah favorit yang kalian sukai. Yaa walaupun SMA / SMK juga kebingungan tetapi pasti kalau sudah SMA / SMK ya kalau tidak kuliah bisa langsung kerja.

Nah kalian bisa memanfaatkan waktu sehabis ujian nasional untuk mencari tahu tentang sekolah favorit yang akan kalian tuju nanti. Pastinya semua nya berharap bisa mendapatkan atau bisa berada di sekolah yang sudah mereka inginkan kan gan.

Dan memang ini sedikit membingungkan ya gaes karena kalian ingin sekolah di A yang notabene nya itu adalah sekolah favorit di tempat kalian. Tetapi hasil nem ujian kalian tidak cukup atau kurang sehingga tidak bisa masuk kesitu dan pasti rasanya cukup kecewa ya gaes.

Jadi sebaiknya dalam memilih sekolah favorit itu ya bisa kalian sesuaikan dengan nilai nem ujian kalian gaes , misalkan cukup ya silahkan mask tetapi kalau tidak cukup ya jangan berkecil hati oce.

9.) Menunggu pengumuman kelulusan sekolah

Sebagian siswa mungkin tidak bisa tidur nyenyak bahkan tidak tidur hanya karena menunggu pengumuman kelulusan sekolah yang membuat hati menjadi gegana alias menjadi galau karena mereka takut tidak lulus atau mendapatkan nilai yang tidak diharapkan.

Hal ini pasti bakalan dirasakan oleh semua pelajar karena moment ini lah yang akan ditunggu-tunggu sehabis ujian nasional. Tidak hanya kita tetapi orangtua kita juga pastinya memikirkan hal tersebut dan takut anak nya mendapatkan nilai yang kurang.

Jadi daripada bingung mau ngapain habis ujian ya tidak salah juga kalau misalkan kalian hanya tinggal nunggu pengumuman hasil ujian nasional tersebut.

Menunggu pengumuman hasil ujian sedikit lebih mendebarkan daripada menunggu kepastian.

10. Berdoa

Terakhir adalah dengan berdoa kepada tuhan yang maha esa dan meminta doa agar lulus dengan nilai baik dan pastinya bisa membuat orangtua kita bahagia. Ini cukup penting karena usaha yang baik juga harus diiringi dengan doa yang sempurna.

Yap itulah sedikit tips sehabis ujian nasional yang mungkin bisa kalian lakukan. Nah bagaimana nih gaes bisa dimengerti dan dipahami kan? Kalau misalkan masih belum paham bisa langsung saja bertanya di kolom komentar ya gaes.

Dan baiklah langsung saja kita masuk kedalam inti artikel.

Inti artikel ini adalah..

 
habis kelulusan sekolah ngapain?
Sumber : google.com

Inti artikel kali ini adalah : Menunggu pengumuman kelulusan adalah hal yang pasti akan dilakukan oleh para peserta ataupun pejuang un tahun ini. Semua berharap mendapatkan nilai yang baik dan bisa masuk kedalam sekolah favorit mereka.

Doa adalah hal yang paling terpenting ketika setelah ujian nasional , kalian meminta kepada tuhan untuk diberikan kelancaran dan juga agar bisa mendapatkan nilai ujian yang baik dan bisa membahagiakan kedua orangtua kalian.

Sekian artikel kali ini tentang 10 Tips Sehabis Ujian Nasional yang Bisa Kalian Lakukan Dengan Asik semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya gaes.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan