10 Tips Mengatasi Kejenuhan Saat Terjebak Kemacetan di Jalan Raya
10 Tips Mengatasi Kejenuhan Saat Terjebak Kemacetan di Jalan Raya

10 Tips Mengatasi Kejenuhan Saat Terjebak Kemacetan di Jalan Raya

mengisi waktu disaat kena macet
Kemacetan di jalan raya sudah menjadi hal yang tidak aneh  bagi warga masyarakat yang memang kegiatan sehari-hari nya selalu berurusan dengan yang namanya kemacetan.  Penyebab terjadinya kemacetan ini sendiri ya memang banyak sekali, contohnya seperti bertambah nya angka kendaraan di indonesia.

Tidak bisa dipungkiri lagi memang angka maupun jumlah kendaraan setiap tahun nya selalu meningkat dan saat ini masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan alat transportasi umum.

Pemerintah nampaknya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membangun infrasturktur untuk memecahkan kemacetan yang setiap harinya bisa dibilang semakin parah. Terutama di wilayah jakarta yang notabene nya sebagai ibu kota indonesia dan menjadi titik pusat sebuah kantor.

Tidak hanya di jakarta saja sih, seperti contoh nya kemacetan di wilayah bandung terutama saat tiba hari libur panjang wah bisa kalian bayangkan deh seperti apa padat nya lalu lintas disana, belum lagi banyak sekali objek wisata yang keren semakin menambah minat wisatawan untuk berkujung kesana.

Membeli kendaraan pribadi saat ini bukan menjadi hal yang istimewa sekali mungkin ya, karena sudah sebagian masyarakat indonesia ya memiliki penghasilan yang cukup sehingga berfikir bahwa dengan membeli kendaraan bisa mempermudah dan memperlancar kegiatan mereka sehari-hari.

Kalau di jepang atau diluar negeri sana kalau yang saya baca itu kebanyakan mereka malah kebalikan nya dengan warga indonesia, mereka lebih senang menggunakan moda transportasi seperti subway, bus, atau yang lain nya dibandingkan megendarai kendaraan pribadi.

Bukan karen mereka tidak memiliki mobil atau kendaraan lain nya, justru disana mereka banyak kok yang memiliki kendaraan pribadi. Cuman yang membedakan dengan masyarakat indonesia adalah mereka lebih senang menggunakan train, subway dll dibandingkan dengan kendaraan pribadi dengan alasan lebih cepat dan praktis.

Memang benar sih kalau disana kan moda transportasi nya juga sudah canggih sekali, jadi mereka mengangap lebih baik menggunakan moda transportasi dibandingkan membawa kendaraan pribadi sendiri. Dan itu sebaiknya dicontoh oleh masyarakat indonesia ya gaes.

Seperti contohnya pemerintah Dki Jakarta deh yang seperti saat ini kalian ketahui, mereka sedang berusaha mencari cari mengenai gimana biar masyarakat bisa pindah ke moda transportasi umum demi mengurangi angka kemacetan di Jakarta.

Penyebab masyarakat kurang minat menggunakan angktan umum seperti busway dan lain-lain mungkin takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan mungkin ya gaes. Jadi kalau misalkan masih ada indikasi keahatan juga kan msyarakat jadi malas menggunakan angkutan umum.

Sebenarnya yang diharapkan masyarakat adalah bisa Naik angkutan umum dengan aman karena ya kalian tahu sendiri lah kejadian beberapa waktu yang lalu mengenai penyanderaan di angkutan umum yang mungkin itu menjadi salah satu penyebab masyarakat kurang minat naik angkutan umum.

Saya pribadi kadang suka naik angkutan umum dan kalau pandangan saya sendiri sih memang masih banyak yang harus dibenahi lagi seperti kurang-kurangin berhenti sembarangan di jalan dan sebagainya. Saya rasa kalau sudah aman, nyaman nantinya juga masyarakat akan pindah ke angkutan umum dan pasti angka kemacetan berkurang.

Tadi diatas saya katakan bahwa Faktor kepadatan lalu lintas ya tidak jauh dari angka kendaraan yang semakin bertambah, nah semua pengemudi kendaraan pasti mengalami rasa jenuh saat terjebak macet dan itu pasti dialami oleh banyak orang.

Coba deh kalian bayangkan misalkan kalian ingin berangkat ke kantor, atau berangkat ke sekolah lalu terjebak kemacetan dan waktu berjalan hingga akhirnya kalian telat masuk kantor. Nah pasti kalian akan kesal sekali bukan?
 

Memang itu salah satu moment yang sangat mengesalkan ya gaes, terjebak kemacetan ditambah telat masuk kantor atau masuk sekolah belum lagi kalau dimarahin atasan wah ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga lalu jatuh lagi gitu loh wkwwk.

Setiap karakteristik pengemudi kan berbeda-beda ya gaes, mungkin ada yang suah terbiasa dengan jadwal kemacetan lalu lintas sehingga terbiasa kena macet dan ada juga yang belum terbiasa macet-macetan dakhirnya menjadi jenuh.

Jenuh ketika berkendara terutama kena macet memang harus bisa kalian lawan, dan juga ya tidak semua pengendara paham mengenai cara terbaik saat bosan di kemacetan dan menurut saya kalian harus paha mengenai hal itu loh gaes.

Sebab daripada bt atau pusing karena memikirkan padat nya lalu lintas yang semakin membuat pusing 7 keliling dan jenuh maka pas sekali nih gaes. Kali ini saya akan sedikit membagikan tips yang bemanfaat sekali bagi kalian yaitu tips asik mengatasi bosan saat terjebak kemacetan.

Penasaran seperti apa tips yang akan saya bagikan kali ini? Yuks kalau begitu daripada penasaran silahkan disimak baik-baik ya gaes.

Solusi Memerangi Rasa Bosan di Kemacetan Lalu Lintas

 

Kalian pasti bakalan bosan saat terjebak kemacetan gaes apalagi kalau sudah diburu-buru oleh waktu wah bakalan makin nambah pikiran deh, nah banyak banget pengemudi kendaraan yang bingung mau ngapain saat macet. Berikut saya jelaskan mengenai tips mengatasi bosan saat macet.

1.) Berangkat Lebih Awal

 

Cara ini terbilang cukup simple sekali, pasalnya pasti semua orang akan melakukan hal ini agar tidak terjebak kemacetan dimana sebisa mungkin kita berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan yang membuat kita menjadi jenuh.

Misalkan seharusnya jadwal masuk kantor pukul 06:30 nah kalian bisa men-siasati nya dengan berangkat pada pukul 05:45 atau jam berapa saja yang penting kalian kira-kira saja jam rawan kemacetan yang harus kalian waspadai.

Dengan menggunakan cara ini kalian bisa terhindar dari kemacetan lalu tidak menjadi jenuh dan bisa datang di kantor tepat waktu, walaupun ya cara ini sedikit rumit dikarenakan mungkin ada yang susah bangun tidur pagi karena malam nya begadang atau yang lain nya.

Alangkah lebih baik misalkan kalian berangkat lebih awal dari jadwal biasanya untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang membuat kalian kesal dan jenuh, cara ini juga dipakai oleh banyak orang kok gaes.

2.)  Pilih Kendaraan Yang Nyaman


Langkah selanjutnya dalam mengatasi kejenuhan saat macet adalah kalian bisa pilih kendaraan yang nyaman dan juga aman, ini berlaku bagi masyarakat yang mungkin belum memiliki kendaraan pribadi maka hal ini bisa kalian lakukan.

Memilih kendaraan yang nyaman memang perlu sekali karena segala sesuatu kalau misalkan sudah nyaman, aman pasti akan berjalan dengan baik. Sama halnya misalkan kalian terjebak kemacetan dimana pasti pusing, jenuh dan segala macam bercampur menjadi satu.

Nah ini berguna nih misalkan kalian biasa naik angkutan seperti transjakarta atau yang lain nya, nah kalian bisa memilih tempat duduk yang kalian rasa nyaman, aman dan bisa membuat kalian betah. Jadi ketika terjebak kemacetan lalu lintas kalian hanya tinggal menunggu saja.

Kalau kalian menggunakan transjakarta lalu tidak memilih posisi duduk yang nyaman kan kalian juga yang tersiksa belum lagi kalau berdiri wah capek banget kan. Jadi alangkah lebih baik kalian pilih kendaraan yang nyaman agar tidak bosan saat macet.


3.) Posisikan Tempat Duduk Senyaman Mungkin


Nah solusi mencegah boring saat macet yang selanjutnya adalah kalian bisa memposisikan tempat duduk kalian senyaman mungkin, bagi yang naik kendaraan pribadi seperti mobil maka bisa mengatur posisi duduk yang nyaman agar tidak cepat pegal dan jenuh.

Tips yang satu ini juga cukup ampuh ya, karena posisi duduk yang tidak nyaman atau kurang nyaman bisa membuat kita menjadi cepat bosan. Hal itu disebabkan karena kita belum dapat posisi yang pas sehingga saat kena macet menjadi gampang sekali jenuh.

Ibaratnya seperti ini, ketika kalian dikamar dan ingin tiduran di kasur pasti yang kalian harapkan adalah bisa tiduran di kasur dengan nyaman kan gaes. Nah sam halnya dengan mengatasi rasa jenuh di kemacetan ya kalian bisa terapkan cara ini.

Kalau posisi duduk sudah nyaman, sudah pas maka kalian akan merasa enjoy alias tidak pusing sehingga saat terjebak kepadatan lalu lintas ya kalian biasa saja toh posisi duduk sudah nyaman kan enak.


4.) Bermain Handphone


Selanjutnya adalah, ketika macet otomatis kan posisi kendaraan menjadi berhenti kan gaes alias tidak dalam posisi sedang jalan. Nah daripada kalian bt saat terjebak macet tidak ada salahnya kalau kalian bermain handphone saja.

Pasti kalian kemana-mana membawa handphone kalian kan? nah menurut saya ya tidak ada salahnya bermain handphone saat macet, karena kan posisi nya sedang berhenti kecuali sedang jalan lalu main handphone nah baru deh bahaya.

Gapapa sih kalau menurut pendapat saya sendiri, tapi ya balik lagi daripada kalian jenuh saat di kemacetan dan bingung mau ngapain ya mendingan main handphone saja. Kan kalau main handphone bisa menjadi lebih asik dan rasa jenuh di kemacetan hilang.

Tetapi satu hal yang harus kalian ingat adalah, ketika sudah selesai macet langsung kalian taruh kembali handphone kalian. Karena banyak sekali bahaya menggunakan handphone saat berkendara yang bisa mengancam kalian, so main handphone nya saat dalam keadaan berhenti saja ya gengs.


5.) Ajak Teman untuk Berangkat Bareng


Tidak ada salah nya untuk mengajak teman berangkat bareng dengan kalian, toh daripada sendirian di kendaraan kan mendingan kalian ajak saja teman kalian untuk nebeng bareng. Lagian juga kan ini bisa menyelesaikan dan mengatasi rasa bosan saat macet.

Kenapa seperti itu? karena kalau kalian mengendarai kendaraan sendiri kan pasti bakalan bosan atau merasa sepi dan tidak ada teman untuk ngobrol. Jadi silahkan saja kalian ajak sahabat atau teman kantor kalian untuk gabung bareng kalian.

Toh kalian satu arah dan satu tujuan kan jadi tidak ada masalah nya juga. Kalau ada teman kan kita bisa saling ngobrol, saling cerita, sehingga rasa bosan saat macet itu bisa hilang karena ada teman untuk ngobrol yang buat kita menjadi lebih semangat.

Asalkan teman yang kalian ajak bareng itu teman yang 1 tujuan ya gaes, jangan teman yang tidak 1 tujuan kalian ajak bareng kalau itu sih malah membuat kalian jadi telat masuk kantor deh.


6.) Bawa Cemilan


Nah kalau yang satu ini sih memang saya rasa sudah dlakuin sama semua pengemudi dalam antisipasi rasa jenuh di kemacetan yaitu membawa cemilan yang bisa dimakan saat terjebak kepadatan lalu lintas. Kalian bisa bawa dari rumah atau beli di abang-abang juga tidak apa-apa.

Saya sendiri Ketika melakukan perjalanan jauh ya pasti bawa cemilan yang ringan-ringan saja seperti chiki, kripik atau yang lain nya. Hal ini dilakukan untuk langkah agar tidak bosan saat macet jadi ketika kalian bosan tinggal kalian makan saja deh cemilan tadi.

Jadi daripada nunggu macet nya selesai kan tidak jelas kapan selesai nya tuh, nah kalau kalian bosan ya tinggal kalian beli saja cemilan murah meriah yang banyak djual di toko-toko atau kalian bikin saja sendiri dirumah.

Efektif kah? kalau bicara efektif atau tidak jelas sangat efektif sekali, tidak hanyamenunggu kemacetan saja tetapi kalau kalian bosan dirumah juga kalian tinggal nyemil saja pasti mood kalian akan membaik lagi deh.


7.) Memutar Lagu Favorit


Kalau yang satu ini sih pasti udah pada tahu ya, ketika kalian bosan terjebak kemacetan maka langkah yang paling efektif selain nyemil adalah dengan memutar lagu favorit atau lagu yang sangat kalian sukai dan bisa menaikan mood kalian menjadi tidak jenuh lagi.

Dengan cara ini kalian bisa menjadi lebih bahagia karena mendengarkan musik kesukaan kalian, sekarang kan banyak tuh Aplikasi streaming music yang bisa kalian coba untuk mendengarkan lagu dengan mudah dan pastinya tanpa ribet.

Kalau yang naik mobil pribadi ya bisa stel di head unit atau di audio nya untuk mendengarkan musik di mobil atau menggunakan headset juga tidak masalah, kalau yang naik motor ya bisa pakai headset juga kan gaes.

Tetapi volume nya jangan kencang-kencang sekali karena kan bahaya mendengarkan musik dengan volume keras itu banyak sekali dan pastinya bisa merusak pendengaran kita. Jadi ya setel music yang slowly saja.


8.) Sarapan Pagi


Kalau dirasa nyemil masih kurang juga maka kalian bisa membawa bekal untuk dimakan dijalan saat terjebak kemacetan, jadi misalkan kalian buru-buru berangkat agar terhindar dari kemacetan lalu lupa sarapan nah silahkan deh kalian bawa bekal dan sarapan.

Karena perut yang kosong atau hanya diisi dengan jajanan seperti chiki dll itu ya tidak akan membuat kenyang, jadi kalian bisa bawa bekal dari rumah lalu dimakan saat diperjalanan dan saat terjebak kemacetan untuk mengatasi rasa bosan di jalan.

Perut lapar, lalu pikiran kosong ditambah bosen saat macet wah apa ga pingsan di jalan tuh wkwkw, pasti kan ga ada yang mau pingsan di kendaraan hanya karena lapar dan bosan saat macet. Jadi solusi nya ya bawa bekal dan sarapan di kendaraan.

Tidak perlu malu kalau misalkan kalian bawa mobil kan bisa makan di dalam, nah kalau bawa motor ya tidak masalah lah melipir sebentar ke warung lalu sarapan dahulu sembari menunggu macet selesai yang pasti nya membosankan sekali.
  

9.) Mencari Update Lalu Lintas


Makan sudah, nyemil sudah, dengar lagu juga sudah tapi pasti diantara kalian masih ada saja yang bingung mengenai penyebab terjadinya kemacetan di jalan raya dan pasti kalian ingin  tahu kan bagaimana arus lalu lintasnya.

Nah daripada bosen mendingan kalian cari saja Informasi lalu lintas untuk memantau jalan nya kondisi lalu lintas terkini dan kalian bisa tahu penyebab macet nya karena apa jadi kan kalian juga tidak penasaran lagi kalau sudah melihat pantauan terkini lalu lintas.

Banyak kok aplikasi pantauan lalu lintas yang bisa kalian download atau lihat di twitter polda metro jaya juga kadang ada kok update nya mengenai titik kemacetan lalu penyebab kemacetan dan lain-lain yang bisa kalian akses sendiri.

Sekaligus untuk melihat panjang kemacetan yang terjadi seperti apa, jadi kalian bisa mengira-ngira tentan panjang nya seberapa dan kira-kira kapan kemacetan akan terurai dengan baik.


10.) Membaca koran / buku


Tips mengatasi rasa jenuh saat macet yang terakhir adalah dengan membaca buku atau membaca koran yang berisi info atau berita terbaru. Kalau misalkan masih ada tugas yang belum kalian kerjakan juga bisa kalian kerjakan di kendaraan kalian.

Karena menurut saya minat membaca masyarakat indonesia ini sangat minim sekali, jadi ahrus bisa menyempatkan membaca buku untuk menambah ilmu dan juyga menambah wawasan kita agar menjadi lebih baik lagi.

Dan tidak ada salahnya kok mengisi waktu dengan baca buku itumalah bagus sekali dan pastinya memiliki manfaat yang baik bagi diri kita sendiri.

Jadi daripada bosan silahkan baca buku, koran, maupun komik yang sekiranya menambah ilmu dan wawasan kita sendiri.

Nah diatas adalah ilmu yang saya bagikan mengenai solusi bosan saat terjebak macet yang bisa kalian lakukan sendiri. Bagaimana guys apakah artikel kepadatan lalu lintas kali ini cukup membantu kalian? Kalau ada yang kurang silahkan tinggalkan di kolom komentar saja gan.

Dan baiklah langsung saja kita masuk kedalam inti artikel ini yuk gaes. Cekidotsss!

Inti artikel ini adalah..

kepadatan lalu lintas di indonesia


Inti artikel kali ini adalah, dalam mengatasi kejenuhan saat macet ya usahakan kalian isi dengan hal-hal yang positif serta bermanfaat bagi diri kalian sendiri. Kalau yang saya paling saranin sih membaca buku ya gaes karena kan banyak sekali manfaatnya.

Dan sama satu lagi jangan emosi saat berkendara di kemacetan, karena kalau misalkan emosi saat berkendara itu juga kan tidak baik nanti yang ada malah menimbulkan sebuah masalah dan tambah pusing deh.

Sekian artikel kali ini mengenai 10 Tips Mengatasi Kejenuhan Saat Terjebak Kemacetan di Jalan Raya semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya gaes.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan