Taktik Jitu Mencegah dan Mengatasi Penipuan Transaksi Jual Beli Online
Taktik Jitu Mencegah dan Mengatasi Penipuan Transaksi Jual Beli Online

Taktik Jitu Mencegah dan Mengatasi Penipuan Transaksi Jual Beli Online

Solusi Jitu Mengatasi Penipuan Jual Beli Online

Cara menghindari penipuan online

FerdiansBlog - Hallo gaes kembali lagi bersama kami, di artikel sebelumnya, kita membahas tentang cara mengubah tampilan template pada blog . nah kali ini juga kita masih membahas tentang seputar tips and trik yang mungkin bisa kalian lakukan atau praktekan sendiri dengan mudah dan pastinya sangat gampang dipahami.

Online Shop mungkin kalian sudah tidak asing lagi ya gaes dengan yang namanya online shop, atau yang biasa kita bilang dengan berbelanja online yang mudah dan praktis.

Mungkin diantara kalian yang sedang membaca artikel ini sangat suka sekali dengan yang namanya berbelanja online. semakin berkembang nya teknologi maka semakin banyak juga inovasi-inovasi baru yang bermunculan.

Seperti contohnya toko-toko online yang sekarang sudah banyak bermuculan, memang bisnis yang satu ini menurut saya sangat menjanjikan sekali bagi kita ya.

Seperti sekarang, sekarang itu jaman sudah serba canggih-canggih gaes, kalian mau bepergian kemana saja juga bisa secara online, kok bisa? karena ada aplikasi nya yaitu ojek online.

Bayangkan, dulu kalau kita mau berpergian menggunakan ojek, kita harus pergi ke pangkalan ojek nya terlebih dahulu, eh tetapi? kalian hanya tinggal duduk manis dirumah dan ojek online kalian akan datang deh ke alamat kalian.

Sungguh enak bukan? belum lagi jaman sekarang sudah ada yang namanya toko2 online yang memberikan harga sangat murah dibanding harga di mall atau yang lainnya.

Seperti saya pernah beli sepasang sepatu di salah satu mall dengan harga sekitar 40^an lah, nah saat saya cek harga di toko online, harga nya beda jauh sekaliii, berbanding 75% loh. wow.

Baca Juga

Nah, itulah jaman sekrang kan sudah serba canggih-canggih, sudah semua nya bisa dibilang serba online lah ya, tinggal kalian nya saja bisa atau tidak memanfaatkan perkembangan ini?

Apaa lagi yang mau kalian keluhkan? handphone? saya rasa kalian sudah punya handphone semua ya, kuota internet? wifi corner banyak gaes, kalian ke caffe saja nanti tinggal minta deh password wifi di sana.

Gampang bukan? semuanya sekarang sudah serba gampang kok, tinggal kitanya aja niat atau enggak buat nentuin kedepannya, asalkan ada NIAT pasti bisa tercapai kok.

Toko-toko online sekarang juga mulai bisa kalian jadikan referensi untuk yang ingin memulai bisnis, karena memang minat masyarakat yang cukup banyak, menjadikan bisnis ini dirasa menguntungkan.

Lihat Juga Artikel : Daftar Toko-Toko Online Terpercaya Di Indonesia

Kalian juga bisa kok buka toko online sendiri, sekarang kan sudah ada yang menyediakan temoat nya, seperti contoh nya bukalapak , tokopedia , lazada dan masih banyak sekali yang lainnya.

Sudah ada tempatnya, tinggal kalian saja memiliki kemauan atau tidak untuk usaha itu, buka toko online juga tidak begitu susah kok kerjanya, kalian hanya tinggal memasarkan produk yang kalian ingin jual saja.

Nah, nanti kalau sudah ada yang ingin membeli produk nya ya tinggal kalian packing saja habis itu kalian kirim deh ke alamat sang pembeli.

Simple kan?

Kalian kalau ingin berbelanja online juga tidak perlu takut dengan yang namanya penipuan. karena apa, seperti contohnya bukapalak , itu kalau barang yang kalian pesan tidak sampai di alamat kalian, maka uang kalian akan dikembalikan 100%.

Jadi, kalian akan aman-aman saja, kalaupun memang ada seller yang nakal pun kalian tidak perlu takut, soalnya uang kalian akan kembali lagi 100% tanpa kekurangan sedikit pun.

Hm, mungkin saya akan sedikit bercerita pengalaman saya waktu berbelanja online di sebuah online shop ya.

Jadi, saya inget sekali pertama kali saya menggunakan layanan online shop itu waktu saya memesan sebuah kamera yang pada saat itu sedang ada diskon yang cukup menggiurkan.

Tetapi, sebelum saya membeli barang itu, saya sedikit mencari referensi di google tentang sistem belanja online tuh seperti apa.

Setelah saya sudah mencari dan membaca referensi itu tadi, jadilah akhirnya saya beli itu barang, saya sempat khawatir kalau barang itu tidak sampai sesuai dengan yang saya pesan.

Soalnya pada waktu itu sedang heboh tentang penipuan online yang memang cukup ramai diperbincangkan pada saat itu.

Setelah akhirnya saya menunggu kurang lebih 3hari, sampailah itu barang yang dikirim oleh pihal seller, akhirnya setelah barang sudah sampai, ya saya cek dulu dong barang itu.

Setelah saya cek lebih detail, alhamdulillah barang itu memang sesuai dengan pesanan saya pada saat itu, hm setelah barang sampai dan saya cek, ya memang betul, berbelanja online itu memang sangat simple sekali.

Toko online yang pada saat itu saya pesan juga responsiv sekali, dalam artian, si seller sangat respon sekali terhadap calon pembeli nya, mulai dari menanyakan spesifikasi lengkap nya pun ia jawab.

Kadang-kadang kan ada tuh yang suka agak lama respon nya, nah kalau yang seller saya waktu itu memang respon nya sangat cepat sekali.

Akhirnya, setelah saya puas dengan pesanan saya, ya sudah kewajiban kita untuk memberikan feedback positif kepada si penjual itu tadi.

Kenapa kita wajib memberikan feedback positif? karena, itu bisa kita jadikan sebagai istilahnya ungkapan terima kasih kepada sang penjual itu.

Karena, kalau yang saya sering lihat, masyaakat indonesia itu mayoritas nya malas sekali untuk hanya sekedar memberikan feedback kepada penjual.

Alasan nya mungkin malas , ga penting , atau yang lainnya, padahal bagi si penjual, itu sangat mereka butuhkan untuk usaha mereka, kalau kalian malas memberikan feedback seharusnya kalian ya sedikit iba ya.

Karena dari situ kalian bisa membuat si penjual diyakini oleh semua calon pembeli, kalau si penjual ini tuh aman , dan baik sekali dalam pelayanan nyaa.

Karena apa, orang yang biasanya ingin menggunakan layanan online shop itu yang pertama kali mereka lihat adalah feedback nya. kalau feedback nya jelek berarti ini seller tidak beres.

Lain lagi kalau isi feedback positif  semua, pasti bakalan dipercayai oleh pelanggan kalian deh, hm sama satu lagi yang pertama kali pembeli lihat itu adalah harga nya.

Kenapa harga nya? karena memang terkadang di masing-masing seller itu harga ya berbeda beda, misalkan, di seller ( A ) harga nya Rp.350.000. sedangkan di seller ( B ) harganya Rp.250.000.

Kira-kira kalian pilih seller A atau seller B? saya yakin pasti kalian akan lebih memilih seller B kan, karena apa? karena harga nya lebih murah dibandingkan seller A.

Oke, mungkin banyak diantara kalian yang masih takut atau masih ragu dengan layanan online shop ini, entah takut ditipu atau yang lainnya, kalian penasaran ga sih bagaimana agar tidak tertipu oleh online shop? kalau penasaran, silahkan kalian simak artikel ini lebih lanjut.

Taktik Mencegah Modus Penipuan Onlineshop

  • Pertama, sebelum kalian ingin memutuskan untuk berbelanja online , kalian harus dan wajib yang namanya memilih toko2 online yang sudah banyak sekali feedback positif nya. agar apa? agar kalian merasa percaya oleh seller itu.
  • Kedua, jangan pernah mau yang namanya transfer uang terlebih dahulu, kalau misalkan kalian disuruh untuk men-transfer uang dahulu, sudah pasti 99% kalian akan ditipu oleh seller. jai, jangan mau kalian transfer uang duluan ya gaes.
  • Ketiga, kalau misalkan kalian berbalanja online melalui forum-forum seperti kaskus , dll. usahakan tanyakan terlebih dahulu reputasi dari sang penjual itu, gunanya iuntuk meyakinkan kemanan dari si penjual itu tadi. kalau reputasi nya bagus ya berarti aman.
  • Keempat, minta identitas dari sang penjual, dengan cara ini kalian bisa mengetahui identitas dari sang penjl, mungkin bisa berupa ktp , sim , atau yang lainnya. tetapi kalian cek terlebih dahulu, karena biasanya banyak yang memakai identitas palsu.
  • Kelima, selalu gunakan jasa rekber , alias  rekenig bersama. dengan cara ini, kalian bisa aman sekali, karena dengan sistem ini, apabila barang yang kalian pesa tidak sampai-sampai juga, maka uangh kalian akan kembali 100% tanpa berkurang sedikit pun. ya untuk meminimalisis terjadinya penipuan online gaes.

Jadi intinya, berbelanja online itu sebenarnya sangat asik dan simple, tinggal kita nya saja bisa saling percaya atau tidak kepada sang penjual maupun sang calon pembeli.

Kalau kalian sudah saling percaya satu sama lain, yasudah kalian lakukan saja  transaksi online itu tadi, tetapi sebelumnya, kalian meang wajib mengetahui terlebih dahulu reputasi dan identitas dari sang calon penjual maupun sang calon pembeli.

Itulah sedikit tips yang bisa saya berikan kepada kalian, ya memang cukup sederhana sih, tetapi bisa diminimalisir kan lah agar tidak terjadi hal-hal yng tidak diinginkan ya gaes, tetap nantikan artikel selanjutnya dari FerdiansBlog ya gaes.

Sekian artikel kali ini tentang Cara Menghindari Penipuan Dalam Berbelanja Online. 

Terima kasih.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan