6 Penyebab Anak Remaja Sering Keluar Malam Dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Anak Remaja Sering Keluar Malam Dan Cara Mengatasinya

Pergaulan anak jaman sekarang sudah sangat berubah sekali dengan pergaulan anak jaman dahulu, kalau misalkan anak jaman dahulu pasti kalau misalkan main selalu ingat dengan yang namanya waktu. Tetapi beda dengan anak sekarang yang bisa dibilang hampir tidak ingat dengan waktu.

Belum lagi anak sekarang sangat sering sekali yang namanya keluar saat malam hari dan pulang kerumah saat sudah pagi hari. Pasti kalian pernah kan memiliki teman yang mungkin selalu berpergian di malam hari dan pulangnya selalu pagi hari.

Sebenarnya apa yang dilakukan remaja saat keluar tengah malam? apakah mereka hanya main-main saja? atau mereka melakukan hall-hal yang berbau negatif? walaupun dari sebagian pengakuan remaja yang ditanya oleh orangtua nya ya mereka hanya menjawab " main sama temen doang ".

Memang benar sekali kalau misalkan masa-masa remaja adalah masa dimana kita bisa menemukan jati diri kita yang sesungguhnya, dimana di masa-masa remaja mereka berfikir bahwa ia bebas melakukan apapun itu termasuk keluar pada saat tengah malam.

Mungkin di pikiran para orangtua nya mereka selalu memikirkan kenapa anak saya selalu keluar malam? kalau misalkan keluar malam apakah mereka mengetahui bahaya atau dampak yang akan terjadi suatu saat?
Mengatasi anak yang suka keluyuran malam hari

Kalau misalkan hanya sekedar nongkorng-nongkrong sih menurut saya masih aman lah ya gaes, tetapi kalau misalkan mereka sampai meng-konsumsi obat-obatan lalu minum-minuman keras bahkan sampai ada yang berani meng-konsumsi narkoba dimana sudah jelas ada larangan meng-konsumsi narkoba dan sebagainya.

Kalau sudah seperti itu kan pasti banyak sekali dampak yang akan dirasakan oleh si anak tersebut dan itu lah yang dikhawatirkan oleh para orangtua yang anak nya sering keluar malam. Apakah hal itu yang disebut dengan pengaruh pergaulan anak jaman sekarang?.

Para orangtua diluar sana masih bertanya-tanya mengenai penyebab anak sering keluar malam dimana para orangtua sebenarnya mengharapkan anaknya bisa dirumah, tidak keluyuran kemana-mana dan pastinya semua orangtua pasti takut anakanya terjerumus hal-hal negatif yang membahayakan dirinya.

Seperti yang kalian ketahui ya gaes beberapa waktu yang lalu di sosial media ramai mengenai anak-anak remaja gangster yang mengancam keamanan warga di sekitar nya. Saya sendiri sih ya sangat miris ya melihat kelakukan remaja-remaja yang dengan gagahnya berani membacok orang lain.

Sedih loh melihat anak remaja yang dimana di umur segitu seharusnya mereka masih berussaha untuk mengejar mimpi nya lalu sibuk belajar dan bukan sibuk mencari keributan diluar sana. Kalau misalkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pasti yang disalahi adalah orangtua karena dinilai tidak bisa mendidik anak yang baik.

Sebenarnya banyak sekali pemicu anak sering keluar malam dan salah satu pemicu nya adalah pergaulan yang salah. Karena saat ini fenomena pergaulan anak jaman sekarang ya sangat susah sekali ditebak nya dan saya pernah membuat artikel nya di sini : Fenomena Anak Jaman Sekarang

Faktor pegaulan lah yang membuat anak tersebut berubah sangat drastis sekali, misalkan contohnya adalah sebut saja nama samaran nya andi ya gaes. Dulu si andi ini adalah anak yang bisa dibilang sangat baik sekali dan pastinya jarang sekali keluar malam untuk bermian bersama teman-teman nya.

Lihat Juga Artikel : Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Game Online

Tetapi begitu ia kenal dengan seorang teman nya si andi ini berubah sanagt drastis sekali. Dimana dulunya ia adalah anak yang sangat rajin, patuh dengan orangtua tetapi ketika ia kenal dengan teman barunya sifat dia langsung berubah.

Nah itulah kenapa kita harus bisa tahu mengenai cara mengatasi anak yang susah diatur ya gaes karena ya dampak terhadap sifat nya itu pasti akan berubah secara drastis dan itulah yang harus kita waspadai serta kita patut curigai.

Dan yang perlu kalian ketahui juga bahwa dibalik anak remaja yang sering keluar pada saat malam hari, disitulah terdapat orangtua yang kebingungan mencari solusi agar anak betah dirumah. Jadi kalian harus tahu mengenai perjuangan orang tua dalam mendidik anak supaya menjadi lebih baik lagi.

Kita sebisa mungkin mencari alasan kenapa anak sering keluar malam dan mencari juga bagaimana cara mengatasinya. Nah kebetulan sekali kali ini saya akan sedikit memberikan info dan tips yang mungkin akan bermanfaat bagi kita semua.

Pertama saya akan membagikan info mengenai penyebab utama anak sering keluar malam. Penasaran seperti apa info yang akan saya bagikan kali ini? Yuk langsung saja kita masuk kedalam pembahasan pertama ini gaes. Cekidotss!

6 Faktor Yang Mempengaruhi Anak Sering Keluar Malam


Banyak sekali hal yang harus kita ketahui disaat anak sering sekali keluar malam dan mungkin ini adalah sebuah ke-khawatiran bagi banyak orang tua. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai penyebab anak sring keluar malam dan berikut adalah penjelasan nya :

1.) Merasa Kurang Diperhatikan


Semua anak pasti mengharapkan perhatian serta kasih sayang dari orang tua nya, tetapi terkadanga da saja anak yang merasa dirinya kurang diperhatikan dan kurang diberikan rasa kasih sayang oleh orang tuanya sehingga ia berfikir bahwa dirinya tidak penting di kehidupan orang tuanya.

Menurut saya itu adalah salah satu penyebab anak sering keluar malam ya karena ia memiliki pikiran bahwa dia sudah tidak diperhatikan lagi oleh orangtuanya. Bisa jadi karena orang tuanya mungkin sangat sibuk kerja sehingga ia lupa memperhatikan anaknya dan itu bisa saja terjadi loh.

Yang diharapkan dari anak itu sendiri ya ia ingin mendapatkan perhatian yang lebih dan saya rasa kalau misalkan dari orang tuanya memberikan perhatian saya rasa anak tersebut tidak akan keluar malam lagi kok. Jadi ya sebagai orang tua sudah sepatutnya untuk memberikan perhatian yang lebih untuk anak nya sendiri.

Mau se-sibuk apaun sebaiknya ya berikan perhatian kepada buah hati tercinta nya agar anak tidak sering keluar malam dan lebih betah untk dirumah.

2.) Tidak Diberikan Waktu Untuk Bermain


Sejatinya yang dibutuhkan dari anak-naka remaja itu hanyalah ingin bermain bersama dengan teman-teman nya, mungkin penyebab anak sering keluar malam itu ya akrena ia nekat pergi lantaran tidak diberikan izin oleh orangtunya untuk bermian.

Sudah banyaki sekali kejadian anak yang kurang diberikanw aktu untuk bermian sehingga ia nekat untuk nongkorng saat malam hari dan balik lagi ya karena si anak itu merasa tidak diberikan kebebasan untuk bersenang-senang dengan teman sebaya nya.

Ini juga bisa menjadi pemicu remaja sering keluyuran malam hari mereka berpikir bahwa " ah kok gue gabisa kayak yang lain sih main sebebasnya " nah pikiran seperti itulah yang terkadang membuat anak menjadi nekat untuk pergi keluar rumah saat malam hari.

Sebenarnya serba salah sih ya, pertama orang tua melarang anak nya main karena mereka takut anaknya terjerumus dalam hal yang tidak benar, dan kedua anak tersebut merasa tidak diberikan waktu bersenang-senang dengan teman nya sehingga menyebabkan anak sering keluar malam.

3.) Selalu Dikekang 



Penyebab anak sering keluar malam yang selanjutnya adalah karena anak tersebut selalu di kekang oleh orang tua nya. Sebagian anak berani melakukan hal nekat seperti kabur di malam hari lantaran ia bosan karena selalu dikekang atau tidak diberikan kebebasan oleh orang tuanya.

Dan ini sekali lagi adalah bisa dibilang sebuah kesalah pahaman ya gaes, sama seperti di nomor 2 tadi. Orang tua berlaku seperti itu ya karena tidak lain dan tidak bukan karena ia takt anaknya masuk ke jalan yang salah dan disisi lain nya anak tersebut merasa di kekang oleh orangtuanya.

Sebenarnya banyak remaja yang bertanya mengenai kenapa orang tua saya selalu meng-kekang saya? jawaban nya adalah karena orang tua kalian sayang kepada kalian. Tidak mungkin orang tua kalian melakukan hal itu tanpa didasari oleh suatu hal.

Ketika kalian di kekang oleh orang tua kalian itu bukan berarti mereka tidak sayang oleh kalian, justru itu adalah bentuk kasih sayang yang diberikan oleh orang tua terhadap anak nya lantaran takut anaknya berbuat yang macam-macam diluar sana.

4.) Bosan


Bosan adalah salah satu pemicu anak sering keluar malam yang selanjutnya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa rasa bosan atau jenuh itu ya pasti dialami oleh semua orang termasuk anak-anak. Rasa bosan dirumah bisa jadi merupakan penyebab anak sering keluar malam.

Si anak ini merasa bosan dirumah dimana mungkin kalau dirumah ia hanya main handphone, makan, tidur dan setiap hari hanya seperti itu. Ia berfikir tentang bagaimana caranya agar tidak bosan dirumah dan pilihan nya adalah dengan cara keluar rumah pada saat malam hari.

Seharusnya sih kalau misalkan si anak tersebut bisa memanfaatkan waktu nya dirumah dengan baik ya anak tersebut tidak akan merasa bosan ya gaes, karena mungkin ia hanya tahu nya main handphone saja akhirnya bosan lalu memutuskan keluar malam tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Jadi ya sebisa mungkin kita harus tahu mengenai cara agar anak tidak bosan dirumah sehingga anak tersebut tidak berani untuk keluar pada saat malam hari.

5.) Merasa Sepi



Ketika anak itu merasa sepi maka itu bisa menjadi salah satu alasan anak sering keluyuran malam hari dimana anak tersebut ingin mencari teman atau sahabat untuk menemani dirinya. Banyak anak yang merasa hidupnya sepi lalu ia memutuskan untuk pergi bermain.

Sebenarnya ya sah-sah saja kalau misalkan si anak ini ingin mencari teman sejati untuk menemani kesepian nya, dan saya sudah membuatkan artikel ya loh mengenai Cara Memilih Teman Sejati Yang Baik Dan Benar dan silahkan kalian baca.

Jadi bisa saja faktor anak sering keluar malam ya mungkin karena ia merasa sepi dan merasa tidak punya teman sehingga ia keluar ya hanya untuk mencari teman baiknya. Jadi ya mungkin bisa diatasi dengan memberikan kebebasan bermain dan memilih teman untuk anak tersebut ya gaes.

Tugas nya orang tua ya membebaskan anak nya untuk memilih teman yang baik. Dan itulah yang harus dimanfaatkan oleh anak itu dimana sudah diberikan kebebasan untuk mencari teman yang baik ya harus dimanfaatkan sebagus mungkin ya gaes.

6.) Selalu dimarahin


Nah kalau yang satu ini mungkin dirasakan oleh semua anak-anak dan ini bisa loh menjadi penyebab anak remaja menjadi sering keluar malam. Mungkin saja dirumah anak tersebut selalu dimarahin oleh orang tuanya karena sifat nya yang sangat bandel.

Nah ketika si anak tersebut selalu dimarahin oleh orang tua nya maka ia merasa ingin segera kabur dari rumah sehingga tidak dimarahin lagi oleh orang tuanya. Mungkin alasan orang tua selalu mrahin anak ya karena sifat anak nya yang bandel dan tidak mau diatur.

Dan kalau misalkan sudah dimarahin berkali-kali sih seharusnya si anak tersebut sadar dan mencari tahu bagaimana caranya agar tidak dimarahin oleh orangtua nya, nah saya sudah membuatkan artikel nya loh : Cara Agar Tidak Dimarahin Oleh Orang Tua

Jadi ya yang ahrus kalian ketahui adalah orang tua memarahi anak na karena orang tua ingin anaknya menjadi pribadi yang baik serta tiodak mengulangi kesalahan nya kembali gaes.

Nah baiklah diatas adalah sedikit info yang sudah saya share mengenai penyebab anak sering keluar malam. Bagaimana gaes apakah sudah ckup membantu? eitsss tetapi saya masih akan memberikan tips selanjutnya loh buat kalian.

Kalau misalkan kita sudah tahu faktor pemicu anak sering keluar malam mungkin masih ada yang bingung tentang bagaimana sih cara mengatasi anak yang sering keluar malam? kebetulan sekali nih saya akan sedikit berikan tips nya dibawah ini:

Cara Mengatasi Anak Yang Sering Keluyuran Malam Hari

Oke jadi diatas saya sudah membagikan penyebab anak sering keluar malam maka kali ini saya akan membagikan mengenai hal yang harus dilakukan agar anak tidak suka keluar malam.Berikut adalah sedikit panduan yang bisa saya berikan:

1.) Berikan lah setidaknya kebebasan untuk si anak bergaul dengan teman sebaya nya, karena yang dibutuhkan oleh si anak adalah kebebasan untuk mencari jati dirinya dan mencari teman yang dianggap bisa menjadi penyemangat. Jadi ya berikan anak waktu untuk bergaul dengan teman sebaya nya ya gan.

2.) Penuhi kebutuhan anak juga saya rasa bisa untuk mencegah anak keluar malam loh, karena ya ketika anak tersebut keluar malam maka mereka akan mencari apa yang tidak ada di dalam rumah. Mereka misalkan bermain warnet setiap malam nah kita bisa mengatasina dengan mungkin membelikan laptop atau komputer agar anak bisa betah dirumah.

3.) Jangan terlalu dikekang ya gaes, walaupun anak tersebut sangat susah sekali diatur usahakan jangan terlalu dikekang agar anak tersebut tidak merasa jenuh dirumah. Jadi ya berikan kebebasan saja untuk bermain.

4.) Dengan memantau pergaulan si anak juga bisa kok mengatasi anak yang sering keluar malam, mungkin kalian bisa menanyakan ke-pribadian teman anak kalian agar bisa memantau bagaimana sih pergaulan anak sekarang.

5.) Memberikan hukuman kepada anak yang sering keluar malam saya rasa cukup efektif ya gaes, misalkan kita bisa bikin hukuman yang ampuh agar anak tidak keluar malam dengan cara tidak memberikan akses kendaraan yang ia miliki.

Nah diatas sudah saya berikan cara mengatasi anak yang sering keluar malam yang bisa kalian praktekan dengan mudah gaes. Bagaimana apakah cukup membantu? kalau misalkan ada yang ingin ditanyakan bisa tulis di kolom komentar ya gaes.

Dan baiklah langsung saja kita masuk kedalam inti artikel ini. Yuksss!

Inti artikel ini adalah...

Intinya adalah sebagai orang tua kita harus bisa mengetahui pergaulan yang anak kalian lakukan, mungkin cara yang paling efektif adalah dengan cara memberikan kebebasan si anak untuk bermain dengan teman nya ya gaes.

Lalu kita juga harus tahu apa saja kebutuhan yang si anak itu inginkan, dan sebisa mungkin jaga pergaulan nya karena pergaulan anak jaman sekarang sudah sangat bahaya sekali.

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel kali ini mengenai 6 Penyebab Anak Remaja Sering Keluar Malam Dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya gaes.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan