5 Tips Menyambut Persiapan Datangnya Bulan Suci Ramadhan

5 Tips Menyambut Persiapan Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Persiapan untuk menantikan awal penetapan puasa ramadhan 2017

Aktifitas menjelang datangnya bulan suci ramadhan

Cara Yang Dilakukan Dalam Menyambut Bulan Ramadhan


Ferdiblog - Datangnya bulan suci ramadhan adalah suatu kebanggan bagi semua umat islam di seluruh dunia sebab banyak sekali hikmah dibalik datangnya bulan puasa ini. Karena ya kita tahu sendiri seperti apa hikmah bulan ramadhan yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

Walaupun memang saat ini kita masi menunggu penetapan awal puasa 2017 yang mungkin nanti akan diumumkan mengenai jatuhnya hari pertama puasa tersebut. Jadi kita tinggal duduk manis saja sambil menunggu kepastian nya.

Di berbagai daerah di indonesia mungkin sudah banyak yang menyambut bulan penuh berkah ini, karena ya sudah sepatutnya kita menyambut datangnya bulan suci ramadhan ini dengan penuh suka cita.

Menyambut bulan puasa ini sendiri biasanya dilakukan beberapa hari sebelum jatuhnya hari puasa ya gaes, dan biasanya warga dan remaja masjid yang sangat antusias sekali dalam hal ini. Memang kita sebaai umat muslim ya sudah seharusnya menyambut bulan suci ini dengan ikhlas.

Kenapa kita harus menyambut bulan puasa ini ya karena di bulan ini kita bisa mendapatkan berkah serta ke-istimewaan yang bisa kita dapatkan. Belum lagi mungkin hal hal yang ditunggu saat datangnya bulan puasa mungkin kebersamaan yang lebih terasa ya gaes.

Misalnya di hari-hari biasa kita jarang kumpul bersama keluarga untuk sekedar makan malam dan yang lain-lain, tetapi berkat adanya bulan suci ini pasti kita jadi ingin cepat-cepat sampai rumah untuk buka bersama keluarga di rumah dan itu sangat efektif sekali dalam menjaga kebersamaan keluarga.

Hal-hal kecil terkadang bisa membuat sesuatu yang besar dan bermakna kok asalkan kita bisa me-maksimalkan nya saja. Sama hal nya dengan menyambut bulan puasa dengan penuh rasa bahagia ini.

Masyarakat di indonesia ini terutama umat muslim menurut saya sangat antusias sekali ya gaes dalam menyambut bulan suci ramadhan bahkan saya sendiri merasa bangga melihat umat muslim bisa rukun dan bahagia dalam menunggu datangnya bulan puasa ini.

Kemarin saya sempat melihat kayak pawai obor yang tujuan nya untuk menyambut bulan puasa dan itu meriah sekali belum lagi banyak sekali remaja remaja yang antusias keliling sambil ber-sholawat wah bener-bener takjub deh liat seperti itu.

Kalau saya sendiri kehadiran bulan ramadhan ini di-ibaratkan dengan tamu agung yang sudah kita nantikan berbula-bulan, dan kita wajib Menyambut bulan puasa sesuai dengan tuntunan nabi agar kita bisa menjalani puasa dengan penuh berkah.

Mungkin ada yang bertanya-tanya mengenai hukum menyambut datangnya bulan puasa ya gaes dan kalau pendapat saya pribadi sih sah-sah saja ya gaes karena kan ibaratnya ya itu tadi bulan puasa ini ibaratnya tamu agung yang sudah sepatutnya kita sambut dengan kebahagiaan.

Tetapi kalau misalkan masih kurang yakin bisa tanyakan saja langsung ke yang lebih paham mengenai hukum menyambut bulan puasa gan. Nah dalam menuju ramadhan di tahun 2017 ini rasanya tidak afdol kalau saya tidak membuat sebuah artikel tentang bulan puasa.

Banyak sekali hal yang harus dilakukan dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan ini, selain kewajiban menjalankan ibadah puasa juga ada kewajiban untuk berbagi sesama di bulan penuh berkah ini gan.

Kemeriahan bulan ramadhan ini sudah dirasakan dari beberapa hari yang lalu ya, contoh kecil nya ya itu tadi melakukan pawai obor untuk menyambut bulan suci ramadhan. Nah mungkin masih ada yang belum paham mengenai cara menyambut datangnya bulan ramadhan.

Kalau misalkan masih ada yang belum paham mengenai apa saja langkah dalam Menyambut bulan puasa ramadhan maka kebetulan sekali nih gaes karena kali ini saya akan membagikan ilmu mengenai tips menyambut persiapan datangnya bulan ramadhan.

Penasaran seperti apa tips yang akan saya bgikan ini? Yuk langsung saja kita simak penjelasan nya dibawah ini.

Tata Cara Menyambut Pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan


Seperti yang tadi saya katakan bahwa sudah sepatutnya kita menyambut bulan suci ramadhan ini karena ini adalah tamu agung yang harus kita sambut kedatangan nya. Kemeriahan bulan suci ramadhan harus bisa kita ciptakan untuk menunjukan rasa cinta kepada Allah SWT untuk menyambut bulan berkah ini, nah berikut adalah panduan untuk menyambut persiapan bulan suci ramadhan :

1.) Persiapan Mental

Persiapan menyambut bulan ramadhan yang harus kalian lakukan adalah mempersiapkan mental kita untuk menjalani ibdah di bulan puasa yang penuh berkah ini. Persiapan mental sebelum puasa harus kita lakukan demi berjalan lancar nya kegiata puasa ramadhan ini.

Misalkan biasanya kalian sehari makan 4x lalu karena adanya kegiatan bulan puasa ini maka kalian harus bisa berusaha mengurangi porsi makan kalian gaes wkwkwk. Jadi biar pencernaan nya tidak kaget ketika bulan puasa datang.

Tetapi sebenarnya ya kalau kalian tahu dengan adanya puasaini juga bermanfaat sekali bagi yang ingin diet tetapi gagal terus, nah kalau misalkan puasa kan menahan rasa haus dan lapar kan jadi bisa menurunkan berat badan juga loh.

Banyak sekali bukan hikmah di bulan yang penuh suci ini, so alangkah lebih baik kalau misalkan kalian mempersiapkan mental terlebih dahulu sebelum datangnya bulan ramadhan.

2.) Tadarus Al-Quran Bersama-Sama

Nah hal positif dalam menyambut bulan puasa yang selanjutnya adalah dengan membaca Al-Quran secara bersama-sama atau berjamaah di rumah ataupun di masjid. Hal ini bisa dibilang sangat bermanfaat sekali ya gaes buat kita.

Karena banyak sekali Keutamaan tadarus Al-quran di bulan ramadhan jadi ya persiapan menyeambut bulan puasa bisa kalian lakukan untuk menambah pahala dan mungkin yang belum paham mengenai cara membaca al-quran dengan baik bisa sekalian belajar bersama.

Dengan membaca Al-Quraan bersama-sama juga bisa saling menumbuhkan rasa kebersamaan ya gaes, misalkan kita jarang tadarus Al-Quran bersama-sama maka dengan kegiatan ini kita bisa saling menambah rasa tali persaudaraan dengan sesama.

Jadi menyambut bulan puasa ini kita harus bisa memanfaatkan nya untuk al-hal yang positif gaes, ya dengan tadarus juga sudah sangat baik sekali kok.

3.) Ziarah

Langkah menyambut bulan ramadhan selanjutnya adalah dengan melakukan ziarah ke makam keluarga yang sudah mendahului kita terlebih dahulu, kegiatan ini bisa dibilang sudah sering dilakukan ya jauh-jauh hari sebelum puasa biasanya banyak yang melakukan hal ini.

Tujuan ziarah makam keluarga tidak lain dan tidak bukan ya untuk memberikan doa agar dilapangkan kubur nya serta mungkin sembari membersihkan makam nya yang mungkin sudah dipenuhi dengan rumput-rumput maka bisa kita bersihkan.

Tetapi yang harus kalian ketahui adalah, ziarah di saat - saat tertentu seperti menjelang ramadhan juga ya sebenarnya tidak dianjurkan ya gaes, karena ada beberapa Amalan keliru dalam menyambut ramadhan yang harus kalian ketahui.

Jadi ziarah itu sebenarnya tidak hanya dilakukan saat moment-moment tertentu saja atau dengan mengirimkan doa dan membaca yasin saja juga bisa kalian lakukan kok.

4.) Berdoa Bersama Untuk Kelancaran Menjalani Puasa

Ini mungkin sudah sering dilakukan dalam meynyambut bulan puasa ya gaes yaitu dengan melakukan doa bersama yang bertujuan untuk diberikan kelancaran menjalani ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Karena ya sudah sepatutnya kita berdoa untuk diberikan kelancaran dalam segala aktifitas apapun.

Biasanya dilakukan di masjid atau dengan keluarga dirumah juga tidak apa-apa karena datangnya bulan penuh berkah ini wajib kita sambut gaes.

5.) Mengucapkan Rasa Syukur

Mengucapkan rasa syukur karena diberikan waktu untuk menjalani kegiatan bulan ramadhan ini terbilang cukup penting juga ya gan, karena sudah diberikan kesempatan lagi oleh Allah SWT untuk diberikan waktu menjalani puasa ramadhan.


Semua umat manusia memang harus bersyukur dengan segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT karena kita tahu bahwa semua yang diberikan oleh nya adalah sebuah titipan. Dan titipan tersebut ya harus kita jaga dan kita rawat serta kita syukuri.

Bersyukur kepada Allah SWT merupakan kewajiban umat muslim karena ya menurut saya kalau misalkan kita sudah diberikan organ tubuh yang lengkap, harta, keluarga dan kembali lagi semua itu hanya titipan yang seharusnya kita syukuri dengan bijak.

6.) Saling Memaafkan

Nah langkah terakhir dalam menyambut bulan suci ramadhan adalah dengan memaafkan satu sama lain, misalkan kalian memiliki permasalahan dengan teman, saudara ataupun keluarga maka kalian bisa saling memaafkan gaes.

Kan banyak tuh kata indah untuk menyambut bulan puasa serta kalimat memaafkan sesama yang bisa kalian lakukan ke semua orang, tetapi memaafkan nya juga harus ikhlas dan tidak boleh memendam rasa benci lagi ya gaes.

Tujuan saling memaafkan ini adalah kan akrena ini bulan suci jadi mulai dari pikiran, hati dan lain-lain harus kita sucikan demi menyambut indahnya bulan suci ramadhan ini. Jadi jangan lupa saling memaafkan satu sama lain gaes.

Nah diatas adalah beberapa tips menyambut bulan puasa yang bisa kalian lakukan dengan mudah gaes, bagaimana apakah kalian terbantu? Kalau misalkan masih ada yang belum paham bisa tulis di kolom komentar ya gaes.

Dan baiklah langsung saja kita masuk kedalam inti artikel ini. Cekidotsss!

Inti artikel ini adalah...


Kesimpulan artikel kali ini adalah, dalam menyambut datangnya bulan puasa ini sudah sewajibnya kita isi dengan hal-hal positif ya gaes, misalkan membaca Al-Quran itu adalah hal yang sangat baik sekali dan bisa kalian lakukan.

Kalau masalah persiapan menyambut bulan puasa ya bisa kalian siapkan mental kalian, lalu fisik kalian agar bisa lancar kedepan nya dalam menjalankan kegiatan puasa ini. Dengan melakukan pawai obor juga bisa kok kalian lakukan dalam hal menyambut bulan puasa.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini tentang 5 Tips Menyambut Persiapan Datangnya Bulan Suci Ramadhan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya gaes.

Dan Ferdiblog mengucapkan : Marhaban Ya Ramadhan, selamat menjalani puasa ramadhan kawan-kawan:)
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan