Cara Mudah Mendaftar Google Analytics untuk Blogger dan Manfaat Nya
Cara Mudah Mendaftar Google Analytics untuk Blogger dan Manfaat Nya

Cara Mudah Mendaftar Google Analytics untuk Blogger dan Manfaat Nya

Cara Daftar di Google Analytics


FerdiansBlog - Semua orang yang sedang membuat blog pasti mengharapkan agar blog yang ia bangun bisa dilihat dan bisa dikenal oleh banyak orang , banyak sekali cara membangun blog yang pastinya sudah kalian ketahui karena sekarang banyak sekali blogger yang membahas mengenai hal tersebut.

Dalam membangun sebuah blog pastinya tidak luput dari yang namanya traffic alias jumlah total dari orang yang mengunjungi blog yang kita miliki. Dan kalau kita lihat diluar sana sebenarnya sudah banyak loh blog yang paling banyak dikunjungi.

Walaupun memang untuk mendapatkan banyak kunjungan blog itu tidak semudah seperti apa yang kalian kira , seperti hal nya dengan merawat anak yang pastinya membutuhkan waktu yang cukup laam agar buah hati kita bisa tumbuh besar.

Dan sebenarnya kalau menurut saya pribadi sih untuk meningkatkan visitor blog memang sangat susah sekali ya kalau menurut saya.

Walaupun sudah banyak sekali panduan seo yang sudah dipelajari tetapi tetap saja semua nya memang membutuhkan yang namanya kerja keras. Kadang ada orang yang menginginkan blog nya bisa dilihat banyak orang tetapi ia tidak memperhatikan konten artikel nya.

Dan kalau yang saya pelajari dari banyak blog tentang teknik seo untuk meningkatkan pengunjung ya sebenarnya tidak jauh dari yang namanya membuat konten berkualitas. Hampir semua nya yang saya pelajari ya tidak jauh dari isi konten blog kita.

Kadang saya sendiri memang cukup sedih kalau misalkan blog sepi pengunjung itu rasanya ya sedih belum lagi kalau melihat blog teman yang rata-rata traffic nya bisa sampai ratusan ribu dll.

Nah saya yakin juga tidak hanya saya ya yang sedih misalkan visitor blog sangat sedikit dan para blogger lain nya mungkin juga dulu merasakan seperti apa yang saya rasakan. Tetapi saya sendiri kalau sedang seperti itu ya semakin berusaha untuk menjadi blogger yang baik.

Dan pastinya terus berusaha untuk mengembangkan blog pribadi saya sendiri ya gaes , tetapi perlu kalian ketahui ketika blog kalian sepi pengunjung ya memang kalian harus sabar. Karena terkadang ada saja blogger yang tidak sabar dan akhirnya menggunakan bot visitor blog.

Padahal sebenarnya hal tersebut salah besar loh gaes , karena ketika kalian menggunakan alat seperti itu akan banyak sekali masalah yang kalian alami nanti nya. Dan saya yakin juga kalian sudah tahu mengenai bahaya menggunakan bot visitor. 

Jadi kalau misalkan blog kalian sepi pengunjung tidak usah sedih gan karena sebenarnya ada banyak sekali penyebab blog sepi yang mungkin tidak kalian ketahui. Dan salah satu penyebab nya yaitu konten kalian mungkin kurang menarik gaes.

Sebenarnya ya kalau misalkan kalian masih tahapan membangun blog menurut saya jangan selalu memikirkan agar visitor kalian naik drastis , tetapi yang harus kalian pikirkan itu ya membuat konten yang disukai pengunjung.

Tetapi jangan karena saya bilang bikin konten yang disukai pengunjung eh kalian malah membuat berita hoax itu tidak boleh ya gan. Sekarang itu banyak loh saya lihat di sosial media mengenai blogger yang membuat konten menarik tetapi mengundang kebencian.

Untuk mendapatkan banyak visitor tidak harus seperti itu gan , kalau seperti itu ya sama saja kalian menyebarkan berita yang memang mengandung kebencian. Jadi saya harap kalian jangan sampai seperti itu ya kawan.

Nah bagi para blogger kebahagian yang sangat sederhana yaitu melihat visitor blog yang sudah mencapai sebuah kenikmatan , terkadang misalkan visitor kita sudah mulai meningkat itu saya pribadi memang ada sebuah kepuasaan pribadi ya gan.

Baca Juga

Ada banya sekali cara melihat visitor blog yang bisa kalian lakukan , salah satunya adalah dengan cara memasang widget statistik dan itu merupakan cara simple nyaa ya gaes. Nah tetapi kalau misalkan mau yang lebih akurat kalian bisa mencoba memasang google analytics.

Mungkin sebagian blogger sudah ada yang paham mengenai kegunaan google analytics untuk blog ini dan memang cukup bermanfaat ya bagi saya pribadi. Baiklah sebelum kita masuk ke inti pembahasan maka akan saya jelaskan sedikit mengenai manfaat daftar google analytics.

Penasaran seperti apa manfaatnya? Yuk kita simak dibawah ini.

        Manfaat Mendaftar Google Analytics untuk Blog

Oke akan saya jelaskan terlebih dahulu ya mengenai fungsi dan manfaat google analytics ini sendiri adalah untuk melihat jumlah visitor atau jumlah tayangan yang ada di blog kalian. Jadi selain melihat di halaman statistik blogger juga kalian bisa menggunakan layanan ini gan.
 Di dalam google analytics ini sendiri kalian bisa melihat mulai dari user yang sedang melihat blog kalian lalu bisa mengetahui dari mana kota atau negara mana saja pengunjung blog kalian berada. Sangat bermanfaat ya kalau saya pribadi.

Karena kan misalkan di laman statistik blogger hanya menampilkan jumlah nya saja nah kalau di google analytics ini kalian bisa melihat darimana sumber lalu lintas blog kalian tersebut. Guna nya adalah agar kalian bisa meninjau langsung keaktifan blog kalian.

Jadi sebenarnya fungsi alat ini adalah untuk melihat jumlah visitor dan untuk mengetahui darimana saja visitor itu berasal , tetapi masih banyak sekali fitur yang ada di dalam tools yang satu ini. Saya sendiri juga menggunakan alat ini gaes.

Dan emmang bisa dibilang tools ini sangat recomended banget deh buat kalian yang sedang kebingungan untuk ngecek jumlah visitor maka kalian bisa mendaftar google analytics ini.

Gimana cara daftar google analytics?

Nah kebetulan banget nih mungkin ada yang kebingungan mengenai cara mendaftar google analytics maka kali ini saya akan sedikit memberikan info buat kalian semua nih gaes.
Info yang kali ini akan saya bagikan adalah tentang Cara daftar google analytics dengan mudah. Penasaran seperti apa caranya? Yuk ah jangan kebanyakan basa-basi langsung saja kita simak dibawah ini gan.

Cara Mendaftar Google Analytics untuk Blogger


1.) Baiklah langsung saja langkah pertama dalam daftar google analyitics itu adalah kalian memiliki sebuah blog atau website ya gaes , karena kalau tidak punya website atau blog apa yang akan kalian dafatarin wkwk.

2.) Setelah itu silahkan kalian kunjungin laman Google Analytics seperti gambar dibawah ini :
daftar google analytics

3.) Setelah kalian sudah masuk ke halaman tersebut maka selanjutnya adalah kalian klik Sign Up ya gaes , kalau sudah maka kalian akan masuk kedalam halaman seperti dibawah ini :
cara mendaftar google analytics

4.) Langkah selanjutnya setelah itu adalah silahkan kalian klik tombol Pendaftaran yang ada di samping kanan gambar diatas , kalau sudah klik maka kalian akan berada di laman berikut :
mendaftar google analytics

5.) Setelah itu nanti akan ada 2 opsi ya gan ada opsi untuk Situs web dan ada juga opsi untuk Aplikasi , karena kita menggunakan nya untuk blog maka kalian bisa pilih opso Situs website tersebut ya gan.

6.) Nah kalau kalian sudah pilih sekarang kalian tinggal mengisi form pendaftaran nyaa saja nih gaes , untuk lengkapnya bisa kalian lihat gamba berikut :
cara mendaftar google analytics

7.) Nah silahkan kalian isi form pendaftaran diatas ya gaes , kalau misalkan bingung mengisi nya berikut adfalah format nya nih gan :
  • Nama akun = Kalian isi nama kalian
  • Nama situs web = Kalian isi nama blog kalian
  • Url situs web = Isi dengan url blog kalian
  • Kategori industri = Kalian isi sesuai niche blog kalian
  • Zona waktu = Kalian isi dengan tempat dan waktu kalian.
8.) Setelah kalian isi form pendaftaran tersebut , sekarang kalian tinggal menyetujui saja persayaratan google analytics tersebut gaes.

9.) Kalau sudah kalian setujui lalu dibagian bawah tinggal kalian klik saja tulisan " Dapatkan id pelacakan " tersebut seperti gambar dibawah ini :
memasang kode analytics

10.) Kalau kalian sudah klik tombol tadi maka kalian akan langsung diarahkan ke sebuah laman dan disana kalian bisa mendapatkan id pelacakan untuk blog kalian gan dan bisa langsung kalian copy untuk dimsukan ke blog kalian.

Cara Memasang Id Pelacakan Google Analytics


Nah kalau kalian sudah berhasil daftar google analytics maka selanjutnya adalah anda akan mendapatkan kode untuk dipasang di blog kalian. Guna nya adalah untuk memantau aktifitas blog kalian gaes , kalau begitu langsung saja kita simak tips nya ya gan.

1.) Kalau ingin memasang id pelacakan analytics itu sebenarnya ada 2 cara , cara pertama yaitu memasang script nyaa dibagian template blog dan kedua adalah dengan hanya mengcopy kode nya saja. Karena saya tpe yang tidak mau ribet maka saya langusng meng-copy id nya sebagai berikut.

2.) Nah kalian bisa mendapatkan id pelacakan nya seperti gambar dibawah ini dan setiap blog beda-beda ya gaes id pelacakan nya.
cara daftar google analytics

3.) Dan selanjutnya adalah kalian pergi ke pengaturan blog kalian seperti gambar dibawah ini:
mendaftar google analytics

Nah kalau misalkan sudah memasukan id tadi berarti kalian sudah terdaftar di google analytics tersebut , bagaimana cukup simple bukan? Kalau masih ada yang kurang mengerti bisa langsung tulis di kolom komentar ya gaes.

Dan baik langsung saja kita masuk kedalam inti artikel ini gan. Cekidott

Inti artikel ini adalah..

Baik inti artikel kali ini adalah : Mendaftar google analytics itu sebenarnya bermanfaat kok gan karena melalui tools ini kalian bisa langsung memantau visitor blog kalian dari kota atau dari negara mana saja dan tentu nya ini juga digunakan kok sama mastah blogging lain nya.

Jadi silahkan daftar google analytics ya gaes.

Sekian artikel kali ini mengenai Cara Mudah Mendaftar Google Analytics untuk Blogger lalu Manfaat Nya semoga bermanfaat gan.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

9 comments

wah wahh baru tau fungsi google analytics yang sepenuhnya gan makasih :D

Balas

Iya gan situs berita hoax malah banyak pengunjung :'( , yah... begitulah indonesia

Balas

Mantap gan infonya v np ya google analytics saya jrng konek ya sma blog saya..

Balas

selain menggunakan analytics, biasanya saya gunakan histats

Balas

Betul gan, histats juga menurut saya fungsi nya gak jauh beda kok sama Google Analytics:D

Balas

Jarang konek gimana gan? pemasangan kode nya sudah benar kan?..

Balas

Hehe iya gan, ya berharap aja semoga masyarakat indonesia kedepan nya bisa lebih bijak lagi dalam membaca berita..:)

Balas

Siap gan sama-sama, semoga membantu ya gan:)

Balas

Harus diterapkan nih. Makasih tipsnya gan

Balas

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan