Tips Mudah Menentukan Ekskul Sekolah Dan Macam-Macam Ekskul Yang Ada
Tips Mudah Menentukan Ekskul Sekolah Dan Macam-Macam Ekskul Yang Ada

Tips Mudah Menentukan Ekskul Sekolah Dan Macam-Macam Ekskul Yang Ada


tips menentukan ekskul yang tepat bagi siswa


Tips Mudah Menentukan Ekskul Sekolah - Di setiap sekolah pasti ada yang namanya kegiatan ekstrakurikuler atau yang biasa masyarakat kita sebut dengan ekskul, biasanya di masing-masing sekolah setiap ada penerimaan murid baru selalu dikasih opsi untuk masing-masing siswa menentukan ekskul yang nantinya akan ia jalani.



Dimana biasanya opsi tersebut diberikan dalam bentuk surat dan didalamnya berisikan berbagai macam opsi ekskul yang nantinya akan dipilih oleh masing-masing siswa. Nah mungkin diantara kalian masih banyak yang belum tahu apa itu arti kegiatan ekskul maka akan saya jelaskan sedikit pengertian nya dibawah ini.

Jadi pengertian ekstrakurikuler ini sendiri sebenarnya adalah sebuah jam tambahan dimana masing-masing siswa akan mendapat sebuah pelatihan khusus, kegiatan ini biasanya dilakukan seusai pulang sekolah atau biasanya dibeberapa sekolah ada hari-hari tertentu dimana para siswa bisa mengikuti kegiatan ekskul ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat para siswa-siswi yang nanatinya mungkin bisa dikembangkan sampai akhirnya bisa mengikuti berbagai lomba atau yang lainnya, tetapi yang jelas kegiatan ekskul ini ditujukan untuk melatih dan mengembangkan bakat yang dimiliki para siswa itu sendiri.

Walaupun memang terkadang kegiatan ini biasanya dianggap remeh oleh beberapa siswa yang memang malas untuk mengikuti nya, tetapi perlu kalian ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan apabila mengikuti kegiatan ekskul di sekolah kalian.

Salah satu manfaat kegiatan ekskul yang bisa kalian rasakan adalah kalian bisa mengikuti kegiatan perlombaan dimana biasanya masing-masing pengajar kegiatan ekskul ini suka mengirim para siswa nyaa untuk mengikuti perlombaan,

Jadi sebenarnya arti kegiatan ekskul ini sendiri bisa dibilang adalah untuk menambah nilai itu point utama lalu untuk mengembangkan bakat yang kalian miliki dan juga terkahir agar kalian bisa mengikuti berbagai jenis perlombaan yang bisa kalian ikuti.

Nah karena sebentar lagi biasanya ada yang namanya penerimaan murid baru dan biasanya setelah penerimaan murid baru itu nantinya para siswa akan diberikan pilihan dan nantinya para siswa maupun siswi berhak memilih ekskul apa yang akan ia ikuti nantinya.

Tetapi biasanya terdapat beberapa siswa-siswi yang masih suka kebingungan tentang memilih ekskul sekolah kalau misalkan kalian masih bingung menentukan nyaa, maka kali ini saya akan sedikit memberikan tips buat kalian nih guys.

Tips apa min?

Tips buat kalian yang kebingungan dalam menentukan kegiatan ekstrakulikuler sekolah, seperti apa penjelasan nyaa? Yuk langsung saja kita simak dibawah ini guys.

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakulikuler Sekolah

 

1. Pilih sesuai bakat.

Hal pertama yang bisa kalian lakukan dalam memilih ekskul adalah kalian harus sesuaikan dengan bakat diri kalian masing-masing guys, karena apa kalau misalkan kalian memilih tidak sesuai dengan bakat kalian yang ada nanti kalian akan ogah-ogahan dalam mengikuti nya.

Sudah banyak sekali yang berhenti mengikuti ekskul hanya karena ia tidak cocok dengan pilihan mereka, padahal diawal biasanya guru sudah mengatakan " tentukan sesuai bakat kalian " jadi ya kalian bisa memilih sesuai bakat kalian.

Ada lagi yang biasa para siswa lakukan ketika memilih kegiatan sekolah adalah mereka hanya mengikuti teman-teman nyaa, jadi ketika ia memilih ia bertanya dulu ke teman-teman nyaa dan mereka ga perduli mau itu bakat mereka ataupun bukan,

Jadi kalian ketika memilih ekskul ya kalian pilih sesuai bakat kalian bukan malah kalian ikut-ikutan teman saja, karena yang perlu kalian ketahui bahwa nantinya kegiatan ekskul itu akan menentukan nilai kalian jadi jangan diremehkan ya guys dan kalau bisa sekali lagi sesuaikan dengan bakat kalian kawan.

Baca Juga

 2.  Diskusikan bersama orang tua kalian

Hal kedua yang juga bisa kalian  perhatikan dalam memilih ekskul sekolah adalah kalian bisa berdiskusi dengan kedua orangtua kalian, tujuan nyaa adalah kalain agar tambah yakin dengan pilihan kalian dan pastinya orangtua akan men-support kalian.

Hal ini juga bertujuan agar orangtua juga turut berperan dalam menentukan bakat anak mereka yang nantinya akan dikembangkan disekolah, tetapi biasanya ada yang tidak berani untuk berdiskusi hanya karena ia takut dimarahi.

Kalau misalkan kalian sedang dimarahi mungkin kalian bisa membaca artikel Langkah tepat ketika kalian sedang dimarahi orang tua  tetapi sebenarnya kalian tidak takut tetapi dengan begitu nantinya orang tua kalian bakalan tambah menyemangati kalian lagi guys.

Jadi jangan takut untuk saling ber-konsultasi dengan orang tua kalian dalanm memilih ekskul ya guys.

3. Yakin

Ketiga yang bisa kalian lakukan dalam memilih ekstrakulikuler adalah kalian harus yakin dan mantap dengan pilihan kalian guys, kebanyakan siswa ketika memilih kegiatan ekskul ini banyak sekali yang ragu-ragu terhadap pilihan nya.

Sebenarnya apa yang membuat diri kalian menjadi ragu-ragu? Toh saya yakin kalian sudah memilih sesuai bakat yang kalian bisa, maka dari itu sekali lagi saya katakan bahwa kalian jangan ikut-ikutan dengan pilihan teman kalian.

Percaya diri aja dengan apa yang kalian pilih toh nantinya itu juga yang akan membuat kalian menjadi sukses dan menjadi sorotan karena prestasi kalian  yang mengharumkan nama sekolah kalian. So sekali lagi jangan lupa yaitu yakin terhadap pilhan kalian ya kawan.

4. Pilih ekskul yang bisa membuat kalian menjadi lebih mahir lagi.

Hal keempat yang bisa kalian lakukan sebelum menentukan pilhan ekskul adalah kalian harus bisa memilih mana ekskul yang bisa membuat diri kalian menjadi lebih mahir lagi, dalam artian bisa menambah point plus bagi diri kalian sendiri.

Jangan sampai kalian salah memilih dan akhirnya pilihan kalian itu membuat diri kalian menjadi semakin buruk, jadi alangkah lebih baik ketika kalian sedang memilih kegiatan ekskul sekolah yang harus kalian pikirkan kedepan itu ya kalian harus bisa mendapat point plus itu tadi.

Arti kata mahir ini juga maksudnya adalah, misalkan kalian sudah bisa memainkan bulu tangkis diluar rumah nah dengan adanya kegiatan tambahan alias ekskul ini kan yang diharapkan adalah kalian bisa menjadi lebih jago lagi, jadi jangan sampai kalian memilih kegiatan yang membuat diri kalian menjadi lebih down ya guys.

5. Semangat!

Terakhir yang bisa lakukan apabila sedang bingung menentukan ekskul adalah kalian ahrus lebih semngat lagi, dengan memunculkan rasa semangat ini maka kalian bisa terpancing untuk lebih giat lagi dalam melakukan kegiatan ekskul itu tadi.

Jadi sebenarnya kunci utama nya dalam melakukan segala sesuatu yaitu semangat guys dan yang paling terpenting adalah semangat untuk maju bukan semangat untk menjadi diri yang lebih down lagi. Kebanyakan memang orang-orang menganggap kegiatan ini merupakan hal yang sepele.

Padahal seperti yang tadi saya katakan bahwa kegiatan ekskul memiliki banyak manfaat yang bisa membuat diri kalian menjadi tambah maju lagi. Walaupun memang terkadang ada saja orang yang tidak suka dengan apa yang kita pilih.

Buat kalian yang sedang bingung menentukan ekskul sebenarnya gampang saja, misalkan kalian sedang menggeluti bakat menyanyi maka kalian pilih saja ekskul menyanyi atau ekskul yang berhubungan dengan seni menyanyi itu tadi.

Jangan sampai misalkan kalians edang menggeluti bakat menyanyi tetapi kalian malah memilih ekskul palang merah kan ga sinkron jadinya guys. Walaupun ya memang kedua ekskul tersebut sama-sama memiliki manfaat yang berarti buat kalian, tetapi seperti yang tadi saya katakan kalau misalkan ga sesuai bakat kalian ya hasilnya bakalan zonk guys. 

Banyak orang beranggapan bahwa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sekolah itu tidak begitu penting padahal ini bisa dibilang sangat penting loh. Diatas saya sudah katakan bahwa salah satu manfaat nya adalah bisa menambah nilai kalian.

Dan ya memang betul ekskul itu bisa menambah nilai kalian guys, jadi misalkan nilai mata pelaaran umum kalian kecil maka kalian bisa terbantu dengan yang namanya nilai ekskul tadi walaupun ya tidak begitu besar tetapi setidak nya bisa menambah point buat kalian guys.

 Di setiap sekolah yang namanya ekskul itu berbeda-beda guys jadi misalkan kalian ingin tahu sebenarnya ekskul apa saja yang ada disetiap sekolah maka saya akan sedikit memberi tahu dan membahas masing-masing ekskul tersebut, langsung saja kita simak dibawah ini guys!

Macam - Macam Ekskul Dan Penjelasan Nya

 

Pramuka.

Salah satu ekskul yang terdapat di setiap sekolah adalah ekskul pramuka, hampir di semua sekolah saya rasa ada deh ekskul ini. Karena ya memang menurut saya memang ekskul yang satu ini cukup berperan penting dalam kepribadian anggota nya.

Anggota pramuka ini biasanya cowo-cewe jadi tidak ada halangan bagi kalian yang mau ikut masuk kedalam kegiatan yang satu ini, saya sendiri jujur dulu memang mengikuti kegiatan pramuka ini dan ya memang asik sih menurut saya.

Walaupun memang terkadang kegiatan pramuka ini lebih banyak di outdoor tetapi kalau saya pribadi selama mengikuti kegiatan ini sih happy-happy saja. Karena disini kita dilatih tentang kedisiplinan dan solidaritas sesama anggota.

Kalau ada yang nanyaapa saja kegiatan anggota pramuka maka akan saya beberkan dibawah ini. Cekidott
  1. Baris berbaris
  2. Piyonering
  3. Persami
  4. Jambore
  5. Lomba Dll.
Sebenarnya masih sangat banyak sekali kegiatan pramuka yang menarik tetapi tidak mungkin saya sebutkan semua nyaa karena bisa sangat panjang sekali guys. Inti nyaa adalah buat kalian yang bingung menentukan ekskul saya rasa pramuka ini adalah salah satu pilihan yang sangat tepat.

Sepak Bola

Ekskul kedua yang biasanya ada di masing-masing sekolah adalah ekskul sepak bola yap ini memang banyak sekali bahkan hampir semua sekolah ada ekskul ini, biasanya ekskul ini banyak diminati oleh para cowo yang memang jago dalam bermain sepak bola ini.

Dan jujur memang ini menjadi ekskul favorit bagi semua siswa karena di-ekskul ini bisa dibilang kalian bisa menunjukan bakat kalian kepada banyak orang, terlebih juga biasanya ekskul bola ini suka diadakan perlombaan jadi ya memang banyak sekali peminatnya.

Didalam ekskul ini bisa dibilang kalian dilatih yang namanya kekompakan, dimana kalian bersama 11 orang lainnya kompak untuk bisa memenangkan pertandingan sepak bola dan mendapatkan juara. Jadi kalau misalkan kalian mengikuti ekskul ini ya kalian dilatih untuk kompak dan semangat juga pastinya.

Permainan bola volly

Ekskul yang satu ini juga tidak jauh berbeda dengan pramuka dan juga sepak bola karena ini juga termasuk ekskul favorit siswa ataupun siswi di setiap sekolah. Tidak ada salanya kalau misalkan kalian mau masuk kedalam ekskul ini.

Karena sama hal nyaa dengan sepak bola, volly ini juga membutuhkan sebuah kekompakan dimana setiap tim harus saling kompak untuk yang namanya meraih kemenangan. So jangan ragu-ragu karena ini juga ekskul kesukaan mimin loh hehe.

Yaap diatas adalah 3 dari sekian banyak ekstrakulikuler sekolah yang bisa kalian pilih, tetapi memang masih banyak sekali yang tidak saya sebutkan, tetapi biasanya 3 ekskul itu selalu ada di setiap sekolah-sekolah kok guys.

Dan langsung saja kita menuju ke ini artikel ini. 

Inti artikel ini adalah..

 

Inti artikel ini adalah : Ekskul apapun yang nantinya akan kalian pilih maka itulah yang akan menjadi tolak ukur kalian guys, karena apabila mengikuti ekskul ya kalian harus siap membagi waktu antara bermain atau menambah ilmu kalian.

Ekskul itu jangan kalian ajdikan beban guys, kalian bawa enjoy saja dan kalau misalkan kalian belum terbiasa mungkin kalian bisa beradaptasi dahulu dengan ekskul kalian. Pasti lama kelamaan kalian akan cocok kok dengan ekskul yang kalian pilih itu.

Cukup sekian ilmu yang bisa saya share kali ini mengenai Tips Mudah Menentukan Ekskul Sekolah Dan Macam-Macam Ekskul Yang Ada semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini kalau kalian suka ya gan.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 comments

Haha, bener banget kak. menentukan ekskul itu harus sesuai minat. jangan ikut2an, karena banyak temen aku yang ikut ekskul yang berhenti di tengah jalan. katanya ortu gangebolehin, gak seru dll.

padahal keg ekskul itu kan keg yang positif ya, dapat menambah pertemanan, dan wawasan baru

Balas

betul sekali mbak, ekskul selain menambah wawasan juga menambah teman. terimakasih sudah mengunjungi artikel ini dan komentar mbak:)

Balas

bener bgt gan, tp ane udh lulus sekolah wkwk

Balas

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan