Tips Menghadapi Hinaan Teman Sekolah Dan Cara Mengatasinya

Tips Menghadapi Hinaan Teman Sekolah Dan Cara Mengatasinya

Tips Ketika Dihina Oleh Teman Sekolah

FerdiansBlog - Saling menghina mungkin sudah tidak menjadi sebuah hal yang lumrah di dunia sekolah dan ya memang hampir setiap siswa suka sekali saling menghina satu sama lain. Walaupun memang terkadang hinaan itu hanyalah sebuah candaan belaka.

Banyak sekali anak-anak yang suka menghina satu sama lain dan melakukan perbuatan pembulian yang akhirnya adalah menjadi sebuah masalah. Memang semua nyaa hanya berawal dari sebuah candaan tetapi seketika candaan itu berubah menjadi sebuah hinaan.

Biasanya kegiatan hina-hinaan atau saling ejek ini ditujukan kepada sebuah siswa ataupun siswi yang bisa dibilang " Lemah " atau bisa dibilang tidak mempunyai satu skill sama sekali. Sering sekali saya menemukan anak-anak yang memang kurang pergaulan menjadi sebuah bahan pembulyan.

Dan terkadang juga saya suka menjadi salah satu korban pembulian dari anak-anak yang merasa " Jago " itu. Biasanya  yaa gaes di satu kelas atau satu sekolh itu ada yang mengangap dirinya paling benar dan menganggap bahwa dialah yang paling jago diantara yang lain nyaa.

Jujur aja di kelas saya juga ada sih orang yang kayak gitu dan memang benar dia selalu merasa diri nyaa paling benar dan merasa bahwa hanya dialah yang paling jago diantara yang lainnya. Dan dampaknya ya memang dia suka saling menghina satu sama lain.

Sekali lagi memang betul bahwa konteks nyaa ya hanya sekedar bercanda biasa saja tetapi dampaknya itu loh yang bisa merugikan atau bahkan sampai membuat orang lain menjadi geram.

Nah buat kalian yang memang kerap menjadi bahan pembulian oleh teman sekelas atau teman sekolah nyaa maka kali ini FerdiansBlog akan membahas dan sedikit memberikan tips mengatasi pembulian dan saling menghina satu sama lain. Penasaran? langsung saja gan kita simak dibawah ini.

Cara Menghadapi Hinaan Dan Bulyan Teman Sekolah

# 1. Sabar

Hal pertama yang bisa kalian lakukan dalam menghadapi hinaan teman atau bulyan teman adalah kalian harus sabar sabar dan sabar ketika sedang dihina atau sedang dikucilkan oleh teman kalian. Jangan sampai ketika kalian sedang dihina lalu emosi kalian muncul.

Itu jangan sampai terjadi gaes karena apa? kalau misalkan kita emosi maka si pembuly itu bakalan lebih senang lagi untuk menghujat kita gan.

Misalkan ketika kalian dihina dan kalian emosi maka si penghina itu tadi malah merasa senang karena ia bisa lebih mengeluarkan hinaan yang lebih parah lagi ke diri kalian gan. Jadi alangkah lebih baik kalau misalkan kalian sedang dihina ya kalian sabar saja.

Karena orang sabar disayang tuhan kok gan.

 # 2. Lapang dada

Hal kedua yang bisa kalian lakukan dalam menghadapi hinaan dan bulyan adalah kalian harus lapang dada gan. Karena apa? kalau misalkan kita sedang dihina dan sedang dibuly berrarti keimanan kita sedang diuji oleh tuhan.

Baca Juga

Loh kok gitu?
 

Iyaa mungkin tuhan ingin tau sampai sejauh mana kita kuat dalam menghadapi hinaan dan cacian orang-orang yang mungkin iri atau apalah itu. Jadi kalian memang benar-benar harus lapang dada gan ketika diri kalian sedang dihina dan dicaci maki oleh teman kalian.

# 3. Jangan pernah membalas

Hal ketiga yang bisa kalian lakukan dalam menghadapi hinaan dan bulian adalah kalian jangan pernah membalas lagi hinaan itu. Dalam artian kalau misalkan kalian membalas hinaan itu berarti kalian sudah siap untuk menanggung semua resiko nyaa.

Loh ngapain ga di balas?   

Seperti yang tadi saya katakan bahwa kalau misalkan kita terpancing dengan hinan seseorang maka seseorang yang tadi menghina kita ya bakalan lebih gencar atau lebih senang lagi menghina kita. Karena kan tujuan nyaa ya cuman mau bikin kita emosi saja.

Kalau misalkan kita sudah emosi baru deh bakalan ada yang namanya " Berantem " sampai akhirnya kalian kena masalah dan yang lainnya. 

# 4. Jauhi orang itu

Hal keempat yang bisa kalian lakukan dalam menghadapi hinaan dan bulian adalah kalian bisa dengan menjauhi orang tersebut dan kalian mencari teman baru lagi. Ini bukan berarti kalian takut atau apalah itu ya gan ini hanya untuk membuat diri kalian menjadi lebih tenang.

Karena kalau misalkan kita masih berada di lingkungan atau masih berteman dengan orang yang suka menghina tersebut nantinya malah diri kalian juga yang tersiksa gan. Dalam artian bahwa diri dan fisik kalian akan menjadi lebih down lagi.

Karena yang kalian jumpai ya cuman hinaan dan bulyan saja. Ga salah kok buat menjauhi yang buruk dan mendekati yang baik.

# 5. Buktikan bahwa kalian bisa lebih dari mereka!

Hal terakhir yang bisa kalian lakukan dalam menghadapi hinaan dan bulyan adalah kalian harus bisa membuktikan bahwa diri kalian bisa lebih dari mereka. Kalian harus bisa menjadi seorang pribadi yang diam-diam menghanyutkan.

Dalama artian diam-diam menghanyutkan itu adalah kalian memang disekolah atau diluar dikenal sebagai pribadi yang lemah dan tidak bisa apa-apa tetapi ketika kalian sedang dirumah maka kalian harus bisa membuat sesuatu yang bisa membuktikan bahwa diri kalian bisa lebih berguna daripada orang yang sok JAGOAN itu tadi.

Kalian boleh terlihat lemah diluar sana tetapi kalian harus terlihat garang ketika kalian sedang di dalam rumah.

Loh buat apa?

Agar kalian bisa membuktikan bahwa " Ini loh orang yang kalian suka hina " menjadi seorang atau sesosok yang membanggakan bagi banyak orang ketika ia didalam rumah. Percayalah orang yang sering menghabiskan waktu didalam rumah bukan berarti dia lemah gaes.

Tetapi orang yang  memang terbiasa didalam rumah itu adalah orang yang sedang berusaha membuat sesuatu agar orang lain bisa bangga dengan karya nya.

Inti artikel ini adalah..

Jangan pernah kalian menilai orang dari sosok luarnya saja tetapi kalian harus melihat dari sikap bagaimana dia memperlakukan orang lain. Ketika orang yang kalian katakan lemah itu sudah menunjukan taring nyaa maka kalian akan takjub.

Kalian boleh hina orang lemah sampai orang itu benar-benar lemah tetapi yang namanya KARMA itu berlaku bagi semua orang gaes. Bisa saja sekarang kalian mengatakan bahwa " ah lemah banget sih lo! " tetapi nasib orang tidak ada yang tau gan.

Bisa saja ketika kalian sudah besar orang yang sering kalian hina dan kalian katakan " lemah " bakalan menjadi sosok yang besar dan kalian yang merasa jago atau merasa besar akan tiba waktunya dimana kalian bakalan tertinggal jauh oleh orang yang kalian katakan " lemah " itu tadi.

Jangan suka ngejudge orang kalau misalkan kalian gamau di judge balik.

Cukup sekian artikel kali ini tentang Tips Menghadapi Hinaan Teman Sekolah Dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat.
cara menghindari aksi pembulyan
 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan