Cara Mudah Menghadapi Teman Sosial Media Yang Berbeda Pemikiran
Cara Mudah Menghadapi Teman Sosial Media Yang Berbeda Pemikiran

Cara Mudah Menghadapi Teman Sosial Media Yang Berbeda Pemikiran

Tips Menghadapi Teman Sosial Media

FerdiansBlog - Pertemanan memang bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja, yang namanya pertemanan pastinya sudah saling mengenal karakter satu sama lain. Pertemanan juga juga bisa berawal dari sekedar ngobrol online atau yang lainnya.
pengertian sosial media yang sesungguhnya

Ngobrol online disni memiliki artian bahwa kita saling ngobrol dengan teman atau kerabat kita menggunakan media online. Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa kekuatan sosial media sudah sangat berarti bagi kehidupan masyarakat.

Kenapa saya bisa mengatakan seperti itu? Karena ya memang sosial media memiliki kekuatan yang cukup pesat dalam memberikan atau  menyebarkan informasi. Belum lagi saat ini banyak sekali para pemakai sosial media.

Sebenarnya apa sih arti media sosial? Penasaran apa itu arti media sosial atau sosial media? Yuk kita simak terlebih dahulu arti nyaa.

Arti dan pengertian media sosial.

Mungkin disini masih banyak atau masih ada yang belum paham mengenai arti sosial media yang sesungguhnya. Karena kebanyakan hanya tau bahwa sosial media itu ya seperti facebook dan lain-lain tetapi sebenarnya ada arti lain loh dari sosial media ini.

Dirangkum dari Pt Komunikasi bahwa arti media sosial ini sendiri adalah sebagai berikut
arti media sosial
Nah jadi sebenarnya arti sosial media ini sebenarnya bukan hanya berupa facebook dan yang lainnya. Yaa memang betul bahwa media sosial bisa digunakan untuk saling bersilaturahmi dengan kerabat atau teman yang sudah lama tidak berjumpa.

Tetapi kalau yang lebih spesifik mengenai media sosial ini adalah sebuah media online dengan para pengguna atau pemakai bisa dengan mudah berpartisipasi. Dalam artian berpartisipasi adalah para netizen bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Baca Juga

Jadi sekarang sudah tahu ya gaes apa itu arti media sosial, jadi media sosial bukan hanya sekedar untuk chatting-chating saja tetapi itu juga bisa digunakan sebagai wadah untuk memberikan berita aau informasi bagi banyak orang.

Yang namanya sosial media itu bukan seperti sekedar 1 atau 2 orang saja tetapi mencakup semua orang yang menggunakan sosial media. Kalau misalkan kalian menggunakan sosial media diusahakan bisa menggunakan nya dengan bijak.

Karena jujur belakangan ini banyak sekali media online yang membuat sebuah berita atau informasi yang belum jelas tentang kebenaran nya atau yang biasa kita sebut dengan berita hoax. Bagaimana mengatasi berita hoax itu? kalian bisa membaca artikel  cara menyaring berita yang belum jelas kebenaran nya 

Nah karena saat ini banyak sekali muncul berita hoax dan pastinya kalian memiliki teman sosial media yang tidak sependapat dengan diri kalian. Dalam artian tidak sependapat ini adalah memiliki paham yang berbeda.

Memang betul sosial media itu tidak hanya 1 atau 2 orang saja tetapi hampir seluruh dunia bisa dibilang sudah menggunakan sosial media jadi misalkan kalian berpendapat A tetapi teman kalian berpendapat B nah itulah yang disebut dengan berbeda pendapat.

Jujur saya memang suka sekali dengan perkembangan sosial media ini mulai dari dulu yang hanya sekedar internet biasa saja sampai saat ini sudah bisa streaming segala macem itu termasuk perkembangan yang cukup luar biasa loh.

Seperti yang tadi saya bilang diatas bahwa kita tidak bisa menyamakan pemikiran kita dengan pemikiran teman sosial media kita. Karena jujur setiap orang memiliki pemikiran masing-masing.

Misalkan kalian membuat atau menulis status facebook dan pastinya kan nanti status itu akan dilihat oleh banyak orang yang terhubung dengan akun kalian. Nah kalau ada yang tidak sependapat dengan kalian pasti akan langsung ada yang nge-hate kalian gan.

Jadi memang misalkan kalian ingin membuat status di sosial media ya usahakan ga menyinggung perasaan orang lain. Walaupun konteks nya hanya sekedar bercanda tetapi kalau tema kalian keberatan kan nantinya malah menjadi masalah gan.

Nah sebenarnya bagaimana sih cara mengatasi teman sosial media yang beda pemikiran dengan kita? sebenar nya sih gampang saja kalau misalkan kalian mau tahu bagaimana caranya, Yuk langsung saja kita simak penjelasan nya dibawah ini :

Mengatasi Teman Sosial Media Yang Beda Pemikiran Dengan Kita

# 1. Jangan bikin thread yang menyinggung.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan dalam mengatasi teman sosial media yang beda pemikiran adalah kita usahakan jangan membuat thread atau status yang menyinggung perasaan mereka. Kebanyakan pertengkaran sosial media berawal dari saling sindir satu sama lain.

Kenapa saya bilang seperti itu? Karena memang betul bahwa pertengkaran sosial media itu ya berawal dari saling sindir dan berujung pada pertengkaran. Saya sendiri sudah sangat sering menemukan netizen yang saling nge-hate satu sama lain.

Buat apa gitu sebenarnya saling sindir? Ga ada guna nya gan jadi kalau misalkan kalian punya masalah ya jangan dibawa ke sosiak media karena itu akan dibaca dan dilihat oleh banyak orang.

# 2. Jadilah diri sendiri

Langkah kedua yang bisa kalian lakukan dalam menghadapi teman sosial media yang beda pemikiran adalah kalian bisa menjadi diri kalian sendiri. Dalam artian kalian jangan terpengaruh dengan orang lain.

Karena kebanyakan netizen ini selalu berusaha menjadi yang terbaik. Walaupun memang sah-sah saja kalau kalian ingin jadi yang terbaik.

Tetapi seperti yang tadi saya katakan bahwa ga semua orang yang menggunakan sosial media itu suka dengan sikap atau perilaku diri kita.

Oleh karena itu alangkah lebih baik nyaa kalau kita menjadi diri kita sendiri tanpa mengikuti yang lainnya.

Lebih asik menjadi diri kita sendiri yang jujur apa adanya kok daripada mengikuti orang lain tetapi malah menyiksa diri kita. Dan satu lagi yang harus kalian ingat gan bahwa sosial media ga melulu mengenai cinta dan politik,

Maka dari itu kita harus bisa memposisikan diri kita sebagai netizen yang netral dan suka dengan kedamaian.

# 3. Netral

Langkah ketiga yang bisa kalian lakukan dalam mengatasi teman sosial media yang beda pemikiran adalah kalian harus bisa bersikap netral. Seperti yang tadi saya katakan bahwa kita harus bisa jadi diri kita sendiri dan bisa bersikap netral.

Dalam artian netral disini adalah tidak memihak salah satu pihak dan menyudutkan pihak yang lainnya. Karena menurut yang saya lihat beberapa bulan kebelakang ini netizen banyak yang ribut hanya karena salah satu orang menyudutkan pihak yang lain.

Jadi sebisa mungkin apabila kalian memiliki teman sosial media yang beda pemikiran dengan kalian, kalian harus bisa bersikap netral karena dikhawatirkan apabila kalian menyudutkan salah satu pihak akan terjadi keributan.

Jadi sebisa mungkin kalian harus bisa menjaga hubungan sosial kalian ya gan.

# 4. Jangan mudah ter-Provokasi

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan dalam mengatasi teman sosial media yang beda pemikiran adalah kalian jangan mudah ter-provokasi. Karena berbeda nya pemikiran dengan teman kalian maka akan sangat mudah yang namanya ter-provokasi.

Jadi usahakan kalian jangan sampai kena provokasi dari teman sosial media kalian yang memang tujuan nya hanya untuk membuat diri kalian kesal dan akhirnya menjadi terpancing dengan thread temen kalian itu sendiri.

Jadi usahakan kalian jangan sampai mudah ter-provokasi oleh teman kalian ya gaes.

# 5. Dewasa

Langkah terakhir yang sangat penting dalam mengatasi teman sosial media yang beda pemikiran adalah kalian harus bisa berfikir dewasa gaes. Maksudnya adalah kalian harus bisa memiliki pemikiran yang dewasa.

Boleh saja kalian berbeda pemikiran dengan teman dunia maya kalian tetapi yang harus kalian ingat adalah kalian harus memiliki pemikiran yang dewasa.

Karena saat ini bangsa kita membutuhkan manusia yang memiliki pemikiran dewasa dan tidak gampang terpengaruh dengan orang lain.

Nah jadi diatas adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan dalam mengatasi teman sosial media yang beda pemikiran dan apa sih kesimpulan nyaa?

Kesimpulan artikel ini adalah..

Sosial media bisa digunakan oleh siapa saja tanpa terbatas oleh apapun itu. Tetapi yang namanya sosial media bukan berarti bisa kalian jadikan sebagai wadah saling bertengkar satu sama lain.

Banyak sekali media sosial selain facebook yang bisa kalian dapatkan. Kalau misalkan kalian genius kalian bakalan mendapatkan banyak sekali informasi di dalam wadah yang dinamakan sosial media ini.

Sosial media ini bisa dibilang sebagai kebebasan, disini kalian bisa bebas ber-argumen dan kalian bisa melakukan apa saja didalam sosial media ini. Tetapi yang harus kalian pikirkan dari kata kebebasan itu adalah bukan berarti kalian bisa bebas nyebar berita hoax bukan.

Tetapi kebebasan ber-argumen dan berpendapat yang tidak menyudutkan salah satu pihak dan juga tidak menyebabkan perpecahan.

Sekian artikel kali ini tentang  Cara Mudah Menghadapi Teman Sosial Media Yang Berbeda Pemikiran semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini kalau kalian suka ya gan.

   

  
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

Saya sangat sependapat min, kelima sikap tadi harus kita pertahankan supaya reputasi kita tetap terjaga dan terpelihara dengan baik. Entah apa masalahnya saat ini kaum exsibisionis malah semakin banyak muncul di sosmed.sungguh tidak ada malunya sedikitpun menceritakan masalah pribadinya di halaman status. Miris terkadang saya melihatnya.

Balas

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan