Tips Jitu Membentuk Kelompok Belajar yang Benar dan Simple
Tips Jitu Membentuk Kelompok Belajar yang Benar dan Simple

Tips Jitu Membentuk Kelompok Belajar yang Benar dan Simple

Cara Menentukan Kelompok Belajar Yang Baik 

FerdiansBlog - Kelompok Belajar. biasanya kelompok belajar ini dilakukan oleh sebagian siswa yang memang ingin belajar secara ra,i-ramai atau bareng-bareng dengan teman yang lainnya. Hal ini memang cukup efektif untuk menambah semangat belajar para siswa.
Cara memilih kelompok belajar
Cara memilih kelompok belajar

Kenapa bisa saya bilang kalau kegiatan belajar kelompok ini cukup efektif? Karena dengan adanya kegiatan ini, anak-anak tidak bosan dengan suasana belajar di kelas yang mungkin cukup membosankan. terkadang belajar di dalam kelas selama 1 hari full memang rada membosankan yaa.

Pengertian kelompok belajar menurut para ahli sendiri adalah, suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dalam konteks untuk saling mencari ilmu. Mencari ilmu kan tidak harus selalu belajar didalam kelas, dengan belajar kelompok juga kita bisa sama-sama mendapatkan ilmu berharga.

Dengan adanya kegiatan belajar kelompok ini, Anak-anak mungkin akan sedikit merasa fresh, karena mereka sudah sedikit jenuh dengan suasana kelas yang ramai dan mungkin tidak mereka suka. Nah kegiatan ini memang saya rasa perlu dilakukan oleh anak-anak.

Karena sejatinya, segala suatu hal yang dilakukan dengan cara bersama-sama pasti akan lebih mudah, Karena disitulah semua pemikiran dikumpulkan menjadi satu dan akhirnya menjadi sebuah gagasan-gagasan yang cukup unik.

Tetapi, takutnya ada yang salah persepsi. Maksud dari yang dilakukan secara bersama-sama itu dalam hal yang positif. Contohnya kerja bakti dll. Kan kegiatan seperti itu harus dikerjakan secara bersama-sama, kalau sendirian kan pasti pekerjaan bakalan lebih lama selesai.

Jangan sampai, kalian melakukan kegiatan bersama-sama ini untuk hal yang negatif. Seperti mencuri , Menyontek dan lain sebagainya. Kerjakanlah untuk hal-hal yang positif saja, karena selain meempercepat pekerjaan hal ini juga dinilai bisa menjadikan hasil yang lebih maksimal.

Mungkin saja, sebagian anak-anak menganggap bahwa kegiatan belajar kelompok ini merupakan sebuah kegiatan yang percuma saja. Karena mereka pikir buat apa belajar kelompok toh kita sudah belajar di sekolah.

Itulah yang sering saya dengar apabila saya mengajak teman saya untuk belajar kelompok. Kegiatan ini memang sangat simple sekali, bahkan sebagian orang menganggap ini adalah hal yang tidak penting. Padahal kalau kalian tahu manfaat nya banyak sekali untuk kalian.

Boleh lah sekali kali kalian belajar kelompok. toh nanti kan manfaat nya buat kalian juga bukan buat siapa-siapa. Kalau kalian tahu manfaat nya pasti kalian akan meraa senang. Mungkin banyak yang belum tahu manfaat nya. Kalau belum tahu, kalian bisa simak penjelasan tentang Manfaat Kegiatan Belajar Kelompok.

Apalagi kan sekarang sudah mau yang namanya ujian nasional. Kegiatan belajar kelompok ini bisa kalian lakukan untuk mempersiapkan diri kalian dalam menghadapi soal ujian. 

Lihat Juga Artikel : Cara Agar Lancar Menghadapi Soal Ujian Nasional

Tujuan utama adanya belajar kelompok adalah untuk saling tukar pikiran, saling berpendapat , saling memberi tahu. Misalkan kalian mengerti pelajaran ini, sedangkan teman kalian tidak mengerti. Maka kalian bisa membantu teman yang tidak begitu paham dengan pelajaran tersebut.

Sebaliknya juga dengan kalian, apabila kalian tidak paham penyelesaian soal nya bagaimana, maka kalian bisa menanyankan hal itu ke teman kalian yang sudah paham. Jadi kalian bisa saling memberi info kesesama teman kalian. Saling bertukar ilmu dan bertukar informasi.

Kalau kalian bisa memberikan sebuah ilmu kepada teman kalian, kan nantinya kalian juga saling menguntungkan. Si A bisa mengerti pelajaran dan si B juga dapat mengerti pelajaran dengan baik. Kalian jangan pelit ilmu. Harus saling bertukar ilmu dengan yang belum mengerti.

Atau, selain dengan belajar kelompok , kalian juga bisa dengan melakukan private les. Hal ini juga bisa kalian lakukan untuk kalian yang sedikit malas untuk belajar kelompok. Memang apa sih Private Les itu?

Private Les Adalah...

Kegiatan yang bisa kalian lakukan apabila kalian malas untuk belajar kelompok. dengan adanya private les ini kalian bisa dengan mudah untuk menerima pelajaran dengan baik, Mungkin kalian tidak begitu paham dengan penjelasan guru di sekolah.

Dengan adanya private les ini nanti guru kalian akan datang kerumah kalian dan mengajarkan hal-hal yang belum kalian tahu, atau membantu kalian dalam mengikuti kegiatan belajar lebih efektif lagi.

Jadi kalian tidak pelu lagi capai-capai untuk datang ketempat les. Karena nanti sang guru akan langsung datang kerumah kalian dan kalian akan diajari langsung oleh guru itu tadi. Hal ini juga saya rasa cukup efektif dalam menambah waktu belajar kalian.

Kalau misalkan kalian malas untuk les atau apalah itu, mulai sekarang kalian tidak boleh malas lagi. Karena kalau kalian malas, nantinya akan berakibat buruk untuk diri kalian sendiri, kalian akan menjadi seseorang yang tidak paham sama sekali dengan yang namanya pelajaran.

Jadi jangan sampai kalian menyesal dikemudian hari karena hal ceroboh yang kalian lakukan, Coba kalian bayangkan kalau kalian sama sekali tidak mengetahui atau memahami pelajaran satu pun. Pasti kalian akan gagal dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru kalian.

Tetapi.. Disisi lain kegiatan belajar kelompok ini akan dirasa berat oleh sebagian anak, Karena biasanya anak-anak akan sangat malas sekali untuk mengikuti kegiatan ini, kebanyakan mereka lebih memilih untuk bermain game daripada belajar kelompok.

Kalian tuh gaboleh malas dalam mencari ilmu, kalian jangan sampai terlena dengan teknologi sekarang. Yang saya lihat anak-anak sekarang tuh sudah terbawa zaman, dimana anak sekarang lebih memilih untuk bermain game daripada untuk mencari ilmu yang sangat penting bagi kalian nanti.

Kalian boleh saja yang namanya mengikuti zaman. tetapi jangan sampai kalian lupa akan kewajiban yang wajib dan harus kalian lakukan ya kawan-kawan.

Buat kalian yang ingin ujian nasional, kalian bisa sedikit mengurangi kegiatan bermain kalian untuk sekedar belajar kelompok atau pergi ke perpustakaan untuk mencari buku-buku yang bisa kalian baca dan menambah ilmu kalian.

Lihat Juga Artikel : Cara Memilih Teman Bergaul Yang Baik Dan Benar

Kalian bayangkan deh, misalkan kalian bermain game selama 2 jam saja maka kalian sudah meninggalkan kesempatan emas untuk membaca buku. Bayangkan kalau 2jam bermain game sama dengan membaca buku sebanyak 2 BAB. jadi, sudah berapa ilmu yang kalian tinggalkan?

Maka kalian akan kehilangan banyak sekali ilmu yang akan kalian pakai suatu saat nanti. Sebenarnya bermain game ya tidak buruk apabila kalian bisa mengatur waktu untuk bermain dan belajar. agar kalian bisa bermain dan mendapatkan ilmu juga gaes.

Gunakan waktu kalian semaksimal mungkin gaes, kan sekarang sudah banyak sekali tuh private les yang tersedia atau bisa juga kalian bareng-bareng dengan teman kalian untuk melakukan kegiatan belajar kelompok. 

Jangan sampai kalian menyesal dikemudian hari gaes, kalian mungkin sekarang bisa malas-malasan. Tetapi beberapa tahun kedepan kalian akan merasakan yang namanya ilmu. Karena ilmu akan selalu kalian bawa kemanapun kalian berada dan dimanapun kalian berada.

Oke, mungkin ada alasan yang saya dengar yaitu " Gue males bikin kelompok nih " nah biasanya hal itulah yang membuat anak-anak malas untuk mengikuti kegiatan belajar kelompok. lalu sebenarnya bagaimana sih sebenarnya cara membentuk kelompok belajar yang baik. penasaran? langsung saja kita simak.

Cara Membagi Dan Memilih Kelompok Belajar

  • Pilih kelompok belajar yang sesuai dengan pemikiran kamu - Karena kalau misalkan kalian berbeda pemikiran maka akan susah sekali untuk saling bertukar info. Jadi kalian harus bisa memilih yang sesuai dengan type karakter kalian ya gaes.
  • Jangan saling egois - Nah ini nih yang biasa saya temuin, kadang ada aja temen yang egois. Biasanya orang type seperti ini adalah type orang yang malas sekali bekerja dan mengikuti kegiatan belajar kelompok.
  • Pilih teman yang mau saling bekerja - Jangan sampai kalian memilih teman yang hanya mau enak nya saja, dan ia tinggal nerima beres nyaa saja. Kalian itu diibaratkan sebagai suatu team yang harus kompak dan saling kerja sama.
  • Saling bertukar ilmu - Hal ini dilakukan untuk saling memahami suatu pelajaran. seperti yang tadi saya bilang gaes, Jangan saling pelit ilmu oleh orang lain. Kalian harus bisa sling berbagi ilmu dengan orang lain.

Nah, itulah beberapa Cara memilih kelompok belajar yang baik. semoga kalian bisa saling bertukar pengetahuan ya gaes. Ingat rajin-rajin belajar ya gaes agar kalian bisa menjadi anak yang membanggakan orang tua kalian. 

Ilmu itu tidak bisa dibeli, Ilmu itu hanya bisa dicari dan dimengerti. Ada pepatah mengatakan " Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri China " Artinya, Kalian harus bisa mencari ilmu kapan saja, dimana saja, dan sampai mana saja. Jangan malas untuk membaca buku. Karena buku adalah jendela dunia. - FerdiansBlog.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan artikel ini, apabila kalian memiliki info kalian bisa tuliskan di kolom komentar yang sudah disediakan ya gaes. Share artikel ini kalau kalian suka dan tetap nantikan artikel selanjutnya dari FerdiansBlog. Sekian artikel tentang
 Cara Memilih Kelompok Belajar Yang Baik Dan Saling Kerja Sama.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan