Cara Membuat Sebuah Video Blog Atau Vlog Yang Disukai Oleh Banyak Orang
Cara Membuat Sebuah Video Blog Atau Vlog Yang Disukai Oleh Banyak Orang

Cara Membuat Sebuah Video Blog Atau Vlog Yang Disukai Oleh Banyak Orang

Cara Membuat Sebuah Vlog Yang Disukai Orang.

FerdiansBlog - Vlog atau Video Blog saat ini memang sedang menjadi salah satu trend yang disukai oleh banyak sekali orang, vlog ini sendiri biasanya dibuat oleh para youtuber yang memang sudah mengisi konten mereka dengan vlog.

Membuat vlog ini sendiri memang terlihat sangat gampang dan mudah sekali, kalian hanya tinggal berbicara didepan kamera saja, tetapi disisi lain, seorang vlogger tidak hanya berbicara di depan kamera saja.

Vlog ini memang sangat simple, hampir semua kalangan masyarakat bisa membuat sebuah vlog dengan hanya bermodalkan kamera handphone saja, kalian bisa membuat vlog.

Bayangkan, dengan hanya menggunakan kamera handphone saja kalian sudah bisa membuat sebuah vlog yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat terutama anak muda.

Di indonesia ini sendiri, sudah banyak sekali youtuber yang mengisi chanel youtube nya dengan konten vlog.
Vlog jokowi

Seperti contohnya Arief Muhammad. ia juga salah satu youtuber yang membuat sebuah konten youtube yaitu vlog. dan benar, video yang ia buat membuat kalangan anak muda sangat menyukai video mereka.

Memang, yang kalian lihat seorang vlogger ya kerjaan nya hanya berbicara di depan sebuah kamera saja, lalu hasil video tersebut diunggah ke channel youtube yang mereka punya.

Dijaman yang sudah serba mudah ini, kalian bisa membuat sebuah karya dan karya tersebut mendapatkan sebuah hasil, dengan hanya kamera murah saja kalian bisa kok dibilang sebagai seorang vlogger.

Mungkin saat ini banyak yang bermimpi " gue mau jadi vlogger, tapi gapunya kamera bagus " rata-rata memang kendala seseorang yang ingin menjadi seorang vlogger ya karena keterbatasan benda.

Sebentulnya kalian tidak perlu kok memakai kamera mahal yang harga nya jutaan rupiah, seperti yang tadi saya bilang, kalian bisa membuat sebuah vlog hanya dengan bermodalkan handphone saja. saya yakin sekarang pasti sudah banyak yang memiliki handphone , malah saya yakin handphone yang kalian miliki memiliki kamera yang cukup untuk membuat sebuah vlog.

Nah, tidak perlu memakai kamera mahal kok untuk bisa membuat vlog. kamera handphone saja kalian gunakan untuk membuat video vlog lalu kalian unggah kedalam channel youtube kalian.

Percuma saya rasa kalau memang kalian mempunyai kamera mahal tetapi kalian tidak bisa membuat sebuah video blog yang bermanfaat bag banyak orang. Membuat sebuah vlog tidak semudah membuat video biasa.

Kalau kalian berfikir " gampang banget ya jadi vlogger " no. menjadi seorang vlogger saya rasa tidak gampang, tetapi rada sulit kalau kalian tidak bisa membuat video yang menarik bagi para viewers atau para subscribers kalian.

Bayangkan, kalau kalian hanya membuat video saja tetapi kalian tidak memperhatikan isi dari video tersebut, menurut saya ya sama saja tidak akan banyak mengundang para penonton. Jadi buang jauhjauh pikiran yang mengatakan kalau menjadi seorang vlogger itu gampang.

Seorang vlogger saya rasa tidak jauh berbeda dengan blogger. inti dari vlogger dan blogger ya sama-sama menyampaikan sebuah informasi kepada banyak orang, cuman , yang membedakan antara seorang vlogger & blogger adalah. Kalau vlogger membuat sebuah konten melalui media video. sedangkan seorang blogger membuat sebuah konten melalui media tulisan.

Lalu, " Lebih enak mana antara Blogger atau Vlogger ? "  saya rasa sama saja, karena tujuan utama nya adalah sama-sama memberikan informasi kepada banyak orang dan informasi itu dilihat atau ditonton oleh banyak orang.

Kalau yang saya baca dari Mas Sugeng ia pernah mengatakan, kalau sekarang masyarakat memang lebih suka melihat sebuah informasi dengan melalui media video dan suara dibandingkan melalui media tulisan. Tetapi. bukan berarti menjadi seorang blogger tidak menguntungkan ya gaes.

Menjadi seorang vlogger juga tidak akan menguntungkan kalau kalian tidak bisa mengoptimalkan konten yang kalian buat. Begitu juga dengan seorang blogger. seorang blogger juga tidak akan menguntungkan kalau tidak bisa mengoptimalkan konten yang ia buat.

Mengoptimalkan konten memang menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam berkembang nya sebuah website atau channel youtube. karena ada yang mengatakan seperti ini " Content Is King " yang berarti, konten itu adalah raja. 

Maksud dari konten itu raja adalah, sebuah konten memiliki pengaruh besar dalam berkembang nya sebuah website dll, karena menurut saya konten itu memang hal pertama yang harus kalian perhatikan, kalau misalkan konten yang kalian buat bagus, maka akan mengundang banyak pengunjung.

Nah, lalu " Gimana cara membuat konten yang disukai banyak orang ? " seperti yang saya baca juga di PanduanIm disana saya baca kalau caranya adalah dengan, kita beradaptasi atau kita memposisikan diri kita sebagai visitor yang sedang ingin mencari konten kita.

Kalian bisa membuat sebuah konten dengan baik, apalagi saat ini kan youtube memang sangat digemari oleh banyak orang, nah tinggal kalian buat saja sebuah konten yang kalian rasa bisa membuat perhatian banyak orang.

Lihat Juga Artikel : Beberapa Kamera Yang Biasa Dipakai Para Youtuber

Oiya, terkadang yang menjadi halangan seseorang untuk membuat sebuah karya adalah karena " Gengsi , Malu , Tidak Percaya Diri " hal-hal tadi sih yang biasa saya temuin kalau ingin membuat sebuah karya. Nah kalau yang paling sering itu adalah " Malu " . kenapa harus malu? padahal seharusnya kalian bangga loh bisa membuat sebuah konten dan dilihat oleh banyak orang.

Kalian tidak seharusnya malu, karena memang terkadang ada saja yang membuat kita jatuh disaat kita sudah berada di posisi atas, tetapi. kalian tidak boleh menyerah saja, kalian harus bisa membuktikan kalau kalian bisa membuat karya dan dilihat oleh banyak orang.

Buang jauh-jauh rasa malu tersebut, karena nanti kalau kalian sudah sukses maka orang yang tadi menjelekan kalian mungkin akan merasa iri kepada kita dan bisa membuat karya yang sama dengan kita.

Nah, mungkin disini banyak yang ingin memulai jejak hidup nyaa dengan menjadi seorang vlogger. harus diapresiasi mimpi mereka, jangan sesekali kita patahkan, kita dukung impian mereka sampai ia bisa mencapai mimpi nya itu.

Kalian mungkin bingung, hal pertama apa sih yang harus dilakukan saat menjadi seorang vlogger. mungkin kalian akan bertanya seperti itu, banyak sekali hal yang perlu kalian ketahui saat ingin menjadi seorang vlogger. 

Tidak hanya berbicara di depan kamera saja, kalian juga harus dan wajib untuk bisa menyampaikan informasi untuk banyak orang, dan yang paling pasti adalah berguna. jangan sampai kalian hanya ngoceh-ngoceh saja, yang paliang terpenting adalah. dengan ocehan kalian itu kalian bisa memberikan sedikit info bagi para penonton.

Nah, mungkin kalian penasaran dengan langkah awal menjadi soerang vlogger. apakah kalian penasaran? kalau penasaran, silahkan kalian simak lebih lanjut artikel dibawah ini.

Langkah Awal Menjadi Seorang Vlogger.

Nah, langkah awal bagi kalian yang ingin menjadi seorang vlogger adalah, percaya diri terlebih dahulu. Kalian harus dan wajib untuk menumbuhkan rasa percaya diri kalian terlebih dahulu, karena seorang vlogger kan memang berada di depan kamera dan disaksikan banyak orang. Kalau kalian tidak percaya diri ya sama saja.

Setelah kalian sudah berhasil menumbuhkan rasa percaya diri kalian, kalian tidak perlu memikirkan tentang " gue gabisa biki video nih . " saya yakin kalian pasti bisa membuat sebuah video, kapan pun dan dimanpun pasti kalian bisa membuat sebuah video, jangan gengsi karena kalian kemana-mana membawa sebuah kamera.

Karena tugas utama vlogger ya memang membawa kamera kemanapun ia pergi, tetapi jangan sampai kalau kalian pergi ke toilet juga kalian rekam ya gaes, itu tidak baik namanya wkwk. kita selaku industri kreatif harus bisa membuat sebuah konten yang positif ya gaes.

Jangan sampai kita membuat sebuah konten negatif yang berujung pada hal buruk ya gaes, selagi kita bisa memberikan yang terbaik ya kita berikan saja, apalagi bisa dibaca atau dilihat oleh banyakn orang, pasti akan senang rasanya. Oke, setelah kalian sudah mengetahui bagaimana langkah walanya, sekarang kalian perlu dan wajib untuk mengetahui cara membuat video vlog yang disukai banyak orang. penasaran? yuuk kita simak.

Cara Membuat Video Vlog Yang Disukai Banyak Orang.

Nah, mungkin kalian penasaran dengan hal ini kan gaes, sebenarnya kalian bisa dengan mudah untuk membuat video yang disukai banyak orang, kalau misalkan kalian memiliki suatu ciri khas, maka kalian bisa menunjukan ciri khas atau jati diri kalian kepada banyak orang. Dengan hal ini, kalian bisa dikenal dengan ciri khas kalian yang sangat unik dan beda dengan yang lain.

Kalau memang kalian sudah memiliki ciri khas dan dikenal oleh banyak orang, orang juga akan mudah mengenal dan mengingat kita. Karena orang-orang sudah tau ciri khas yang ditonjolkan dari kita. Misalkan, seperti contoh nya salah satu youtuber yaitu Bayu Skak. dia memiliki ciri khas dengan logat jawa yang biasa ia sampaikan.

Lihat Juga Artikel : Para Youtuber Yang Sudah Sukses Dengan Channel Youtube Nya.

Nah, kalian tidak perlu malu untuk menunjukan ciri khas yang kalian miliki, kalian tonjolkan saja ciri khas itu sampai oara viewers kalian sudah terbiasa dan menganl ciri khas kita, selain itu kalian juga harus bisa mempertahakan ciri khas kalian.

Selain itu, cobalah kalian belajar mengedit video kalian bisa lihat tutorial nya di youtube banyak kok, tujuan nya adalah agar para penonton yang menonton video kalian merasa nyaman, jangan asal cut saja ya gaes, karena kepuasan viewers lah yang harus kita utamakan. Jangan malas untuk mempelajari tekhnik editing ya gaes.

Mungkin agar para viewers kalian merasa senang saat menonton vlog kalian, kalian bisa menambahkan sedikit hiburan agar penonton kalian sedikit terasa terhobur gaes, kalau mereka sudah terhibur kan pasti kalian akan meraa senang. dan ia akan kembali lagi untuk menonton vlog kalian.

Cobalah berinteraksi dengan para viewers kalian, hal ini bertujuan untuk saling menambah rasa akrab antara kita dengan penonton kita, kalau mereka sudah merasa nyaman dengan kita, itu sudah gampang, kalian hanya tinggal update video saja yang berkualitas bagi para viewers kalian.

Mungkin cukup sekian tips and trik kali ini, yang paling terpenting adalah kalian harus bisa mengoptimalkan sebuah konten yang sudah kalian buat. Jangan lupa bagikan dan comment artikel ini apabila ada kesalahan, dan jangan lupa bagikan kalau kalian merasa senang dengan artikel inio. Tetap anntikan artikel selanjutnya dari FerdiansBlog. cukup sekian artikel kali ini tentang Cara Membuat Sebuah Video Blog Atau Vlog Yang Disukai Oleh Banyak Orang.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan