Dampak Mengganti Tapak Ban Lebar pada Kendaraan yang Kalian Rasakan
Dampak Mengganti Tapak Ban Lebar pada Kendaraan yang Kalian Rasakan

Dampak Mengganti Tapak Ban Lebar pada Kendaraan yang Kalian Rasakan

Pengaruh Menggunakan Tapak Lebar pada Mobil


FerdiansBlog-Bagi kalian yang memiliki kendaraan, khususnyaa roda empat, kalian pasti akan membuat tampilan kendaraan yang kalian miliki menjadi lebih indah, dan enak dipandang, cara nyaa adalah dengan memodifikasi kendaraan yang kalian miliki, salah satu contoh modifikasi kendaraan yang sering kita lihat adalah dengan mengganti pelek dari pabrikan kendaraan tersebut dibuat, dan diganti menggunakan pelek aftermarket yang berukuran lebih besar, pelek dan tapak ban mobil menjadi lebih lebar banyak dilakukan oleh pecinta otomotif.
pengaruh yang dirasakan menggunakan tapak lebar


 Banyak orang yang melakukan hal tersebut  untuk sekedar mengubah tampilan kendaraan, atau membuat penampilan mobil menjadi tampak lebih gagah, sebaiknya, anda berfikir dua kali sebelum memtusukan untuk mengganti pelek dan tapak ban menjadi lebih lebar, pasalnya, pemakaian pelek besar dan tapak ban lebar berpotensi merusak bagian ball joint, tie rod, dan bearing roda.

Pemakaian ban dan pelek besar, akan membuat kerja setir dan ball joint, tie rod, bearing roda, menjadi lebih berat, apalagi jika kalian sering mengendarai atau melewati jalan yang berlubang, selain itu, pelek besar dan tapak lebar juga bisa memperpendek usia Electronic Power Steering (EPS) alangkah lebih baiknya kalau kalian ingin mengganti pelek atau ban mobil menjadi lebih besar, gunakan metode plus satu atau plus dua, yaitu meningkatkan ukuran lebih besar satu step atau dua step dari standar.


Dan juga, alangkah lebih baik kalau kalian gunakan ban dengan penampang, atau tapak tidak terlalu lebar, sesuaikan dengan kemampuan EPS, apalagi kalau model EPS kecil, usahakan agar tidak kelebihan beban.

Misalnya, ukuran ban 185/60/15. 185 menunjukan kode lebar ban, 60 tinggi ban, dan 15 diameter dari sebuah pelek, jadi jika kalian ingin naik satu step bisa menggunakan ukuran ban 205/60/16, sedangkan untuk yang dua step bisa menggunakan ukuran ban 2015/60/17.

Sebaiknya,kalian tidak menggunakan pelek melebihi dua step dari ukuran standard pabrikan, selain membuat komponen yang ada di mobil menjadi lebih cepat rusak, hal itu juga bisa membuat berkendara menjadi tidak nyaman, jadi, kalau kalian ingin mengubah tampilan kendaraan kalian, atau ingin me-modifikasi nyaa, kalian harus memikirkan sisi negatif nyaa, kalian juga harus memikirkan keselamatan diri kalian sendiri pada saat berkendara.

Sekian artikel kali ini mengenai Dampak Mengganti Tapak Ban Lebar pada Kendaraan yang Kalian Rasakan semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya gaes.


sumber utama: Otomotif News

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 comments

Silahkan berkomentar yang baik dan saling memberikan saran satu sama lain.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau pornografi dan juga perdebatan
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar melenceng dengan isi postingan